5 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses, Patut Dijadikan Contoh!

5 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses, Patut Dijadikan Contoh!

Menjalani profesi sebagai pebisnis memang penuh dengan lika-liku. Untuk mencapai kesuksesan, tentu memerlukan jalan yang panjang – bukan yang instan. Enervoners, kamu pun setuju akan hal yang satu ini, kan?

Menjadi pengusaha sukses membutuhkan jerih payah dan waktu. Selain itu, sudah pasti diperlukan skill – dan ketahanan mental yang kuat. Jadi ingat, sebelum mencapai kesuksesan, ada berbagai rintangan yang perlu dilalui terlebih dahulu.

Begitu juga dengan perjuangan para pengusaha sukses Indonesia berikut ini. Mereka pun dikenal merintis usaha dalam waktu yang tidak singkat, lho. Penasaran siapa saja pengusaha tersebut? Deretan kisah ini pun dapat dijadikan sebagai inspirasi bagimu yang tengah membangun bisnis.

Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Bob Sadino – Kem Chicks

5 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses, Patut Dijadikan Contoh!

Credit Image - kompas.com

Pengusaha sukses yang satu ini tentu sangat terkenal, kamu pun pasti tak asing ketika mendengar namanya, ya?

Bambang Mustari Sadino atau yang biasa dikenal dengan Bob Sadino adalah sosok pengusaha sukses yang identik dengan gaya santainya menggunakan celana pendek. 

Hidup muda Bob Sadino terbilang nyaman sebab berada di lingkungan keluarga berkecukupan. Sayangnya, ketika ia masih berusia 19 tahun, kedua orang tuanya meninggal dunia. Di mana hal tersebut menjadi titik balik hidup Bob Sadino.

Dengan bermodalkan mobil mewah yang dibawanya dari Belanda, dia membuka jasa sewa mobil. Namun sayangnya, Bob Sadino mengalami kecelakaan sehingga mobil yang dimilikinya rusak. Di tengah rasa depresinya dalam mencari uang, seorang teman memberikan 50 ayam ras sebagai bentuk dukungan.

Tidak hanya sekadar dipelihara, kelima puluh ayam terus dimanfaatkannya untuk bisnis telur ayam negeri. Seiring suksesnya bisnis ayam tersebut, Bob pun mulai merambah ke bisnis-bisnis lainnya yang kemudian mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Daftar perusahaan milik Bob Sadino:

  • Kem Chicks: supermarket yang menyediakan beragam produk pangan impor.
  • Kem Food: perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan daging.
  • Kem Farm: sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ekspor sayur dan buah.
  • The Mansion at Kemang: apartemen yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran hasil kerjasama dengan pengembang Properti Agung Sedayu Group.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari sosok Bob Sadino, di antaranya:

  • Setiap kesuksesan selalu diawali oleh sebuah kegagalan.
  • Tidak ada perjalanan yang semulus jalan tol, maka harus tekun dan pantang menyerah saat memulai usaha.

Nah, kedua poin di atas pun dapat kamu pegang teguh dalam perjalanan menjadi seorang pebisnis yang handal dan sukses.

 

2. Dato Sri Tahir – Mayapada

Dato Sri Tahir adalah seorang pengusaha yang sukses merintis bisnisnya dari nol.

Tahir terlahir dari keluarga berlatar perekonomian menengah. Ayahnya bekerja sebagai pembuat becak dan ibunya pemilik toko pakaian. Sejak kecil, Tahir bercita-cita menjadi dokter, namun cita-cita tersebut harus sirna dikarenakan ayah yang jatuh sakit dan tidak dapat membiayai perekonomian keluarga.

Tahir pun harus fokus melanjutkan usaha sang ayah dan memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Namun berkat kegigihannya, Tahir mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke sekolah bisnis di Nanyang Technological University, Singapura.

Selepas lulus masa perkuliahan, Tahir mulai mencoba peruntungannya dengan membuka bisnis garmen. Mengetahui bisnis garmennya mendapat respons positif dari masyarakat, lambat laun Tahir mulai memasuki bisnis keuangan dengan mendirikan Mayapada Group pada 1986 dengan Bank Mayapada sebagai andalannya.

Keteguhannya dalam mengelola bisnis perbankan terbukti dengan tetap berdirinya Bank Mayapada meskipun krisis moneter 1998 melanda. Bahkan bisnisnya mulai memasuki pasar saham Bursa Efek Jakarta dengan total kekayaan terkini mencapai Rp49 triliun.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari sosok Dato Sri Tahir, di antaranya:

  • Setiap orang sukses harus sanggup bekerja keras dan melihat peluang besar.
  • Tidak ada perjuangan yang sia-sia karena selalu ada ilmu dan pengalaman di baliknya.

 

3. Ciputra – Ciputra Group

5 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses, Patut Dijadikan Contoh!

Credit Image - cnnindonesia.com

Ciputra adalah pengusaha sukses Indonesia yang memulai bisnisnya di bidang properti.

Lahir pada 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan, Ciputra harus mengalami perjuangan hidup yang berat sejak kecil. Ayahnya ditangkap oleh pasukan bersenjata tidak dikenal karena dituduh sebagai mata-mata Belanda. Sejak saat itu, Ciputra harus membantu ibunya berjualan kue dan mengurus sapi peliharaan.

Meskipun keadaan ekonomi keluarga tidak terlalu baik, Ciputra berhasil berkuliah di Institut Teknologi Bandung di jurusan arsitektur dan mulai merintis bisnis sendiri, seperti Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Perjalanan bisnis Ciputra tentu tidak selalu mudah, dia sempat terkena dampak krisis ekonomi 1998 dan membuatnya terpaksa mem-PHK tujuh ribu karyawannya di Ciputra Group serta harus merelakan akhir dari Bank Ciputra dan Asuransi Jiwa Ciputra Allstate. 

