Bonus Vs Insentif Kerja, Ini Perbedaan yang Perlu Diketahui!

Bonus Vs Insentif Kerja, Ini Perbedaan yang Perlu Diketahui!

font size A Ǎ

Bukan hanya menyangkut kewajiban karyawan saja, dalam urusan pekerjaan, tentu kamu mesti mendapatkan hak-hak, termasuk mendapat insentif dan bonus. Kedua hal ini memang sering digunakan perusahaan untuk meningkatkan kinerja, loyalitas, dan motivasi karyawan, lho.

Baik insentif maupun bonus adalah bentuk kompensasi dari perusahaan – yang bisa berupa finansial, penghargaan, maupun yang lainnya.

Meski demikian, tahukah kamu bahwa insentif dan bonus ternyata kedua hal yang berbeda? Sekilas memang mirip, namun ada beberapa perbedaan yang wajib kamu ketahui, lho. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa itu Bonus?

Bonus Vs Insentif Kerja, Ini Perbedaan yang Perlu Diketahui!

Credit Image - qmfinancial.com

Pertama-tama, kita bahas soal bonus dari perusahaan dahulu, ya!

Bonus adalah kompensasi di luar upah yang diberikan kepada karyawan dari keuntungan yang diperoleh perusahaan atau karena adanya peningkatan produktivitas. Sebenarnya, hal ini tidak diwajibkan, namun ketentuan skema pemberian bisa diatur dalam kesepakatan perusahaan.

Bonus bisa saja dibagi dengan jumlah yang sama pada semua karyawan, atau diberikan pada karyawan dengan melihat peran, level jabatan, penilaian kerja, performa perusahaan dan berbagai hal lainnya. Dan biasanya digunakan perusahaan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada karyawan.

Secara umum, ada beberapa tipe bonus yang diberikan perusahaan pada karyawan, seperti: 

  • Bonus tahunan. Didasarkan pada kinerja perusahaan secara keseluruhan. Ini berarti nominal bonus akan sangat bergantung pada seberapa sukses perusahaan atau departmenmu di tahun itu. 
  • Spot bonus. Biasanya hanya diberikan kepada orang yang dinilai memiliki kontribusi atau performa lebih di luar lingkup perannya. Misalnya membantu proyek khusus atau memainkan peran penting dalam kesuksesan perusahaan dengan cara tidak terduga. 
  • Signing bonus. Yang diberikan saat karyawan masuk ke peran yang baru. Misalnya ketika karyawan pindah ke kota baru demi pekerjaan itu, atau ketika perusahaan menawarkan karyawan untuk meninggalkan tawaran yang lebih baik.
  • Bonus retensi. Mirip dengan signing bonus, kompensasi yang satu ini diberikan untuk mempertahankan karyawan terutama yang dianggap berharga bagi perusahaan. Ini diberikan ketika perusahaan perlu meyakinkan karyawan agar tidak meninggalkan perusahaan selama waktu tertentu, umumnya ketika perusahaan sedang melakukan akuisisi, merger atau restrukturisasi besar-besaran. 
  • Bonus referral. Diberikan pada karyawan yang memberikan rujukan kandidat terbaik bagi perusahaan. 

 

Bagaimana dengan Insentif Karyawan?

Kalau kamu sudah memahami bonus, kini saatnya masuk ke pembahasan soal insentif karyawan, ya.

Insentif adalah jenis kompensasi yang diberikan perusahaan pada karyawan yang dianggap telah mencapai atau melebihi tujuan yang telah ditentukan. 

Biasanya perusahaan sudah menetapkan rencana pemberian insentif dan mengkomunikasikan ketentuan pemberiannya dalam perjanjian bersama karyawan sejak awal. Sebab dengan memberitahukan insentif sejak awal dianggap dapat mendorong karyawan untuk bekerja lebih keras mencapai tujuan atau target. 

Insentif karyawan tidak selalu diberikan dalam bentuk uang tunai. Umumnya ada jenis-jenis insentif yang ditawarkan perusahaan pada karyawan, seperti:

  • Monetary incentives atau insentif finansial. Ini adalah bentuk penghargaan perusahaan atas kinerja dan produktivitas karyawan yang diberikan melalui uang seperti dalam bentuk upah, bonus, tunjangan, uang saku, pembagian saham perusahaan, rencana profit sharing, penggantian biaya medis, dan lain-lain. 
  • Non monetary incentives atau insentif non finansial. Ini mencakup bentuk imbalan di luar finansial, seperti  pemberian pujian dan penghargaan, pemberian pelatihan, kesempatan untuk kerja secara remote dan mandiri, promosi kerja, tambahan cuti, dan lain-lain. 

 

Bonus Vs Insentif, Ini Perbedaannya!

Bonus Vs Insentif Kerja, Ini Perbedaan yang Perlu Diketahui!

Credit Image - sleekr.co

Baik insentif maupun bonus adalah kedua jenis kompensasi yang seringkali diberikan oleh perusahaan pada karyawannya. Tidak hanya sebagai bentuk terima kasih saja, namun hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat kerja.

Nah, dari penjelasan di atas, kamu dapat memahami bahwa salah satu perbedaan insentif dan bonus terletak pada ketentuan pemberiannya. Pemberian insentif lebih spesifik, terencana, dan fokus pada kinerja karyawan. Sementara bonus, bisa jadi tidak terikat pada suatu rencana dan tidak selalu berkaitan dengan kinerja karyawan. 

Perbedaan insentif dan bonus juga ada dalam faktor kejutan. Insentif tidak memiliki faktor kejutan karena dari awal rencana dan ketentuan pemberiannya sudah dijamin dan dikomunikasikan kepada karyawan sebelumnya.

Sementara bonus bisa jadi diberikan secara acak, dalam artian tanpa prediksi dan perencanaan karena bergantung pada keuntungan yang diperoleh perusahaan. 

 

Boost Produktivitas Kerja dengan Trik Ini

Mendapatkan bonus dan insentif dari perusahaan memang bisa memacu semangat dan motivasi kerja, kan? Namun, agar produktivitas tak terhenti dari sekedar mendapat kompensasi, pastikan pula kamu sudah selalu boost energi tubuh.

Dengan memiliki energi tubuh yang mumpuni, maka kamu pun bisa lebih fokus dalam melakukan aktivitas harian.

Boost energi tubuhmu dengan mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Yuk, tetap aktif bersama Enervon Active!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, segera klik di sini, ya.

 

Insentif dan bonus adalah kompensasi yang biasanya sering diberikan oleh perusahaan untuk karyawan. Nah, jika kamu ingin mendapat keduanya, yuk, berikan performa terbaik dalam pekerjaanmu!

 

 

Featured Image – talenta.co

Source – ekrut.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!