Pemberian vaksin booster Covid-19 masih terus digencarkan oleh pemerintah. Menyusul hal ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memperbolehkan vaksinasi dosis ketiga pada anak-anak berusia 16-18 tahun menggunakan Pfizer.

Kapan boleh memperoleh suntikan booster? Dosis ini sebaiknya diberikan minimal enam bulan setelah suntikan vaksin Covid-19 dalam hitungan bulan sejak dosis terakhir. Semua anak-anak di rentang usia tersebut memang baiknya mendapat vaksin lanjutan, namun ada beberapa kelompok yang diproritaskan.

Siapa saja kelompok anak-anak yang baiknya cepat-cepat mendapat booster? Berikut ini ulasannya.

 

 

Kelompok Anak Ini Mesti Segera Booster!

Credit Image - news.detik.com

Dilansir dari Detik, menurut epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, menegaskan sama seperti orang dewasa dan lansia, anak-anak pun akan mengalami penurunan imunitas dari vaksin Covid-19 dalam hitungan bulan sejak dosis terakhir.

Dengan demikian, disarankan anak-anak dengan kondisi tertentu untuk diproritaskan dalam vaksinasi Covid-19 booster, misalnya anak dengan penyakit komorbid, obesitas, dan penderita disabilitas. Karena, kondisi tubuh yang lebih rawan, ini memudahkan virus untuk menyerang.

 

Berapa Lama Imunitas Vaksin Bertahan di Tubuh Anak?

Selanjutnya, Dicky Budiman juga menjelaskan daya proteksi vaksin Covid-19 cenderung bertahan lebih lama pada anak-anak dibanding orang dewasa dan lansia. Namun, lantaran anak-anak juga mengalami penurnan imunitas dalam waktu beberapa bulan pasca suntikan terakhir, maka booster menjadi penting untuk diberikan pada anak-anak.

Jadi, proteksi yang timbul dari vaksin pada anak remaja juga akan menurun seiring waktu, meski tidak secepat pada orang dewasa. Misalnya, jika pada lansia ketahanan vaksin sudah menurun selang tiga bulan pasca suntikan, pada anak-anak – rata-rata di atas lima bulanan.

 

Manfaat Vaksin Booster yang Diketahui

Credit Image - news-medical.net

Saat ini, pemberian vaksin booster masih digencarkan, terutama setelah meningkatnya kembali kasus Covid-19 akibat subvarian Omicron. Booster diberikan sebagai upaya untuk memutus rantai penularan virus corona dengan meningkatkan antibodi tubuh.

Dosis ketiga ini dinilai dapat meningkatkan efektivitas vaksin yang sebelumnya sudah diberikan. Seiring berjalannya waktu, efektivitas vaksin dosis 1 bisa melemah, sehingga perlindungan terhadap virus pun menurun.

Maka dari itu, diberikan vaksin tambahan untuk membentuk kembali antibodi dan memperpanjang perlindungan. Jadi, bisa dikatakan bahwa booster dapat memberikan manfaat seperti:

  1. Mencegah infeksi virus corona
  2. Mempertahankan tingkat kekebalan tubuh
  3. Memperkuat antibodi yang sudah terbangun
  4. Memperpanjang masa perlindungan tubuh dari virus

Dengan melakukan vaksinasi segera dan menerapkan prokes secara ketat, diharapkan penularan virus corona bisa segera dikendalikan. Selalu kenakan masker saat harus beraktivitas di luar rumah, hindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

 

Optimalkan Perlindungan Anak dengan Menguatkan Kekebalannya!

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan, melindungi diri dari paparan virus corona juga perlu dilakukan dengan menguatkan imunitas. Ingat, kekebalan yang kuat menjadi perlindungan utama agar penyakit tak mudah menyerang.

Dalam menjaga imunitas, baik orangtua maupun anak-anak disarankan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Dan, lengkapi hidup sehat dengan mendapat asupan vitamin dan mineral – keduanya berperan penting dalam mempertahankan kekebalan. Selain dari makanan bergizi yang dikonsumsi sehari-hari, kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dari multivitamin kandungan lengkap, seperti rangkaian suplemen dari Enervon.

Untuk orang dewasa direkomendasikan mengonsnumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg yang mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar selama berkegiatan seharian.

Namun, jika kamu punya segudang aktivitas – dan dituntut untuk tetap produktif, konsumsi Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga energi tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active, proses metabolisme juga semakin maksimal, berkat kandungan vitamin B kompleks yang akan mengubah makanan menjadi sumber energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Untuk anak-anak, dapat diberikan Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

Untuk mendapatkan produk Enervon pilihan, yuk, segera beli di official store di Tokopedia, ya!

 

Saat ini, pemberian vaksin booster untuk anak-anak berusia 16-18 tahun sudah diperbolehkan. Hal ini bertujuan untuk menguatkan kembali antibodi terhadap virus corona.

 

 

Featured Image – yesdok.com

Source – detik.com