Namun dengan kegigihannya, Ciputra berhasil menjadi orang terkaya Indonesia ke-11 pada tahun 2017 seiring bisnis Ciputra Group berhasil berekspansi ke luar negeri.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari sosok Ciputra adalah bahwa modal bukan menjadi kendala yang menjadi alasan untuk tidak maju, tetap semangat dan jangan mudah puas pada diri sendiri. Ingat, cepat merasa puas menjadi salah satu karakteristik wirausaha yang sebaiknya dihindari, ya!

 

4. Sudono Salim – Indofood

Sebagian besar dari kamu pasti mengenal Indofood, BCA, dan Bogasari, kan? Nah, tetapi tahukah kamu bahwa ketiga perusahaan raksasa tersebut didirikan oleh Sudono Salim? Sudono Salim merupakan seorang imigran asal negeri Tiongkok yang berhasil sukses di negeri perantauan, yaitu Indonesia. 

Pada awalnya, Sudono Salim yang memiliki nama asli Liem Sioe Long pergi ke Indonesia, tepatnya ke Surabaya, karena terjadi konflik di negeri asalnya. Masa-masa awalnya di Indonesia terpaksa dihabiskannya menjadi gelandangan selama beberapa hari.

Usaha keras berbuah hasil, Sudono Salim merintis usaha sebagai bandar cengkih yang cukup sukses bahkan memiliki koneksi hingga ke pulau-pulau lain, seperti Sulawesi dan Sumatera. Namun sayang, bisnis ini kandas ketika Indonesia berada di bawah kekuasaan Jepang.

Kehidupan bisnis Sudono Salim tentu tidak berhenti di bisnis cengkih saja. Kemahirannya memantau kondisi kesulitan ekonomi di awal era Indonesia merdeka, dia memutuskan mendirikan sebuah bank yang diberi nama Central Bank Asia atau yang sekarang kita kenal dengan BCA atau Bank Central Asia.

Sejak saat itu mulailah ia melebarkan bisnisnya ke produksi pangan yang sekarang kita kenal dengan PT. Bogasari dan produksi makanan olahan tepung terigu yang diberi nama Indofood dengan Indomie sebagai produk andalannya, serta sektor-sektor bisnis lainnya.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari sosok Sudono Salim, di antaranya:

  • Kesuksesan harus didapat dengan kerja keras ditambah keberuntungan.
  • Selalu percaya bahwa kesuksesan dapat diraih, walau berasal dari bentuk usaha yang lain.

 

5. Chairul Tanjung – CT Corp

5 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses, Patut Dijadikan Contoh!

Credit Image - kumparan.com

Nama Chairul Tanjung tentu sudah tidak asing di telingamu, ya. Salah satu pengusaha sukses di Indonesia ini dikenal dengan kepemilikan CT Corp. Chairul Tanjung lahir dari keluarga menengah ke bawah yang mana ayahnya bekerja sebagai seorang wartawan pada masa orde lama.

Demi bisa membiayai kuliahnya, Chairul Tanjung muda berdagang buku-buku kuliah, fotokopi, hingga jasa pembuatan kaos. Dia juga pernah mendirikan toko peralatan kedokteran dan laboratorium, usaha kontraktor, sampai usaha rotan walau terus-menerus mengalami kebangkrutan.

Meskipun pernah gagal, sifatnya yang senang membangun relasi dengan berbagai perusahaan, mengarahkan bisnisnya untuk mendirikan satu perusahaan bernama CT Corp yang melingkupi bidang keuangan, multimedia, dan properti.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari sosok Chairul Tanjung, di antaranya:

  • Di balik usaha giat yang berkelanjutan, terdapat peningkatan hasil.
  • Gagal adalah hal biasa, namun yang terpenting bagaimana menyikapinya.

 

6. Jadilah Pengusaha yang Konsisten dan Tak Mudah Menyerah!

Untuk menjadi pengusaha sukses di bidang yang kamu jalani, selain menjadikan deretan kisah di atas sebagai inspirasi, pastikan pula kamu terus konsisten terhadap apa yang dijalani – dan tidak mudah menyerah meski tantangan berdatangan.

Tidak mudah menyerah dan konsisten adalah sifat yang harus ditumbuhkan dalam diri pengusaha. Hal ini ditunjukkan oleh seberapa konsisten kamu menjalankan usaha. Setiap usaha pasti memiliki risiko dan tantangannya sendiri. Maka dari itu, tetaplah berjuang meski di tahap awal kamu harus bekerja ekstra keras.

Banyak dari orang yang baru memulai usaha sudah pesimis terlebih dahulu sebab takut bersaing. Padahal seharusnya persoalan tersebut sudah selesai dan memang merupakan risiko dalam dunia bisnis.

Yang tidak kalah pentingnya dalam cara menjadi pengusaha sukses adalah konsisten menjaga tingkat fokus. Jika sudah bisa berkonsentrasi dengan baik, maka bisnis pun lebih mudah untuk dijalani, bukan?

Nah, untuk menjaga konsentrasi, kamu perlu menjaga energi tubuh, salah satunya dengan rutin mengonsumsi multivitamin. Dalam hal ini direkomendasikan untuk minum Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

Untuk memperoleh multivitamin untuk kaum produktif ini, segera peroleh di sini, ya.

 

Jadi, itulah sejumlah kisah inspiratif dari pengusaha sukses yang dapat kamu petik. Jika kamu tengah merintis bisnis, jangan menyerah, terus hadapi semua tantangan hingga kamu bisa mencapai kesuksesan!

 

 

Featured Image – mitra.bukalapak.com

Source – lifepal.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!