5 Ciri-ciri Stres yang Sering Tak Disadari, Kamu Alaminya?

5 Ciri-ciri Stres yang Sering Tak Disadari, Kamu Alaminya?

Aktivitas yang padat dan tingginya tuntutan pekerjaan seringkali menganggu kesehatan mental. Ya, sayangnya, banyak orang yang mungkin tidak menyadari dirinya tengah mengalami gangguan tersebut, termasuk stres.

Jangan dibiarkan begitu saja, lho. Pasalnya, stres, termasuk yang disebabkan oleh pekerjaan dapat menurunkan kondisi kesehatan secara fisik – misalnya, melemahkan kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah terjangkit penyakit.

Agar bisa mengatasi masalah ini dengan baik, yuk, kenali ciri-ciri stres dan cara tepat untuk mengatasinya. Simak ulasannya secara lengkap, ya!

 

 

Ciri-ciri Stres yang Perlu Diperhatikan

5 Ciri-ciri Stres yang Sering Tak Disadari, Kamu Alaminya?

Credit Image - halodoc.com

Ada beberapa tanda stres yang perlu kamu perhatikan, seringnya hal ini tidak disadari. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Merasa terlalu emosional

Saat senggang, kamu mungkin sering memikul banyak beban pikiran dan masalah yang mungkin tak bisa dibagi dengan orang lain. Lama-kelamaan, beban pikiran tersebut turun ke perasaan dan membuatmu menjadi emosional.

Namun, hal tersebut sering kamu anggap sebagai suatu hal yang normal terjadi. Saat itu, kamu pun hanya menganggap bahwa sedang dalam keadaan rapuh, sehingga merasa emosional adalah hal yang wajar.

Padahal, hal ini bisa jadi salah satu ciri-ciri stres yang tidak disadari, lho. Jika kamu membiarkannya berlarut-larut, hal tersebut bisa menjadi cikal bakal gangguan mental dan emosional yang berkepanjangan.

 

2. Lebih sibuk dari biasanya

Tahukah kamu bahwa menyibuk-nyibukan diri termasuk salah satu ciri-ciri stres yang tidak disadari? Ingat, menjadi sibuk tidak melulu karena ada hal yang dikerjakan, tapi tengah mengalihkan pemikiran dari masalah yang dialami.

Ini artinya, saat mendadak ingin lebih sibuk, padahal tak ada hal penting yang harus dikerjakan, itu adalah salah satu tanda stres dan kesibukan itu adalah upaya kamu untuk menghindarinya. Hal tersebut mungkin bisa menjadi jalan pintas sesaat untuk mencegah stres yang dialami. Namun, terlalu sibuk justru bisa mendatangkan stres dan gangguan emosional.

Oleh sebab itu, alih-alih mencari banyak kesibukan untuk ‘lari’ dari stres, lebih baik hadapi dan selesaikan permasalahan yang membuatmu stres, ya!

 

3. Sensitif dan lebih mudah marah

Ciri-ciri stres lainnya, yaitu menjadi lebih mudah marah. Kamumungkin tak menyadari, tetapi hal-hal kecil yang mengganggu tetapi biasanya bisa dimaklumi, kini dapat menyulut amarah dengan begitu mudahnya.

Bahkan, kamu juga lebih sering melampiaskan amarah kepada orang-orang terdekat. Hal ini jelas menggambarkan bahwa dirimu sedang stres dan terganggu stabilitas emosinya.

Ingat, kamu perlu berhati-hati jika sudah menunjukkan gejala stres yang satu ini. Pasalnya, bisa jadi perasaan orang di sekitarmu bisa tersakiti, hanya karena kamu melampiaskan amarah yang tidak ada kaitannya dengan mereka.

Mengontrol diri dalam keadaan seperti ini memang merupakan tantangan yang cukup sulit. Namun, bukan berarti orang lain ikut menanggung amarah tersebut.

 

4. Suasana hati mudah berubah

Mood swing adalah kondisi saat kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan terasa begitu dekat. Ketiga hal tersebut terjadi secara bergantian dan tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Jika hal ini terjadi, mungkin ada yang salah dengan kondisi kesehatan mentalmu.

Artinya, mood swing bisa menjadi salah satu ciri-ciri yang sering tidak disadari.

Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi yang terjadi akibat stres adalah membicarakan penyebab stres. Cobalah untuk berbagi dan menumpahkan perasaan kamu pada seseorang yang dapat memberikan sebuah perspektif lain dalam memandang hidup.

Baiknya pilihlah orang yang kamu rasa bisa memberikan solusi untuk masalah yang tengah dihadapi. Terkadang, kamu bisa sadar soal apa yang sedang dialami ketika berbicara dengan orang lain.

 

5. Hilang arah dan tujuan hidup

Ciri-ciri stres lainnya, yaitu kamu merasa kehilangan arah dan tujuan hidup. Ingat, memiliki tujuan yang jelas dalam hidup dapat memberikan dampak yang baik untuk dirimu, karena ini bisa meningkatkan rasa percaya diri untuk menjalani hari.

Tapi, stres terkadang membuatmu merasa hilang arah dan tujuan, kan? Indikasi stres ini tentu wajib kamu waspadai sebelum akhirnya semakin parah!

