Yuk, Ajari Anak Hidup Sederhana, Begini Cara Mudahnya!

Yuk, Ajari Anak Hidup Sederhana, Begini Cara Mudahnya!

Moms dan dads, menerapkan pendidikan karakter anak dalam keluarga mesti dilakukan sejak anak berusia dini. Ini termasuk mengajarinya untuk hidup sederhana. Namun, bukan berarti mengajak Si Kecil untuk prihatin dan justru kesusahan, ya. Tapi, mengajarkan anak untuk tidak gemar berfoya-foya.

Sudah pasti setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Namun yang perlu moms dan dads ingat, tidak semua yang diinginkan anak adalahnya yang ia butuhkan. Karena, ada beragam dampak buruk yang ditimbulkan jika Si Kecil terlalu manja.

Nah, untuk mulai mengajari Si Kecil untuk hidup sederhana, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Mengajarkan Anak untuk Bersyukur

Yuk, Ajari Anak Hidup Sederhana, Begini Cara Mudahnya!

Credit Image - sathora.or.id

Mengajarkan anak untuk bersyukur bisa diawali dengan mengajarkannya untuk mengucap "Alhamdulillah" – atau ucapan syukur lainnya ketika mendapatkan sesuatu atau merasa lebih baik. 

Selain itu, moms dan dads juga bisa mengajarkan anak untuk bersyukur ketika anak sedang merasa minder dari temannya yang lain.

Kamu bisa mengatakan "Adek coba deh liat temen-temen yang ada di jalan atau di panti. Hidup Adek sekarang jauh lebih baik dari mereka." selain mengajarkan anak untuk bersyukur, cara ini juga bisa meningkatkan empati anak kepada orang lain, lho.

 

Melibatkan Anak Ketika Berbelanja

Mengajari anak untuk hidup sederhana juga bisa dilakukan dengan melibatkan anak ketika berbelanja. Di kegiatan ini, moms dan dads dapat sembari mengajari Si Kecil agar memiliki alasan setiap kali akan membeli sesuatu.

Misalnya membeli peralatan menulis karena sebentar lagi masuk sekolah, membeli sepatu karena sepatunya sudah jebol dan tidak bisa dipakai, atau yang lainnya, sehingga anak akan memahami fungsi membeli sesuatu. Dan terbiasa membeli sesuatu yang memang dia butuhkan. Tidak sekadar yang dia inginkan.

 

Mengajari Si Kecil untuk Menabung

Yuk, Ajari Anak Hidup Sederhana, Begini Cara Mudahnya!

Credit Image - berkeluarga.id

Menabung menjadi salah satu cara untuk membiasakan anak hidup sederhana. Kemudian, dari sekian rupiah uang yang anak miliki, mereka harus dibiasakan untuk menyisihkan sedikit demi sedikit untuk masa depannya.

Dengan memperkenalkan kegiatan menabung kepada anak, maka ia akan mulai terbiasa dalam penerapan hidup sederhana – dan tidak berlebihan.

Menabung memang baiknya dilakukan sejak dini, karena hal ini dapat mengajari anak untuk mengatur keuangannya sendiri. Nah, moms dan dads dapat mencoba membiasakan Si Kecil untuk membeli sesuatu yang diinginkan menggunakan sisa uang jajan yang sudah disisihkan.

 

Melatih Anak untuk Berbagi

Mengajarkan anak untuk berbagi juga termasuk melatih anak untuk belajar sederhana dan menjadi seseorang yang dermawan. 

Selain itu, anak juga akan memahami bahwa dalam hidup ini yang ingin dan membutuhkan sesuatu tidak hanya dirinya. Banyak anak dan orang yang lebih susah.  Namun, pastikan untuk tidak memaksa anak dalam berbagi. Karena hal tersebut justru akan membuat anak malas untuk membiasakannya. 

 

Menjadi Contoh yang Baik

Yuk, Ajari Anak Hidup Sederhana, Begini Cara Mudahnya!

Credit Image - edukasi.kompas.com

Untuk membiasakan anak hidup sederhana, maka moms dan dads juga harus menerapkan hal yang sama. Ketika anak hidup tak berlebihan, namun orangtuanya gemar berfoya-foya, maka ia akan menganggap hal tersebut sebagai suatu ketidakadilan.

Menginginkan anak yang tumbuh baik memang butuh pengorbanan. Salah satunya adalah menjadi contoh yang baik dan layak untuk ditiru oleh anak. 

Anak cenderung meniruman apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, kamu perlu memberikan contoh yang baik pada Si Kecil. Dalam penerapan pendidikan karakter ini, akan lebih baik jika moms dan dads memberikan contoh langsung pada anak, dibandingkan hanya menyuruhnya untuk melakukan sesuatu.

 

Ajak Anggota Keluarga untuk Bekerja Sama

Dalam menerapkan pendidikan karakter, termasuk dalam hidup sederhana, ini tidak hanya melibatkan orangtua dan anak saja, lho. Melainkan anggota keluarga pun sebaiknya turut terlibat.

Ajak anggota keluarga lainnya bekerja sama dalam memberikan contoh yang baik, serta mendorong kepercayaan diri Si Kecil. Dengan begitu, pendidikan karakter yang ditanamkan pada anak bisa memberikan hasil yang lebih optimal.

 

Moms dan dads penerapan pendidikan karakter dalam keluarga penting untuk memaksimalkan pertumbuhan Si Kecil. Selain itu, jangan lupa, berikan asupan makanan bergizi seimbang yang dapat membantu mencukupi asupan nutrisinya.

Selain dari makanan bergizi, nutrisi dapat dicukupi dengan memberi multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Yuk, peroleh multivitamin Enervon-C Plus Sirup dengan mendapatkannya di official store di Tokopedia, ya.

 

Gimana, nih? Sudahkah moms dan dads sudah mengajari anak untuk hidup sederhana? Jangan ditunda lagi, segera terapkan hal ini sejak ia berusia dini!

 

 

Featured Image – parapuan.co

Source – yoursay.suara.com

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!