7 Fakta Anak Pertama, Masih Jarang yang Tahu, Lho!

7 Fakta Anak Pertama, Masih Jarang yang Tahu, Lho!

Bukan rahasia lagi kalau setiap anak memiliki sifat dan keunikannya masing-masing. Begitu juga dengan anak pertama – yang diseringkali dianggap sebagai sosok yang mandiri. Jadi, hal inilah yang membuat moms dan dads tak boleh menyamakan satu sama lainnya, ya!

Tidak hanya soal mandiri saja, namun sifat anak pertama sering dikaitkan dengan sifat kepemimpinan. Dilansir dari Bustle, anak pertama cendeung memiliki sikap leader – dan kepribadian yang kuat. Apakah Si Sulung memiliki karakteristik ini, moms dan dads?

Anak pertama juga dikenal lebih cerdas serta berani dalam mengambil keputusan dan kendali. Jika memiliki adik, ia pun biasanya mengasuh dan merawat orang lain ketika membutuhkan.

Lebih dari itu, ada deretan fakta anak pertama lainnya yang juga perlu moms dan dads ketahui. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Berjuang untuk Pendidikan, Bahkan Lebih Sering Belajar

7 Fakta Anak Pertama, Masih Jarang yang Tahu, Lho!

Credit Image - alodokter.com

Si Sulung biasanya mesti bekerja ekstra untuk sebuah pendidikan. Ketika para peneliti di Institut Riset Sosial dan Ekonomi Universitas Essex mensurvei 3.553 individu (1.503 kelompok saudara kandung), mereka menemukan bahwa anak tertua dalam keluarga memiliki peluang 16 persen lebih besar untuk kuliah dibandingkan dengan adik mereka.

Faktanya, anak pertama juga disebut dilahirkan untuk belajar. Apa sih maksudnya? Menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality, para peneliti di Universitas Ghent Belgia menemukan bahwa urutan kelahiran benar-benar memengaruhi tujuan hidup seorang anak.

Anak tertua biasanya lebih ingin "menguasai" atau "belajar", sedangkan anak kedua cenderung ingin "menang". Ini tentu berjalan seiring dengan nomor satu, bukan?

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa anak sulung – dan hanya anak-anak cenderung memilih karier yang lebih berorientasi akademis dibandingkan dengan adik mereka.

 

2. Memiliki Sifat Pemimpin Secara Alami

Fakta anak pertama, terlebih laki-laki, umumnya mereka merupakan pemimpin alami. Anak pertama terlahir sebagai pemimpin alami, hakikatnya seluruh perhatian pertama kali diberikan olehnya tanpa terbagi.

Sehingga, ketika ia memiliki adik secara langsung mengambil peran dan tentunya yang akan dituakan di antara saudara kandungnya ketika dewasa kelak. Mereka akan lebih bertanggung jawab karena merasa harus dijadikan contoh untuk adik-adiknya.

 

3. Mandiri

7 Fakta Anak Pertama, Masih Jarang yang Tahu, Lho!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Selanjutnya, anak pertama biasanya merupakan sosok yang mandiri. Si Sulung cenderung tidak memiliki masalah dalam mengatur dirinya sendiri. Ini juga sering dikaitkan dengan anak laki-laki pertama yang terbiasa tumbuh sendiri.

Saat ada adik, maka perhatian orangtua terbagi. Sehingga anak pertama mandiri dalam bermain sendiri dan menghabiskan waktu. Intinya anak pertama, terutama laki-laki lebih banyak belajar terbiasa dengan perhatian yang terbagi sampai ia menjadi mandiri.

 

4. Dapat Menjadi Andalan Keluarga

Fakta anak pertama selanjutnya, yaitu berkaitan dengan anak perempuan. Meski perempuan, namun ia tetap bisa menjadi andalan keluarga, lho. Ingat, perbedaan gender laki-laki atau perempuan tidak saling mempengaruhi. Sifat mandiri, kepemimpinan anak pertama cewek juga menjadi perhatian dan andalan orang tua.

Sifat yang satu ini juga untuk memberikan contoh yang baik kepada adik-adiknya. Anak pertama perempuan umumnya tidak mudah menyerah dalam melakukan pekerjaan dan untuk menjaga nama baik di keluarga.

 

5. Cerewet, Apalagi Jika Anak Pertama Perempuan

7 Fakta Anak Pertama, Masih Jarang yang Tahu, Lho!

Credit Image - blog.elevenia.co.id

Moms dan dads, coba perhatikan Si Sulung, apakah ia lebih bawel daripada adik-adiknya? Apalagi, jika ia anak perempuan. Cerewet di sini memiliki tujuan yang baik, karena ia menjadi kakak untuk adik-adiknya.

Si anak pertama ini terbiasa memberikan nasihat untuk mengajari adik-adiknya. Dari kecil ia pun terbiasa mendapat perhatikan penuh dari orangtua. Nah, sifat inilah yang akan diteruskan untuk memberikan contoh yang baik.

Tapi tidak hanya cerewet saja, anak perempuan pertama juga memiliki tingkat kepekaan yang tinggi, lho. Bahkan, ia tahu apabila ada yang tidak beres di dalam keluarga!

 

6. Pendengar yang Baik

Fakta anak pertama berikutnya adalah ia cenderung pendengar yang baik. Anak pertama sudah terbiasa menerima curhatan atau cerita dari orang-orang di sekitarnya. Seperti dengar curhatan adik, ibu, teman dan saudara. Ini karena anak pertama dapat dipercaya dan memberikan nasihat yang baik. Ia juga dikenal memiliki banyak teman, lho!

Sifat suka membantu dan mendengarkan ini menjadi salah satu keistimewaan fakta anak pertama!

 

7. Terkadang Egois dan Keras Kepala

7 Fakta Anak Pertama, Masih Jarang yang Tahu, Lho!

Credit Image - id.theasianparent.com

Meski memiliki sifat pemimpin secara alami – dan juga pendengar yang baik, namun, anak pertama terkadang egois dan dikenal keras kepala. Menjadi yang terdahulu, seringkali membuat anak pertama ingin selalu diandalkan, sulit menerima masukan dengan pendirian yang ia punya.

Fakta anak pertama yang satu ini pun sepertinya sudah diketahui setiap orangtua, ya?

Maka dari itu tak heran mereka cenderung egois dan keras kepala, apalagi dengan keputusan yang sudah dibuat. Tapi jangan salah, lho, dibalik sifat egois dan keras kepalanya mereka sangat perhatian dan peduli.

 

Nah, moms dan dads, itulah deretan fakta anak pertama yang mesti kamu ketahui. Meski tidak semua dimiliki, namun rata-rata Si Sulung memiliki karakter seperti yang disebutkan di atas, lho. Dengan mengetahui sifatnya, diharapkan kamu pun bisa lebih memaksimalkan proses tumbuh kembang anak.

Dan yang tidak kalah penting, agar pertumbuhan Si Kecil semakin maksimal, pastikan pastikan pula kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin.

Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon-C Plus Sirup kamu bisa segera kunjungi di official store di Tokopedia, ya, moms dan dads!

 

 

Featured Image – riliv.co

Source – orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!