Rangkaian langkah untuk semakin mengurangi risiko infeksi Covid-19 di Indonesia terus dilakukan. Kali ini, vaksin booster kedua resmi dimulai untuk tenaga kesehatan. Hal ini diambil karena sudah enam bulan nakes menerima dosis ketiga. Antibodi pasca vaksinasi dikhawatirkan menurun seiring bertambahnya waktu.

Kasus aktif atau pasien yang membutuhkan perawatan hingga isolasi pun sempat meningkat beberapa waktu lalu. Untuk itu, pemerintah memang memprioritaskan tenaga kesehatan untuk divaksin booster kedua, apalagi termasuk kelompok yang rawan paparan Covid-19.

Kementerian Kesehatan RI pun telah memperbarui jenis-jenis vaksin booster kedua untuk nakes. Ada tambahan jenis vaksin Pfizer untuk penerima booster pertama Moderna.

Berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

Kombinasi Booster Terbaru yang Perlu Diketahui

Credit Image - labblog.uofmhealth.org

Ini deretan kombinasi terbaru vaksin lanjutan kedua.

Booster pertama vaksin Sinovac dilanjut dengan:

1. AstraZeneca: setengah dosis
2. Pfizer: setengah dosis
3. Moderna: dosis penuh
4. Sinopharm: dosis penuh
5. Sinovac: dosis penuh
6. Zifivax: dosis penuh


Booster pertama vaksin AstraZeneca dilanjut dengan:

1. Moderna: setengah dosis
2. Pfizer: setengah dosis
3. AstraZeneca: dosis penuh

 

Booster pertama vaksin Pfizer dilanjut dengan:

1. Pfizer: dosis penuh
2. Moderna: setengah dosis
3. AstraZeneca: dosis penuh

 

Booster pertama vaksin Moderna dilanjut dengan:

1. Moderna: setengah dosis
2. Pfizer: setengah dosis

 

Booster pertama dengan vaksin Sinopharm dilanjut dengan:

1. Sinopharm: dosis penuh

Vaksin yang digunakan untuk dosis lanjutan kedua bagi SDM Kesehatan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin masing-masing daerah dengan mengutamakan vaksin yang memiliki masa expired terdekat.  Vaksinasi dosis primer dan dosis ketiga tetap harus dikejar agar dapat mencapai target.

 

Kapan Masyarakat Dapat Menerima Booster Kedua?

Credit Image - mediacenter.palangkaraya.go.id

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, vaksin Covid-19 booster kedua masyarakat bakal didahulukan pengidap komorbid dan lansia. Targetnya pun tidak lewat dari tahun 2022 ini.

Namun, rencana tersebut tentunya masih membutuhkan analisis langsung dan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Pemerintah juga akan fokus melihat capaian vaksinasi booster pertama atau dosis ketiga terlebih dahulu.

Alasan di balik diberikannya vaksinasi dosis keempat untuk nakes adalah kondisi pandemi yang masih mengalami fluktuasi kenaikan kasus, untuk itu, berdasarkan rekomendasi ITAGI dan berbagai pihak, diberikanlah booster kedua untuk nakes.

 

Hindari Risiko Infeksi Virus, Terus Kuatkan Imunitas Tubuh!

Credit Image - fame.grid.id

Saat ini, vaksinasi dosis keempat sudah mulai diberikan yang diawali dengan nakes, tetapi untuk memaksimalkan perlindungan diri dari infeksi virus, kamu harus menjaga daya tahan tubuh yang merupakan kunci utama dalam menghindari paparan virus penyebab penyakit.

Kamu direkomendasikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dari istirahat cukup, tetap berolahraga, mengelola stres dengan baik, menjaga kebersihan diri, serta memaksimalkannya dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang bisa menjaga kekebalan tubuh secara optimal.

Untuk multivitamin, namun sebaiknya apa suplemen yang dikonsumsi? Nah, direkomendasikan memiliki rangkaian multivitamin dari Enervon.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Nah, untukmu yang puny segudang aktivitas, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan produk Enervon pilihan, kamu bisa segera membelinya di official store di e-commerce, atau langsung klik di sini.

 

Itulah deretan kombinasi booster kedua terbaru. Saat ini, dosis lanjutan kedua baru diberikan kepada nakes, ya.

 

 

Featured Image – medpagetoday.com

Source – cnnindonesia.com