Pernah terpapar Covid-19 bukan berarti seseorang kebal dari virus tersebut. Maka tak heran jika ada kasus reinfeksi – atau infeksi ulang. Jadi, virus corona bukan seperti cacar air, yang mana jika kamu sudah mengalaminya sekali, lalu akan kebal selamanya.

Dilansir dari Kompas, dokter perawatan kritis Abhijit Duggal mengatakan bahwa struktur virus corona bisa berubah sehingga sistem kekebalan tubuh tidak dapat mengenali virus tersebut sebagai hal yang pernah masuk ke tubuh.

Untuk itu, risikomu untuk terinfeksi ulang meningkat ketika virus mengalami mutasi. Namun, sebenarnya berapa kali manusia dapat terpapar Covid-19? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

 

 

Berapa Kali Manusia dapat Terinfeksi Covid-19?

Credit Image - alodokter.com

Pertanyaan ini mungkin seringkali terlintas di pikiran banyak orang. Namun sebenarnya, tidak ada batas pasti berapa kali seseorang bisa positif Covid-19. Hal ini sama saja dengan tidak ada jumlah pasti berapa kali kamu bisa mengalami pilek seumur hidup. Jadi, jika ada varian baru pun, risiko infeksi ulang akan tetap ada.

Beberapa virus seperti cacar air, relatif sama dari waktu ke waktu. Namun, virus corona mirip dengan virus flu, yang mengalami mutasi dari waktu ke waktu. Setelah tubuh berhasil melawan Covid-19 yang lama atau kamu mendapat vaksin, sistem kekebalan tubuh dapat mengenali virus yang menyerang ketika mencoba untuk kembali.

Tapi, jika muncul varian baru, maka kekebalan tubuh yang terbentuk tidak akan mengenali virus tersebut. Jadi, virus tersebut bisa masuk ke tubuh tanpa terdeteksi. Jika kamu mendapatkan vaksin dan tetap menerapkan kebersihan diri yang baik, maka risiko untuk terifeksi ulang lebih rendah.

Selain itu, vaksinasi juga dapat mencegah gejala yang parah ketika terinfeksi ulang. Tetapi, kamu harus menyadari bahwa terpapar virus tidak memberimu kekebalan dari varian lain.

 

Berapa Lama Kekebalan Covid-19 Bertahan Setelah Infeksi?

Credit Image - kompas.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setelah kamu terinfeksi Covid-19, kamu mungkin terlindungi dari infeksi ulang selama 10 bulan atau lebih. Namun, ada juga riset yang menunjukan bahwa kekebalan setelah pemulihan dari Covid-19 hanya berlangsung selama beberapa minggu.

Kabar baiknya adalah jika terkena Covid-19 lagi, kemungkinannya tidak terlalu parah dibandingkan saat pertama kali terjangkit.

Namun, orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah karena penyakit kronis, obat-obatan atau faktor lain, mungkin masih berisiko lebih tinggi untuk mengalami gejala yang parah, bahkan pada saat terinfeksi ulang.
 

Cara Mencegah Infeksi Ulang

Credit Image - news.unair.ac.id

Perlu diketahui bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi risikomu untuk kembali terinfeksi Covid-19. Misalnya, status vaksinasi serta tindakan pencegahan yang kamu lakukan untuk melindungi diri sendiri.

Kamu harus tetap waspada dalam mengambil tindakan pencegahan terhadap penularan virus agar terhindar dari infeksi ulang. Tindakan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta mendapat vaksin menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan risiko terinfeksi Covid-19.

Lalu, yang tidak kalah pentingnya, yaitu menguatkan kekebalan tubuh yang berperan sebagai pelindung utama agar virus tidak mudah menyerang. Dalam menjaga imunitas, kamu disarankan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Lengkapi hidup sehatmu dengan mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Selain dari makanan bergizi yang dikonsumsi sehari-hari, kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dari multivitamin kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan 1000 mg vitamin C yang mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar selama berkegiatan seharian.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C, proses metabolisme juga semakin maksimal, berkat kandungan vitamin B kompleks yang akan mengubah makanan menjadi sumber energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon pilihan, kamu bisa segera membelinya di official store di Tokopedia.

 

Jadi, berapa banyak seseorang bisa terinfeksi Covid-19? Hal ini tidak ada jumlah pastinya. Tapi untuk menghindari reinfeksi virus, terus lakukan langkah pencegahan seperti menjalani protokol kesehatan dan menjaga kekebalan!
 

 

Featured Image – thefulcrum.us

Source – kompas.com