Ini 7 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah, Yuk, Diperhatikan!

Ini 7 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah, Yuk, Diperhatikan!

Jika kamu mendengar kata imunitas – pasti yang terlintas adalah bagian penting tubuh yang berperan untuk menghadang berbagai ancaman penyakit. Ya, memang, daya tahan yang baik akan menjagamu dari serangan virus, kuman, atau bakteri yang menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, tidak setiap saat kekebalan tubuh akan berfungsi dengan baik, lho. Ada kalanya sang pelindung ini mengalami penurunan, karena berbagai faktor dari luar.

Sistem imunitas bekerja dengan menyerang berbagai antigen, yaitu benda asing yang masuk ke dalam tubuh, untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Jadi, ketika ada sesuatu yang tak dikenal, maka fungsi ini akan melakukan proses pertahanan diri.

Ketika kekebalan tubuh melemah, maka ada beragam tanda yang akan kamu alami, setidaknya 7 hal berikut. Yuk, cari tahu informasinya di bawah ini!

 

 

1. Tangan Terasa Dingin

Ini 7 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah, Yuk, Diperhatikan!

Credit Image - health.detik.com

Tanda daya tahan tubuh sedang melemah yang pertama, yaitu tangan terasa dingin. Begitu familiar dengan indikasi ini? Ya, nyatanya hal ini cukup sering dialami, lho. Saat imunitas menurun, pembuluh darah akan mengalami peradangan ringan. Akibatnya, tubuh kesulitan untuk menghangatkan diri, termasuk jari-jari, telinga, dan hidung.

Selanjutnya, kulit di area-area tersebut kemungkinan akan sedikit membiru, jika kamu tak melakukan cara meningkatkan daya tahan. Jadi, jika kamu mulai merasa tangan kedinginan, ada kemungkinan imunitas tengah melemah, ya!

 

2. Mata Kering atau Perih

Tidak hanya akibat terkena debu polusi maupun terlalu lama menatap gadget, namun mata yang kering maupun perih juga menjadi tanda kekebalan tubuh sedang menurun, lho. Sudahkah kamu mengetahui hal yang satu ini?

Dalam kondisi sehat dan fit, mata cenderung berair dan basah. Namun, saat daya tahan tubuh menurun, produksi cairan pada mata bisa berkurang. Hasilnya, mata akan terasa kering hingga perih. Kondisi ini pun kerap dialami bagi orang dengan autoimun.

Jika kamu membiarkannya, bukan tak mungkin penglihatan bisa terganggu karena rasa tidak nyaman ini.

 

3. Kelelahan

Ini 7 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah, Yuk, Diperhatikan!

Credit Image - tribunnews.com

Usai beraktivitas sepanjang hari memang hal yang wajar jika kamu merasa kelelahan, ya, kan? Tapi, ketika hari belum berakhir – dan kamu sudah capek luar biasa, ini bisa menjadi tanda ada masalah pada daya tahan tubuh, lho.

Kemudian, tubuh akan mulai merasa kelelahan dan sedikit meriang. Jika kondisinya sudah begini, maka ada banyaknya segera luangkan waktu untuk istirahat – dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang guna memulihkan sistem imunitas serta energi.

 

4. Demam Ringan

Tanda kekebalan tubuh melemah berikutnya adalah demam ringan. Hampir mirip dengan meriang, kondisi ini kerap dirasakan jika fungsi imunitas tengah melemah. Dan jika meriang tidak kunjung mereda, maka akan berlanjut menjadi demam ringan.

Suhu tubuh akan lebih meningkat dibandingkan suhu normal walaupun tidak terlalu tinggi. Meski demikian, kalau sudah merasa suhu tubuh meningkat, segera istirahat atau periksakan diri kamu ke ahlinya, ya!

 

5. Muncul Ruam dan Bercak Putih

Ini 7 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah, Yuk, Diperhatikan!

Credit Image - suara.com

Salah satu cara tubuh memberi peringatan dini suatu penyakit adalah melalui kulit. Mungkin, kamu sering melihat orang alergi mengalami ruam atau ada bercak-bercak di kulitnya. Nah, sistem kekebalan tubuh yang melemah juga bisa ditandai dengan gejala ini.

Perlu kamu ketahui, kulit sendiri merupakan pertahanan terluar dari virus atau bakteri. Jika ada virus atau bakteri yang menginfeksi tubuh, ia akan menyerang kulit lebih dulu sebelum menyerang sistem imun dengan gencar.

 

6. Nyeri di Bagian Sendi

Sering merasa nyeri sendi ketika sakit? Jangan dianggap sepele, ya. Ketika sendi mulai terasa nyeri, maka ada kemungkinan ada permasalahan pada sistem imunitas tubuhmu, lho. Sayangnya, tanda satu ini masih sering tak dianggap permasalahan berarti.

Rasa nyeri ini muncul akibat peradangan yang terjadi di area sendi. Biasanya, rasa nyeri tersebut akan terasa lebih jelas di pagi hari. Karena itu, cobalah tetap perhatikan kondisi sendi-sendi tubuhmu setelah bangun tidur!

 

7. Infeksi Berulang

Ini 7 Tanda Kekebalan Tubuh Melemah, Yuk, Diperhatikan!

Credit Image - klikdokter.com

Terakhir, jika daya tahan melemah, maka ada kemungkinan kamu mengalami infeksi berulang. Dalam kondisi ini, sistem kekebalan tubuh mungkin tidak hanya melemah biasa, tetapi mulai mengalami pelemahan lebih parah. Biasanya orang dengan sistem imun lemah rentan terkena penyakit.

Bisa saja, orang dengan imunitas yang lemah, penyakit menular seperti flu lebih dari satu kali dalam setahun. Namun, jika menjalani gaya hidup sehat, sistem kekebalan bisa kembali kuat untuk melawan virus tanpa bantuan obat-obatan.

 

8. Tips Menjaga Imunitas yang Perlu Dilakukan

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kamu perlu menjalani gaya hidup sehat yang dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengoptimalkannya dengan mendapatkan asupan mikronutrien, seperti vitamin dan mineral.

Tak hanya dari makanan sehari-hari, vitamin dan mineral juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, lho. Kamu direkomendasikan memilih rangkaian produk dari Enervon, ya!

Mulai dari Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C 1000 mg.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, peroleh multivitamin Enervon pilihanmu dengan mengunjungi official store-nya di sini, ya!

 

Jadi, kamu sudah tahu ya deretan tanda kekebalan tubuh tengah melemah? Jika mengalaminya, jangan disepelekan. Segera istirahat dan terapkan gaya hidup sehat guna memulihkan kembali daya tahan tubuhmu.

 

 

Featured Image – cermati.com

Source – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!