Ini Pentingnya Self Love dan Tips Menerapkannya

Ini Pentingnya Self Love dan Tips Menerapkannya

Sudah belakangan waktu terakhir, istilah self love seringkali disebut di media sosial. Hal ini menjadi populer sejak kesadaran akan pentingnya kesehatan mental menjadi topik yang kerap diperbincangkan oleh masyarakat.

Self love adalah mencintai diri sendiri, tapi bukan berarti memenuhi segala keinginanmu – atau bahkan sampai memaksakannya, ya! Justru, hal ini mengharuskanmu untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik, dengan apa adanya.

Mencintai diri sendiri juga bisa mendatangkan berbagai manfaat, tidak hanya mental saja, namun fisik pun juga. Yuk, simak cara menerapkan self love yang akan dibahas di bawah ini!

 

 

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ini Pentingnya Self Love dan Tips Menerapkannya

Credit Image - youngontop.com

Self love adalah sebuah fondasi yang memungkinkanmu bertindak tegas, menjalin hubungan sehat dengan orang lain, mengejar minat dan mimpi, serta merasa bangga dengan dirimu sendiri. Untuk itu, mengelola rasa cinta pada diri sendiri merupakan hal baik, lho.

Hal ini akan memberimu manfaat baik, termasuk untuk kesehatan mental dan fisik. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mendapat kepuasan hidup

Saat benar-benar menerapkan self-love, kamu akan menerima diri sendiri apa adanya. Hal ini termasuk menerima semua kondisi dalam hidup, baik suka maupun duka, dan bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan. Semuanya tentu memengaruhi kepuasan dalam hidup, karena kamu punya kontrol atas diri sendiri.

 

2. Membiasakan untuk hidup sehat

Ketika mencintai diri sendiri, sudah pasti kamu ingin memberikan yang terbaik untukmu, kan? Ini termasuk dalam menjaga kesehatan tubuh, lho. Dengan begitu, kamu pun akan termotivasi untuk hidup lebih sehat, misalnya dengan lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

 

3. Meningkatkan self-esteem

Self-esteem memainkan peranan yang sangat penting dalam kesehatan mental. Ini merupakan cara seseorang memandang dan menerima dirinya sendiri, serta merasa percaya diri. Jika self-love dikelola dengan baik, self-esteem pun akan meningkat.

Tak hanya itu, dengan mencintai diri sendiri, kamu juga akan lebih mudah mengatasi stres dan tegar dalam menghadapi permasalahan hidup.

 

4. Mengurangi risiko terkena gangguan mental

Kesulitan untuk menerima diri apa adanya dan tidak nyaman menjadi diri sendiri merupakan beberapa hal yang dapat membuatmu stres. Jika dibiarkan, hal ini bisa mengganggu kondisi psikologis.

Beberapa riset pun menunjukkan bahwa orang yang memiliki self-esteem dan self-love yang rendah rentan terkena berbagai gangguan mental, seperti depresi, gangguan cemas, dan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Oleh karena itu, agar kondisi mental etap sehat, penting untuk bisa menerima dan mencintai dirimu apa adanya.

 

Bagaimana Cara Menerapkannya?

Ini Pentingnya Self Love dan Tips Menerapkannya

Credit Image - kompas.com

Nah, dari ulasan sebelumnya, disebutkan bahwa self love adalah suatu sikap yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan fisik dan mental, kan? Untuk menerapkannya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Kenali diri sendiri

Self-love hanya akan menjadi sebuah ungkapan jika kamu tidak bisa mengenali diri sendiri. Oleh karena itu, mulailah dari mengenali diri sendiri. Temukan jawaban atas pertanyaan tentang dirimu seperti impian yang ingin dicapai, ketakutan terbesar, hingga kekuatan yang dimiliki.

 

2. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tanpa disadari, kamu mungkin sudah lama hidup dengan sifat kompetitif, terutama dalam bersosialisasi. Hal ini membuatmu sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal, tidak ada manusia yang sempurna.

Oleh karena itu, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Fokuslah pada apa yang menjadi tujuan dan mimpi di dalam hidup. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih bebas dan termotivasi untuk menjalani hari tanpa beban.

 

3. Tak perlu khawatir soal pendapat orang lain

Ingatlah, di dalam hidup kamu tidak bisa membahagiakan semua orang. Oleh karena itu, jangan khawatir tentang pendapat atau penilaian orang lain tentang dirimu. Terlalu banyak mendengarkan orang lain mungkin justru bisa membuat kamu stres dan tidak bahagia.

 

4. Tidak ada manusia yang sempurna

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa rendah diri dalam hal apa pun. Pikirkan hal-hal positif yang kamu miliki dalam hidup dan nikmatilah momen-momen indah itu.

Selain itu, tidak masalah jika kamu melakukan kesalahan. Ingatlah, tidak ada orang yang sempurna. Dari kesalahan, kamu bisa belajar untuk tumbuh dan menjadi pribadi yang lebih bijaksana.

 

5. Bergaul dengan orang-orang yang memberi pengaruh baik

Kamu akan sulit untuk mencintai diri sendiri apabila sering berada di lingkungan sosial yang toksikOleh karena itu, carilah lingkungan sosial dan pergaulan yang positif, membangun, dan dapat menerimamu apa adanya. Hindari hubungan yang toksik demi kebaikan diri sendiri.

Selain itu, menerapkan self-love juga bisa dilakukan dengan menerima segala rasa sakit dan bahagia yang kamu rasakan. Beragam emosi, seperti takut, senang, dan bahagia, akan membantumu mengenali diri sendiri. Hal ini tentunya penting dalam mengelola self-love yang baik.

 

Gaya Hidup Sehat Juga Termasuk Bentuk Rasa Cinta Pada Diri Sendiri

Ini Pentingnya Self Love dan Tips Menerapkannya

Credit Image - health.detik.com

Seperti yang sudah disebutkan, menerapkan gaya hidup sehat juga termasuk dalam penerapan self love. Ingat, mencintai dirimu sendiri bukan hanya perkara menerima apa adanya, tetapi juga berusaha untuk memberikan yang terbaik. Dalam hal ini, kesehatan tubuh sangatlah penting dihargai.

Berikan hadiah terbaik untuk tubuhmu dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum lebih banyak air putih, dan beristirahat yang cukup. Selain itu, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian juga tak boleh dilewatkan, ya.

Vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Nah, kamu direkomendasikan memilih multivitamin Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C 1000 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Untukmu kaum aktif dan produktif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin dari Enervon dengan mengunjungi official store-nya, ya!

 

Self love adalah hal yang penting diterapkan agar kamu bisa menerima diri sendiri secara utuh. Meski demikian, bukan berarti kamu boleh bebas melakukan apapun tanpa memedulikan sekitar, lho. Tetaplah berbuat baik, peduli, dan berempati kepada orang lainnya.

 

 

Featured Image – generali.co.id

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!