6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk, Coba Diterapkan!

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk, Coba Diterapkan!

font size A Ǎ

Memasuki usia satu tahun biasanya pertumbuhan anak mulai melambat dibanding sebelumnya. Nyatanya, hal tersebut akan berpengaruh pada menurunnya napsu makan anak, lho. Untuk itu, tak heran mencari cara mengatasi anak susah makan memang cukup menantang, kan?

Tidak bisa dipungkiri, jika napsu makan anak tengah menurun, biasanya moms dan dads akan ikut stres bahkan bercampur khawatir, karena takut anak tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Penyebab anak sulit makan pun beragam mulai dari Si Kecil hanya memilih jenis makanan tertentu, lebih tertarik pada makanan cepat saji, bosan dengan variasi makanan, hingga hanya mau makan satu jenis saja.

Tapi moms dan dads tak perlu khawatir berlebihan, ada 5 tips untuk mengatasi anak susah makan yang dapat diterapkan. Apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Mulai Kenalkan Manfaat Makanan

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk, Coba Diterapkan!

Credit Image - kelaspintar.id

Tidak hanya mengenalkan beragam jenis makanan, tapi moms dan dads juga perlu memberitahu soal manfaat yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi anak secara rutin. Kamu dapat menarik perhatian anak dengan menghubungkan cita-cita anak atau hal yang dikaguminya dengan manfaat makanan yang sedang dikonsumsi.

Misalnya jika anak bercita-cita jadi atlet, moms dan dads dapat mengenalkan makanan yang kaya akan kalsium dan fosfor seperti daging agar anak tumbuh kuat dan bisa mewujudkan cita-citanya. Atau memberikan ikan salmon bagi anak yang ingin menjadi perofesor.

 

2. Mengenalkan Makanan Baru

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya, yaitu mengenalkan makanan baru. Ingat, keseringan memberikan satu jenis makanan pada anak akan membuatnya bosan, lho. jadi, berikan ia berbagai variasi makanan, baik dari bahan dan juga bentuk yang lebih menarik serta rasa yang beragam.

Cobalah untuk mengenalkan makanan baru secara perlahan. Ini akan membuat anak bisa mengenal berbagai cita rasa dari makanan. Misalnya, sajikan beberapa kali sayuran dengan resep yang variatif agar anak terbiasa dengan rasanya.

Selain itu, jangan memberi makan anak menjelang tidur. Ini hanya akan menurunkan napsu makan anak.

 

3. Hindari Memaksa!

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk, Coba Diterapkan!

Credit Image - alodokter.com

Ketika anak tidak mau makan, jangan memaksanya untuk menghabiskan makanannya, ya, moms dan dads. Alih-alih memaksa, ada baiknya ajak ia berbicara untuk mengetahui alasan mengapa tidak mau makan – dan tanyakan pula makanan yang sedang diinginkan Si Kecil.

Cara mengatasi anak susah makan satu ini akan membuatnya lebih nyaman saat makan.

Selain itu, kamu jangan pernah mengancam, menghukum, atau menakuti anak dengan nada tinggi atau tutur yang keras agar dia ingin makan. Ini akan membuat waktu makan semakin tidak menyenangkan, hingga bahkan menimbulkan trauma saat makan.

 

4. Atur Jam Makan dengan Baik

Salah satu penyebab anak susah makan adalah anak merasa tidak lapar. Hal ini disebabkan camilan yang diberikan membuat lambungnya terus terisi sehingga dia cenderung merasa tidak lapar. Cara mengatasi anak susah makan satu ini penting diterapkan sedini mungkin, agar anak memahami waktu makan yang baik.

Jadi, moms dan dads bisa mengatur pemberian camilan sebagai cara mengatasi anak susah makan. Hindari pemberian camilan seperti kudapan atau susu 2 jam sebelum makan karena hal ini dapat membuatnya lebih cepat kenyang hingga akhirnya menolak untuk makan.

 

5. Hindari Memberi Makanan Cepat Saji

6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk, Coba Diterapkan!

Credit Image - tribunnews.com

Tentu anak sangat menyukai makanan cepat saji seperti nugget, fried chicken, burger, dan berbagai jenis junk food lainnya. Moms dan dads boleh saja memberikan anak makanan cepat saji sesekali, namun tetap tidak berlebihan. Ini karena kandungannya tidak boleh sering dikonsumsi oleh anak.

Akan lebih baik untuk mengenalkan lebih banyak makanan sehat pada anak seperti buah-buahan atau sayuran. Buatlah tampilannya menarik, sehingga anak-anak semangat saat memakannya dan menjadi bagian dari cara mengatasi anak susah makan.

 

6. Tetap Pastikan Asupan Nutrisi Anak Terpenuhi

Memang, penurunan napsu makan anak merupakan hal yang wajar dialami. Namun, jika Si Kecil tengah mengalaminya, tetap pastikan asupan nutrisi sudah terpenuhi dengan baik.

Untuk itu, saat anak sedang mengalami penurunan napsu makan, ada baiknya memberikan suplemen tambahan untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi yang mungkin tidak bisa didapatkan karena anak susah makan.

Berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Moms dan dads, yuk peroleh multivitamin Enervon-C Plus Sirup dengan mendapatkannya di official store di Tokopedia.

 

Jangan disepelekan, moms dan dads, anak yang mengalami penurunan napsu makan bisa berujung pada kekurangan gizi, lho. Untuk itu, segera terapkan deretan tips mengatasi anak susah makan di atas, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!