Saat kamu merasa arah dan tujuan hidup hilang, sirna pula kebahagiaan menjalani hidup. Contohnya, ketika kamu gagal meraih suatu hal yang selama ini memicu semangat menjalani hari, bisa jadi semangat tersebut ikut lenyap seiring dengan kegagalan tersebut.

Ya, kondisi tersebut dapat terjadi karena stres dan jika tak segera diatasi, bisa mengakibatkan gangguan emosional berkepanjangan, lho.

 

Waspadai, Stres dapat Mengganggu Kondisi Kesehatan Fisik!

Jika kamu sudah mengenali ciri-ciri stres, maka patut diketahui juga kalau stres berlebihan bisa mengganggu kesehatan fisik.

Saat mengalami stres, kamu cenderung lebih mudah lelah dan merasa cemas. Hal ini disebabkan, saat stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres yakni hormon adrenalin dan hormon kortisol.

Adrenalin akan meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan pasokan energi. Sementara itu, kortisol yang merupakan hormon stres utama mampu meningkatkan glukosa dalam aliran darah.

Kortisol mampu mengubah respons sistem kekebalan, menekan sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan proses pertumbuhan. Sistem alami yang kompleks ini juga berkomunikasi dengan daerah otak yang mengontrol suasana hati, motivasi, dan ketakutan. Itu sebabnya kamu lebih mudah merasa cemas.

Selain itu, ketika stres, limfosit darah akan ikut menurun. Sistem kekebalan tubuh terdiri dari miliaran sel darah putih. Sel ini terdiri dari limfosit dan fagosit memiliki fungsi untuk melawan bakteri, virus, dan sel kanker di dalam tubuh. Akan tetapi, saat mengalami stres, peran limfosit dalam sel darah putih akan berkurang.

Ini terjadi karena peningkatan akut kortisol berhubungan dengan berkurangnya jumlah sirkulasi sel darah putih. Semakin rendah tingkat limfosit, semakin besar risikomu untuk terpapar virus, termasuk pilek dan berbagai penyakit lainnya.

 

Hati-hati, Stres Bisa Memicu Gaya Hidup Tak Sehat, Lho

5 Ciri-ciri Stres yang Sering Tak Disadari, Kamu Alaminya?

Credit Image - food.detik.com

Ketika sedang stres, orang cenderung kurang tidur, jarang berolahraga, memiliki pola makan yang buruk, serta lebih banyak merokok. Bahkan, beberapa orang menggunakan alkohol dan obat-obatan lainnya untuk mengatasi stres.

Padahal, semua perilaku tersebut telah terbukti mempengaruhi sistem kekebalan tubuh untuk merespons infeksi. Dengan gaya hidup tak sehat ini, bukan tidak mungkin kekebalan tubuh dalam merespons infeksi pun ikut terganggu, lho. Akibatnya, pada akhirnya hal ini meningkatkan risiko kondisi kesehatan lain seperti sakit kepala, flu, penyakit kardiovaskular, diabetes, asma, dan maag.

Ketika mengalami stres, imunitas tubuh memang bisa menurun. Untuk itu, usahakan mengatasi stres dengan baik, misalnya melakukan kegiatan favorit, atau aktivitas apa saja yang bisa membuat kamu bahagia.

Yang tak kalah pentingnya, kamu juga disarankan tetap menjalani gaya hidup sehat, salah satunya termasuk rutin mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang berperan untuk meningkatkan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan nutrisi sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Enervon-C memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang memiliki kandungan vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg yang mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar selama berkegiatan seharian.

Dengan rutin mengonsumsi Enervon-C, proses metabolisme juga semakin maksimal, berkat kandungan vitamin B kompleks yang akan mengubah makanan menjadi sumber energi untuk beraktivitas seharian penuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon-C, kamu bisa segera kunjungi di official store di Tokopedia, rutin konsumsi multivitamin ini, dan rasakan manfaat baiknya!

 

Cara Mengatasi Stres

Jika kamu mengalami ciri-ciri stres seperti yang disebutkan di atas, yuk, coba atasi dengan beberapa cara mudah berikut ini!

  1. Berpikir positif terhadap masalah yang tengah dihadapi. Cobalah untuk memberi motivasi kepada diri sendiri mengenai hal-hal positif yang kamu miliki dan patut disyukuri.
  2. Menulis buku harian. Tuangkan keluh kesahmu ke dalam sebuah tulisan untuk membantu meringankan stres.
  3. Ceritakan ke orang terdekat.
  4. Istirahat yang cukup. Hal ini dapat membantumu mengatasi stres berat. Selain itu, cobalah dengarkan musik sebelum tidur agar pikiran menjadi lebih rileks.
  5. Pergi berlibur dengan mengambil cuti kerja. Cara ini dapat membantu membuat pikiran menjadi lebih segar sehingga stres pun memudar.

Jika cara-cara di atas telah dilakukan namun stres berat yang kamu alami belum juga teratasi dengan baik, konsultasikanlah segera ke psikolog. Psikolog dapat membantumu mencari solusi yang tepat untuk mengelola stres berat yang sedang dialami.

 

Jadi, itulah deretan ciri-ciri stres, dampaknya pada kesehatan tubuh, sekaligus cara mengatasinya. Jika kamu mengalami sejumlah tanda tersebut, jangan tunda lagi untuk melakukan tindakan yang tepat, ya!

 

 

Featured Image – thehansindia.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!