Tahukah kamu bahwa apa yang kamu konsumsi akan memberikan efek langsung pada struktur otak dan fungsi kerjanya? Ya, kondisi ini pun akan memengaruhi emosi dan suasana hatimu, lho. Untuk itu, jangan sampai salah pilih asupan makanan!

Makanan yang menyediakan nutrisi baik akan melindungi dari kerusakan sel – ini merupakan manfaat paling besar bagi otak. Selain itu, beberapa nutrisi juga telah menunjukkan manfaat khusus untuk meningkatkan mood.

Apa saja nutrisi yang dapat membantu membuatmu lebih good mood? Berikut ini 5 di antaranya. Yuk, simak informasinya!

 

 

1. Vitamin B Kompleks

Credit Image - realsimple.com

Vitamin B terbagi menjadi beberapa jenis, termasuk vitamin B1, vitamin B2, vitamin B9, dan vitamin B12. Keempat jenis vitamin B kompleks ini yang paling berpengaruh pada suasana hati, lho.

Semua jenis vitamin B memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan, tetapi vitamin B12 dan folat memiliki peran besar dalam memengaruhi gejala depresi.

Dijelaskan laman Verywell Mind, defisiensi vitamin B12 dan folat lebih sering ditemukan pada individu yang mengalami depresi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi. Rendahnya kadar folat juga diyakini menjadi pemicu alkoholisme dan depresi serta menghambat respons penuh dan lengkap terhadap antidepresan. 

Studi yang dimuat dalam Journal of Psychopharmacology tahun 2005 mengungkapkan bahwa di daerah yang makanannya kaya akan folat, seperti China, populasi di kawasan tersebut memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Vitamin B dapat ditemukan dalam berbagai makanan, seperti hati, ikan dan makanan laut, unggas, telur, produk susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan biji-bijian.

Selain dari jenis makanan, vitamin B kompleks dapat diperoleh asupannya dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Multivitamin ini tersedia dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C dan Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C 1000 mg.

Multivitamin Enervon-C pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kamu bisa mendapatkan multivitamin andalanmu di sini, ya.

 

2. Vitamin C

Satu penelitian kecil yang dirilis dalam jurnal Antioxidants tahun 2018, menilai kadar vitamin C di antara laki-laki berusia 18-35 tahun. Penelitian mendapatkan hasil bahwa tingginya vitamin C dikaitkan dengan peningkatan suasana hati secara keseluruhan pada laki-laki dewasa muda. 

Hanya saja, karena vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, tubuh tidak menyimpan vitamin ini. Jadi, penting untuk meminumnya secara teratur guna menjaga tingkat kesehatan. Melakukan hal itu dapat meningkatkan suasana hati dan menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Vitamin C bisa diperoleh dari asupan buah-buahan seperti jambu biji, buah berries, lemon, jeruk, nanas, brokoli, dan sayur kale. Selain itu, kamu juga dapat memenuhi asupannya dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon, ya!

 

3. Zat Besi

Credit Image - health.kompas.com

Zat besi memainkan banyak peran penting dalam tubuh, mulai dari transportasi oksigen hingga mendukung tingkat energi dan kekuatan otot, diterangkan laman Washington Post.

Lebih lanjut, rendahnya kadar zat besi dalam tubuh dapat memicu perasaan lelah dan depresi. Kekurangan zat besi muncul lebih sering pada perempuan daripada laki-laki, terutama perempuan usia subur.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan, apatis, dan perubahan suasana hati, semua gejala yang terkait dengan depresi. Mendapatkan zat besi yang cukup akan membantu mencegah anemia zat besi dan gejala terkait. Beberapa makanan yang merupakan sumber zat besi, adalah kerang, bayam, jeroan, kacang-kacangan, dan daging merah.

 

4. Magnesium

Magnesium memainkan peran penting dalam ribuan reaksi berbeda di dalam tubuh. Salah satu peran utama magnesium adalah menjaga fungsi saraf dan otot yang normal, mengutip Independent. Nutrisi ini dapat membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

Kurangnya magnesium dapat menyebabkan kelelahan, kram otot, dan sembelit. Untuk mencukupi kebutuhan magnesium tubuh, kamu bisa meningkatkan asupan makanan kaya akan magnesium, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

 

5. Omega-3

Credit Image - nodokter.com

Omega-3 adalah lemak sehat tak jenuh ganda yang memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesejahteraan secara keseluruhan. Diterangkan laman Independent, omega-3 dari minyak ikan membentuk struktur otak dalam kondisi paling sehat. Saat kita tidak mendapatkan cukup omega-3, itu memengaruhi suasana hati dan kinerja mental.

Ikan dan makanan laut lainnya, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah beberapa sumber omega-3 yang bagus. Selain itu, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan omega-3 dari suplemen.

 

Jadi, itulah kelima jenis nutrisi yang dapat membantu menjaga suasana hati. Dianjurkan untuk mendapat asupannya secara rutin!

 

 

Featured Image – medium.com

Source – idntimes.com