Deretan Manfaat Family Time dan Tips Melakukannya

Deretan Manfaat Family Time dan Tips Melakukannya

Tak ada yang lebih menyenangkan dari menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Begitu pula ketika moms dan dads memiliki waktu bersama anak, tentu ini bisa dijadikan momen tak terlupakan, ya? Mengingat mungkin sebagian orangtua sibuk untuk bekerja.

Sayangnya, menyisihkan waktu untuk family time ternyata tidak semudah itu, lho. Padahal, menyempatkan diri berkumpul bersama keluarga dapat memberi manfaat baik, terutama untuk anak-anak – baik dari sisi psikologis, kepribadian, maupun kemampuan intelektual.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari berkumpul bersama keluarga? Berikut ini ulasannya.

 

 

Apa Saja Manfaat Berkumpul Bersama Keluarga?

Deretan Manfaat Family Time dan Tips Melakukannya

Credit Image - parentalk.id

Family time berarti waktu bersama keluarga yang dapat membantu moms dan dads lebih terikat dan memahami satu sama lain. Berikut ini berbagai manfaatnya bagi orangtua maupun Si Kecil.

1. Mempererat ikatan keluarga

Melakukan kegiatan bersama keluarga dapat bermanfaat dalam membantu mempererat ikatan antar anggota keluarga. Anak akan merasa dimiliki dan dicintai oleh orangtua, begitupun sebaliknya.

Hal ini tentu bisa menjalin keharmonisan antara hubungan orangtua dan anak, ya? Selain menciptakan keluarga harmonis, menghabiskan waktu bersama keluarga juga membantu mengurangi stres karena membuatmu merasa bahagia.

 

2. Mengajari nilai-nilai baik pada anak

Family time artinya waktu untuk mengajarkan nilai-nilai yang baik pada anak. Misalnya, membacakan dongeng dan membicarakan pesan moral di dalamnya. Namun, bantulah anak memahami nilai baik yang bisa ditiru. Manfaat membaca bersama keluarga dapat membuat seluruh anggota keluarga merasa dekat satu sama lain, dan menyenangkan untuk anak.

 

3. Lebih mengerti satu sama lain

Menghabiskan waktu bersama dapat membantu setiap anggota keluarga untuk mengerti satu sama lain. Kamu menjadi bisa memahami apa yang disukai ataupun yang tidak disukai oleh orangtua, pasangan, anak, ataupun anggota keluarga lainnya.

 

4. Menjadi tempat untuk meluapkan perasaan

Family time bisa menjadi tempat bagi anak untuk mengutarakan perasaan, menyampaikan keluh kesah, atau bertanya mengenai hal yang tidak dipahaminya, lho. Perhatian positif yang diberikan orangtua dapat membantu anak menjadi lebih siap dalam menghadapi masalah dan membuat pilihan yang baik untuk dirinya.

 

5. Menurunkan risiko masalah perilaku pada anak

Anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga menunjukkan risiko yang lebih kecil terhadap masalah perilaku, seperti kekerasan dan penyalahgunaan zat. Ketika anak menerima perhatian positif, hal tersebut bisa membuatnya menunjukkan perilaku positif.

 

Tips Melakukan Family Time

Deretan Manfaat Family Time dan Tips Melakukannya

Credit Image - rm.id

Kini, moms dan dads sudah tahu, kan, manfaat dari menghabiskan waktu bareng keluarga? Nah, agar kegiatan ini bisa dilakukan secara maksimal, berikut ini tips yang harus diperhatikan!

1. Sepakati waktu bersama

Melakukan waktu bersama keluarga mustahil terjadi apabila hanya satu orang yang mengupayakannya. Seluruh anggota keluarga harus sama-sama mau melakukannya. Cara termudah pertama adalah dengan membuat jadwal dan menyepakati waktu bersama untuk family time.

Contohnya setiap waktu sarapan, makan malam, atau jelang tidur. Penentuan jadwal ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Pastikan untuk meluangkan waktu. Jika sudah disepakati, pastikan dilaksanakan secara konsisten.

 

2. Hindari ada distraksi

Sama-sama berada di rumah tidak menjamin selalu bisa menghabiskan waktu bersama, lho. Apalagi, jika tiap anggota keluarga sibuk dengan urusannya masing-masing. Untuk itu, pastikan tidak ada distraksi setiap kali sedang berkumpul, ya.

