Moms dan dads, mengajari Si Kecil agar fasih berbicara dua bahasa mungkin menjadi tantangan tersendiri, ya? Salah satunya bahas Inggris yang merupakan bahasa universal – dan hampir digunakan di seluruh dunia, baik dalam percakapan pribadi maupun profesional.

Mengingat perkembangan zaman yang semakin maju, untuk itu, moms dan dads perlu bergegas dalam mengajari bahasa Inggris anak, lho. Kamu pun bisa mulai melatihnya di rumah, lho.

Untukmu yang masih bertanya-tanya, bagaimana cara meningkatkan keterampilan bahasa Inggris anak di rumah. Berikut ini deretan tips efektif yang dapat mulai moms dan dads terapkan. Penasaran? Langsung simak informasinya, yuk!

 

 

1. Melakukan Percakapan Bahasa Inggris Sedikit Demi Sedikit

Credit Image - grid.id

Anak kecil tidak akan dapat segera mulai membuat kalimat atau menyusun percakapan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, ia perlu belajar mengomunikasikan apa yang sudah bisa diucapkan dalam bahasa Inggris.

Bicaralah dengan anak tentang kegiatan sehari-hari dan hal-hal yang biasanya moms dan dads tanyakan, namun dalam bahasa Inggris. Mulai dari menanyakan bagaimana harinya dengan mengatakan, “How was your day?”.

Atau jika anak menginginkan susu, daripada mengatakan "aku ingin susu” dalam bahasa Indonesia, dorong anak untuk membuat permintaan yang tepat seperti "I want milk from fridge, please." (tolong, aku ingin susu dari kulkas)

 

2. Bermain Sambil Belajar – Metode yang Tak Kalah Menyenangkan

Dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris anak, tentu orangtua perlu pintar-pintar dalam mencari cara, sehingga Si Kecil mudah mengerti dan tidak gampang bosan.

Ingat, membaca buku atau berbicara dalam bahasa Inggris bukanlah satu-satunya cara untuk mempelajari bahasa tersebut. Melakukan permainan dan aktivitas yang menggunakan pemahaman arti bahasa membantu anak untuk lebih memahaminya.

Permainan seperti tebak gambar dalam bahasa Inggris membantu anak mengekspresikan idenya dalam gambar, sambil mencoba cara terbaik menerjemahkan gambar ke dalam kata bahasa Inggris. Untuk anak yang lebih besar, moms dan dads bisa mengajaknya bermain scrabble untuk mengasah kemampuan kosa kata dalam bahasa Inggris.

Kata-kata yang berfokus pada ekspresi, gerakan tangan, dan bahasa tubuh, juga membuat anak lebih baik dalam menyampaikan apa yang ingin dikatakan melalui isyarat non-verbal.

 

3. Mengajari Bahasa Inggris Lewat Musikal

Credit Image - rumahprivat.com

Hingga kini, sebagian besar orangtua masih banyak yang menggunakan metode buku teks untuk mengajari bahasa asing pada anak. Namun, hal ini tentu bisa membuat Si Kecil lebih cepat bosan, lho. Sebagai gantinya, kamu dapat mulai menggunakan lagu, puisi, atau bahkan musik sungguhan yang memiliki lirik bahasa Inggris di dalamnya.

Cara mengasah keterampilan bahasa Inggris anak satu ini dapat berupa sajak sederhana maupun lagu-lagu populer. Dengan mendengarkan kata-kata dan ritme percakapan, anak dapat lebih mengenal bagaimana bahasa itu terdengar dan artinya, serta mulai memahaminya dengan cara yang lebih halus ini.

 

4. Sampaikan Pelajaran Melalui Cerita

Si Kecil memiliki imajinasi yang sangat jelas dan visual, sehingga moms dan dads dapat menggunakannya ketika mengasah keterampilan bahasa Inggris anak. Cara yang satu ini pun tak kalah menyenangkan, lho!

Gunakan buku cerita bergambar untuk membantu mereka memahami bagaimana kata-kata yang membantu memvisualisasikan lingkungan, karakter, dan latar. Menggunakan visual dan suara yang berbeda dapat membantunya mengekspresikan pikirannya dengan lebih baik

 

5. Tata Bahasa dapat Dipermudah dengan Pengulangan

Credit Image - paradiso.co.id

Mengajar tata bahasa untuk anak-anak bisa menjadi tugas yang cukup sulit. Pengajaran tata bahasa Inggris kepada anak-anak biasanya dilakukan setelah anak memasuki kelas tertentu di sekolah. Jumlah aturan dan struktur kalimat bahasa Inggris juga bisa membingungkan.

Cara terbaik untuk memperkenalkan anak pada dunia tata bahasa adalah dengan tetap menggunakan tata bahasa yang benar dalam percakapan umum.

Misalnya, saat anak moms dan dads memakai tata bahasa yang salah, biarkan ia mendengar dan mengetahui arti kalimat dengan tata bahasa yang benar, kemudian biarkan anak memahami mana yang terdengar lebih baik dan tepat untuk diucapkan.

Dengan pengulangan yang cukup dalam penggunaan sehari-hari, anak dapat mulai memahami cara yang tepat untuk menyusun kalimat.

 

6. Rutin Mengajak Anak Menonton Film Berbahasa Inggris

Belajar harus selalu menghibur, karena anak mungkin akan cepat bosan dan menemukan hal lain untuk menarik perhatiannya.

Tunjukkan kepada anak tentang film berbahasa Inggris yang sesuai usianya, dan biarkan ia mengikuti dialog dan alur cerita. Setelah itu, kamu bisa meminta anak untuk memerankan karakter tertentu atau menceritakan kisah film dari yang ia saksikan sendiri dalam bahasa Inggris.

Seperti yang moms dan dads tahu, mengajar apapun pada usia dini memiliki kelebihan tersendiri, dan bahasa Inggris dapat lebih mudah dipelajari jika diajarkan dengan cara yang tepat. Menjaga agar hal-hal bervariasi dan menarik adalah salah satu cara untuk melakukannya.

 

7. Ukur Kemajuan Anak Secara Berkala

Credit Image - antaranews.com

Untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa Inggris anak, pastikan moms dan dads mengukur kemajuannya secara berkala. Hal ini juga bertujuan mengetahui di mana tingkat pengetahuan Si Kecil – dan apakah kamu dapat mengambil tingkat pembelajaran yang lebih tinggi.

Pilih hari dan waktu, dan minta anak mama untuk mengarang cerita atau puisinya sendiri, atau membicarakan sesuatu yang menarik yang terjadi dalam seminggu.

Bantu anak untuk menuliskannya, meskipun nantinya mungkin terdapat beberapa kesalahan tata bahasa dan ejaan. Biarkan ia mengungkapkannya dalam beberapa langkah dan kemudian perbaiki secara bertahap.

 

8. Penuhi Kebutuhan Vitamin untuk Maksimalkan Proses Belajar Si Kecil

Dalam proses belajar berbagai macam bahasa, agar kegiatan tersebut semakin maksimal, pastikan moms dan dads sudah memberikan asupan vitamin yang lengkap – karena nutrisi ini dapat membantu dalam perkembangan otak dan kecerdasan Si Kecil, lho.

Selain dengan memberi asupan makanan bernutrisi tinggi, moms dan dads dapat berikan asupan multivitamin dari Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon-C Plus Sirup, moms dan dads bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Bagi moms dan dads yang ingin mengasah keterampilan bahasa Inggris anak, yuk, coba terapkan trik di atas. Meski terlihat sederhana, namun hasilnya efektif, lho.

 

 

Featured Image – gramedia.com

Source – popmama.com