Apakah kamu pecinta jeruk? Wah, buah yang satu ini memang sudah tak perlu lagi diragukan akan manfaat baiknya, ya. Ini berkat kandungan jeruk yang kaya akan vitamin, terlebih vitamin C, yang berperan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Memiliki cita rasa asam seperti buah lemon – yang juga kaya akan vitamin C, buah jeruk dapat kamu konsumsi secara langsung atau diolah menjadi beragam makanan, mulai dari camilan hingga menu utama.

Tak kenal maka tak sayang, yuk, kenali kandungan jeruk serta manfaat baiknya dengan menyimak informasi di bawah ini!

 

 

Kandungan Jeruk yang Kaya Akan Vitamin

Credit Image - medicalnewstoday.com

Jeruk (Citrus sinensis) adalah salah satu buah berwarna yang cukup populer berkat rasa manis alaminya. Buah ini juga memiliki berbagai jenis dengan manfaat yang berbeda-beda. Tapi, berbagai jenis jeruk memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini berbagai kandungan jeruk yang kaya akan vitamin dan mineral, yaitu:

  • Energi: 45 kal
  • Protein: 0,9 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Karbohidrat: 11,2 g
  • Serat: 1,4 g
  • Vitamin C: 49 mg
  • Tiamin (vitamin B1): 0,08 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin: 0,2 mg
  • Kalsium: 33 mg
  • Fosfor: 23 mg
  • Kalium: 472,1 mg
  • Besi: 0,4 mg
  • Tembaga: 160 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Karoten total: 190 mcg

Dari daftar kandungan jeruk di atas, tak heran kalau buah ini direkomendasikan untuk dikonsumsi, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harianmu!

 

Apa Saja Manfaat Buah Jeruk?

Credit Image - foodrevolution.org

Kalau kamu sudah mengetahui kandungan jeruk, selanjutnya, informasi yang mesti diketahui, yaitu berkaitan dengan manfaat dari buah ini. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jeruk membuatnya menawarkan segudang peran baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini deretan manfaatnya.

1. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat jeruk yang sayang untuk kamu lewatkan adalah meningkatkan fungsi otak. Dikenal sebagai buah dengan vitamin C yang tinggi, jeruk juga mengandung kalium, folat, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi saraf otak.

Bahkan, hal ini telah dibuktikan penelitian dari American Academy of Neurology. Para peneliti menyimpulkan bahwa minum jus jeruk dapat membantu mengurangi risiko kehilangan memori pada pria.

Penelitian tersebut melibatkan para pria yang diminta untuk minum jus setiap hari. Hasilnya, risiko terhadap penurunan kemampuan berpikir mereka lebih rendah dibandingkan peserta yang minum jus satu kali sebulan.

 

2. Membantu menjaga tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi tentu memberikan dampak buruk bagi kesehatan, seperti risiko penyakit jantung. Namun, hal ini dapat dicegah dengan memanfaatkan buah jeruk.

Menurut penelitian dari ARYA atherosclerosis, jus jeruk memiliki manfaat berupa menurunkan tekanan darah. Hal ini dibuktikan lewat penelitian pada 25 pasien yang mengalami penyumbatan arteri.

Para pasien tersebut dilaporkan telah mencoba mengatasi tekanan darah tinggi dengan obat-obatan. Namun, hasilnya masih kurang memuaskan. Akhirnya, para peserta diminta untuk minum jus jeruk yang sudah ditambahkan vitamin C.

Hasilnya, tekanan darah menurun meski hanya sedikit. Tekanan darah tersebut semakin menurun ketika minuman mereka diganti dengan rasa yang lebih tawar. Itu sebabnya, vitamin C pada buah jeruk berkhasiat bagi penderita penyakit hipertensi.

 

3. Memelihara kesehatan rambut dan kulit

Salah satu kandungan jeruk, yaitu antioksidan. Nah, kandungan ini dapat memberikan manfaat bagi kulit dan rambut, lho. Antioksidan bisa dijumpai dalam buah jeruk yang ternyata membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat paparan sinar UV.

Bahkan, manfaat buah jeruk lain yaitu membantu menjaga keseimbangan kolagen dalam dermis. Kolagen termasuk jenis protein yang penting dalam kulit dan rambut manusia, terutama pertumbuhan rambut dan mengurangi gejala penuaan dini.

Oleh sebab itu, konsumsi jeruk yang kaya akan vitamin C dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut.

 

4. Memperlancar pencernaan

Faktanya, banyak orang yang mengonsumsi jeruk karena memiliki khasiat bagi sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang normal membutuhkan air yang cukup dan jeruk bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut.

Begini, satu buah jeruk yang kecil mengandung 87 gram air dan kebutuhan air harian manusia, yaitu 2,5-3,5 liter (kilogram) air. Artinya, jeruk membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan sekitar 3-4 persen.

Tidak hanya itu, sekitar dua pertiga dari 3 gram jeruk mengandung jenis serat larut yang membantu usus menyerap zat cair. Penyerapan ini terjadi karena serat larut menghasilkan gel tebal, sehingga dapat menunda waktu transit sisa makanan di usus.

Dengan begitu, gel dari serat ini memberikan waktu pada usus untuk menyerap gizi yang penting, seperti vitamin, mineral, dan asam lemak. Tanpa manfaat dari jeruk ini, kemungkinan besar nutrisi tersebut tidak dapat diserap secara maksimal.

 

5. Mengurangi risiko diabetes

Salah satu kandungan jeruk, yaitu serat dapat memberi manfaat untuk mengurangi risiko diabetes, lho. Kok bisa? Bahkan, temuan ini sudah dibuktikan langsung melalui penelitian dari Diabetes and Metabolic Journal.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi 4 gram suplemen serat makanan per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Bila tubuh kekurangan sensitivitas insulin, risiko diabetes tipe 2 pun meningkat.

Sementara itu, menjaga berat badan juga penting dalam mencegah diabetes. Pasalnya, penyandang obesitas lebih berisiko terhadap diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan tubuh mencerna serat lebih lambat ketimbang nutrisi lainnya.

Itu sebabnya, konsumsi serat, terutama pada jeruk, membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu membantumu dalam menjaga berat badan, karena nafsu makan yang terkendali.

 

Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian, Yuk, Konsumsi Multivitamin Ini!

Credit Image - enervon.co.id

Tidak hanya mencukupi kebutuhan vitamin dengan rutin mengonsumsi buah-buahan saja, termasuk jeruk saja, namun untuk mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan mikronutiren ini, kamu juga dianjurkan untuk rutin minum multivitamin dengan kandungan lengkap.

Ada pun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu Enervon-C.

Mulai dari Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum multivitamin ini secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan 1000 mg Vitamin C.

Multivitamin Enervon-C dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Multivitamin Enervon memang punya segudang manfaat, kan? Kalau begitu, yuk, segera dapatkan multivitamin andalanmu ini dengan mengunjungi official store-nya. Tinggal klik di sini, ya!

 

Jadi, itulah deretan kandungan jeruk – dan manfaat baiknya yang bisa kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi buah satu ini.

 

 

Featured Image – gardeningknowhow.com

Source – hellosehat.com