Vitamin B9 – atau asam folat memiliki ragam manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi usia emas. Dilansir dari Institute of Medicine di Amerika Serikat, orang dewasa perlu mengonsumsi 400 mg asam folat setiap harinya.

Nutrisi yang satu ini memang sangat penting untuk kesehatan tubuh, karena dapat membantu membuat dan memperbaiki DNA serta menghasilkan sel darah merah. Jika tubuh kekurangan asupan ini, apa yang bisa terjadi?

Jika tubuh kekurangan asam folat, ada berbagai gejala yang dapat dialami, apalagi pada usia emas – atau 50 tahun ke atas. Ini juga termasuk anemia, karena organ dalam tidak mendapat cukup oksigen untuk berfungsi dengan baik.

Berikut ini 7 tandanya yang harus diperhatikan!

 

 

1. Masalah Kognitif

Credit Image - halodoc.com

Tanda tubuh kekurangan asam folat yang pertama adalah mengalami masalah kognitif. Asam folat sangat penting untuk sistem saraf pusat. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, kamu mungkin berjuang melawan depresi, sulit berkonsentrasi, dan merasa pelupa dan mudah tersinggung.

Jika tidak ditangani dengan benar, asupan folat yang tidak mencukupi juga dapat meningkatkan risiko munculnya gangguan serius seperti demensia atau penyakit Alzheimer.

 

2. Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh

Tanda tubuh kekurangan asam folat yang berikutnya adalah adanya rasa nyeri. Dalam kasus anemia parah yang disebabkan oleh kekurangan folat, otak mendapat lebih sedikit oksigen dari yang seharusnya.

Sebagai tanggapan, arteri otak mulai membengkak dan kamu bisa mengalami sakit kepala. Namun, otakmu bukan satu-satunya organ yang kekurangan oksigen, jadi kamupun juga bisa merasakan sakit di bagian lain dari tubuh yang kekurangan zat besi, terutama di bagian dada dan kaki.

 

3. Kulit Menjadi Pucat

Credit Image - hellosehat.com

Hemoglobin, protein yang terkandung dalam sel darah merah, bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuhmu.

Ketika tubuhmu kekurangan folat, kamu tidak memiliki cukup sel darah merah – dan hemoglobin untuk menyediakan organ-organ internalmu dengan jumlah oksigen yang diperlukan. Ini dapat menyebabkan otot terasa lemah, kelelahan, mati rasa di tangan dan kaki, dan kulit pucat.

 

4. Napas Menjadi Pendek

Tanda tubuh kekurangan asam folat berikutnya adalah dapat membuat napas menjadi pendek. Jika kamu menyadari diri kehabisan napas saat melakukan hal-hal yang biasanya kamu tangani tanpa masalah, ini berarti kadar oksigen rendah karena tubuh kekurangan sel darah merah. 

Bersamaan dengan gejala ini, kamu mungkin juga mengalami  peningkatan detak jantung dan perasaan pusing, atau bahkan pingsan.

 

5. Masalah Pencernaan

Credit Image - health.kompas.com

Gejala seperti gastrointestinal seperti mual, muntah, sakit perut, dan diare setelah makan mungkin menjadi tanda-tanda pertama bahwa tubuhmu kekurangan asam folat. Selain itu, dalam kasus yang parah, kamu mungkin juga menderita anoreksia yang biasanya menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.

 

6. Sariawan dan Lidah Membengkak

Gejala-gejala ini biasanya terjadi ketika kurangnya folat dalam tubuhmu cukup parah, sehingga kamu tidak boleh mengabaikannya.

Lidahmu mungkin terlihat bengkak, merah, atau berkilau, biasanya di sekitar ujung-ujungnya. Karena penurunan sel darah merah, kamu mungkin juga merasakan sakit ketika menelan, lidah terasas sakit dan stomatitis.

 

7. Indra Perasa Berkurang

Credit Image - alinea.id

Menurut beberapa penelitian, selain luka mulut, kekurangan asam folat bisa menyebabkan kesulitan mencicipi rasa dalam makanan. Ini terjadi karena reseptor rasamu, yang disebut papillae, tidak dapat mengirim pesan ke otakmu melalui sistem saraf karena masalah lidah yang ada.

 

8. Cara Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Untuk mencukupi kebutuhan asam folat, terutama untuk usia emas, dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Salah satunya jamur enoki yang dikenal sebagai salah satu sumber tinggi kandungan vitamin B9.

Selain itu, berikut beberapa pilihan makanan kaya asam folat lainnya yang baik untuk dikonsumsi:

  • Sayur-sayuran berwarna hijau, seperti bayam, kacang panjang, brokoli, kembang kol, dan selada
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong
  • Buah-buahan, misalnya melon, pisang, alpukuat, dan lemon
  • Makanan yang diperkaya folat lainnya, seperti roti, sereal, dan jus
  • Hati sapi dan ayam
  • Ikan dan telur

Tidak hanya dari sejumlah makanan di atas saja, namun asupan asam folat juga dapat kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin B9. Nah, usia emas direkomendasikan minum Enervon Gold secara rutin, ya.

Berikut ini sejumlah kandungan vitamin dan mineral dalam Enervon Gold:

  • Vitamin C – nutrisi ini sudah dikenal sebagai salah satu agent untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rutin mengonsumsi vitamin C, maka imunitas makin kuat, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  • Vitamin B kompleks – membantu proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang berperan penting untuk pembentukan energi, sehingga tetap aktif.
  • Omega 3 – kandungan yang satu ini dikenal untuk menjaga kesehatan otak, mempertahankan fungsi kognitif, dan mengurangi risiko kehilangan memori atau kepikunan.
  • Asam folat – membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Lutein – berperan penting untuk mendukung kesehatan mata.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, deretan kandungan vitamin di dalam Enervon Gold memang memiliki segudang manfaat baik, kan? Namun, agar manfaatnya semakin terasa, pastikan kamu mengonsumsinya secara rutin.

Tak perlu khawatir, lho. Enervon Gold merupakan all-in-one multivitamin yang aman dikonsumsi setiap harinya. Dan, Enervon Gold dikemas dalam bentuk kapsul yang mudah ditelan serta tentunya telah mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI.

Nah, Enervoners, kamu sudah bisa memperoleh produk Enervon Gold di official store-nya di Tokopedia. Yuk, segera peroleh multivitamin andalan yang satu ini!

 

Kebutuhan asam folat perlu dipenuhi setiap harinya, terlebih bagi usia emas. Jika tidak, maka tubuh pun akan merasakan gejala di atas. Jadi, jangan disepelekan, ya!

 

 

Featured Image – yesdok.com

Source – idntimes.com