5 Kewajiban Ayah dalam Keluarga yang Perlu Diketahui

5 Kewajiban Ayah dalam Keluarga yang Perlu Diketahui

Kalau mendengar peran ayah dalam keluarga, seperti tidak ada habisnya, ya? Mulai dari menjadi kepala keluarga hingga memberikan contoh yang baik bagi keluarga, terutama anak-anaknya. Jadi, tugas utama ayah bukan hanya mencari nafkah saja, lho!

Perlu diketahui, yang namanya mengurus dan membesarkan buah hati bukan hanya peran ibu saja, melainkan juga kewajiban ayah. Jadi, Si Bapak pun punya tanggung jawab yang sama dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Penting sekali untuk melakukan pembagian tugas yang jelas dengan pasangan dalam membesarkan anak. Misalnya, ayah berperan untuk mengajari anak soal kedisiplinan – kemudian ibu yang mengajarkan Si Kecil soal empati. Intinya saling melengkapi satu sama lain, kan?

Tanggung jawab seorang ayah tidak hanya menjadi bapak dan suami yang baik saja, tetapi juga pendisiplin, membantu mendidik anak, mengajari soal tanggung jawab, sekaligus membangun aspek-aspek penting dari karakter Si Kecil

Nah, lebih dari itu, masih ada kewajiban ayah lainnya yang juga tidak kalah penting. Apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Menyeimbangkan Disiplin dan Kesenangan

5 Kewajiban Ayah dalam Keluarga yang Perlu Diketahui

Credit Image - id.theasianparent.com

Yang pertama, peranan ayah dalam keluarga penting untuk menjadi penyeimbang antara disiplin dan kesenangan. Meskipun disiplin memiliki kelebihannya sendiri, tetapi tetap diperlukan aspek lainnya untuk menyeimbangkan hal tersebut.

Moms dan dads perlu menyadari bahwa anak-anak bukanlah robot dan mereka tidak akan merespon dengan baik jika terus-menerus diberi tahu bahwa apa yang mereka lakukan itu salah atau buruk. Jadi, kamu harus tahu kapan harus berhenti dan sedikit bersantai. Bersikap tegas – dan diimbangi dengan keadilan merupakan cara tepat untuk membangun karakter anak.

 

Menjadi Panutan yang Baik

Moms dan dads, kamu pasti tahu bahwa anak-anak merupakan peniru ulung, kan? Jadi, apa yang orangtua lakukan di kehidupan sehari-hari akan ditiru oleh anak. Untuk itu, menjaga perilaku baik sangat diperlukan. Di sinilah tantantangan menjadi orang tua.

Ya, tak bisa dipungkiri, panutan yang baik adalah aspek yang harus dijaga dalam proses pertumbuhan anak.

Tanggung jawab sebagai seorang ayah misalnya menunjukkan kepada anak untuk memiliki kepala dingin dalam situasi stres, bagaimana membela diri sendiri, dan bagaimana memperlakukan orang lain dengan hormat.

Kewajiban ayah yang satu ini akan memiliki dampak positif pada anak laki-laki maupun perempuan. Anak perempuan kelak akan mencari sifat-sifat itu pada orang-orang yang mereka pilih di masa depan. Sementara anak laki-laki akan mencontohnya sebagai panduan tentang cara terbaik untuk menampilkan diri mereka ketika mereka dewasa.

 

Menafkahi Keluarga

5 Kewajiban Ayah dalam Keluarga yang Perlu Diketahui

Credit Image - islampos.com

Kewajiban yang juga tidak kalah pentingnya adalah bertanggung jawab secara finansial, karena membersarkan anak – dan tentunya merawat keluarga membutuhkan biaya yang besar. Untuk anak sendiri, tentu perlu biaya untuk makanan, mainan, buku, perlengkapan sekolah, dan kebutuhan lainnya.

Ayah yang bertanggung jawab secara finansial di rumah dan menunjukkan perhatian kepada keluarga, menunjukkan bahwa dia mengutamakan keluarganya. Artinya, ayah mencoba yang terbaik untuk memberi keluarga kehidupan yang lebih baik.

 

Menjaga Hubungan Pernikahan yang Sehat

Ingat, ketika sudah menikah, seorang ayah bukan hanya berkewajiban untuk menjaga hubungan di antara keluarga kecilnya. Tetapi termasuk juga menjaga relasi dengan ikatan keluarga lainnya. Misalnya dengan mertua.

 

Menjadi Ayah yang Terlibat dalam Pengasuhan Anak

5 Kewajiban Ayah dalam Keluarga yang Perlu Diketahui

Credit Image - edukasi.kompas.com

Kewajiban ayah yang terakhir, yaitu perannya dalam proses pengasuhan anak. Seorang ayah mungkin bekerja 8 jam sehari atau bahkan lebih. Pekerjaan pasti melelahkan secara mental, tetapi jangan sampai hal ini menyebabkan hubunganmu dengan anak menjadi renggang.

Anak-anak uga membutuhkan perhatian ayahnya dan akan sangat berarti bagi anak jika kamu ada untuk mereka. Biasanya, seorang ibu mungkin bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak jika tinggal di rumah, tetapi anak-anak tetap membutuhkan ayah mereka sama seperti mereka membutuhkan ibu mereka, lho.

 

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak, Lakukan Pula Hal Ini!

Selain menjalani kewajiban ayah dengan baik, memaksimalkan tumbuh kembang anak juga perlu dilakukan dengan memberinya asupan nutrisi yang baik, baik dari makanan bergizi maupun asupan multivitamin yang punya kandungan lengkap.

Moms dan dads direkomendasikan memberi multivitamin dari Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Yuk, segera dapatkan produk mutlvitamin Enervon-C Plus Sirup dengan klik di sini!

 

Gimana? Kini, kamu sudah memahami berbagai kewajiban ayah dalam keluarga, kan? Deretan peran tersebut saling berkesinambungan satu sama lainnya. Bagi kamu seorang kepala keluarga, pastikan sudah menjalani deretan peranan tersebut, ya.

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – kumparan.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!