Entah itu distraksi berupa notifikasi dari ponsel, email, telepon masuk, dan banyak hal lainnya. Dengan demikian, kegiatan berkumpul bisa berlangsung dengan efektif dan berkualitas.

 

3. Saling mendengarkan cerita

Saat sedang family time, tak perlu sibuk mencari kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Dengarkan saja cerita satu sama lain dan saling menanyakan perasaan hari itu. Pastikan kamu juga bersikap terbuka agar anak tak sungkan untuk bercerita. Tak lupa, berikan validasi terhadap emosi yang dirasakan anak baik itu perasaan negatif maupun positif. 

 

4. Bermain bersama

Meski terdengar sederhana, melakukan kegiatan bermain bersama buah hati terkadang cukup menantang. Ada saja hal yang membuat orangtua tidak fokus menemani anak bermain, entah itu karena pekerjaan kantor atau urusan domestik lainnya.

Jadi, latih perlahan mengalokasikan waktu bermain bersama. Untuk awalan, 5-10 menit saja sudah cukup. Baru perlahan, durasi ini ditambah secara bertahap. Membiarkan anak untuk bermain bersama akan membuatnya merasa bahagia.

 

5. Olahraga bareng keluarga

Kegiatan berkumpul bareng keluarga pun bisa diwujudkan dengan sesimple berolahraga bersama, lho. Bukan hanya menyenangkan, kegiatan ini juga menyehatkan bagi setiap anggota keluarga.  Olahraga yang bisa dicoba, misalnya senam, bersepeda, berenang, atau jogging. Anda juga dapat mengajari anak untuk berolahraga.

 

6. Membereskan rumah

Salah satu arti family time adalah kebersamaan. Walaupun membereskan rumah terdengar membosankan, jika dilakukan bersama-sama akan terasa menyenangkan. Misalnya, setiap anggota keluarga membersihkan dan menata ulang perabotan agar suasana rumah semakin nyaman.

 

7. Melakukan aktivitas berkebun

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan bersama keluarga, yaitu berkebun. Sepertinya kegiatan ini tidak kalah menarik dibanding lainnya, kan? Berkebun dapat dijadikan sebagai sarana aktivitas fisik, membuat suasana hati lebih baik, hingga menghilangkan stres dan jenuh akibat tuntutan pekerjaan.

 

8. Jangan sibuk sendiri!

Terkadang, godaan untuk mewujudkan family time terjadi ketika tiap anggota keluarga sibuk sendiri dengan urusan mereka. Misalnya, ada banyak tuntutan pekerjaan yang melelahkan dan ingin istirahat setelah selesai melakukannya. Hal ini terkadang membuat kegiatan berkumpul jadi kurang maksimal!

Kembali pada aturan pertama, konsisten dengan jadwal yang telah disepakati. Usahakan memprioritaskan waktu berkumpul bersama keluarga dibandingkan kegiatan lainnya.

 

Agar Family Time Makin Menyenangkan, Pastikan Energi Tubuh Sudah Terjaga!

Deretan Manfaat Family Time dan Tips Melakukannya

Credit Image - blog.eigeradventure.com

Jadi, apakah moms dan dads ingin mengajak anggota keluarga untuk berkumpul bersama, misalnya di akhir pekan nanti? Tapi, biar kegiatan ini makin maksimal, pastikan setiap anggota sudah menjaga energi tubuhnya dengan baik, ya!

Pastikan kamu, anak-anak, maupun anggota keluarga lainnya sudah mencukupi kebutuhan nutrisi harian, yang bisa diperoleh dari sumber makanan bergizi maupun mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap.

Ada pun multivitamin yang direkomendasikan, yaitu rangkaian produk dari Enervon.

Untuk moms dan dads, direkomendasikan minum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Multivitamin Enervon-C dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Dan untuk anak-anak, direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon memang punya segudang manfaat, termasuk menunjang aktivitas harian, kan? Kalau begitu, yuk, segera dapatkan multivitamin andalanmu ini dengan mengunjungi official store-nya. Tinggal klik di sini, ya.

 

Menyempatkan diri untuk melakukan family time memang penting guna memperkuat ikatan antar anggota keluarga. Hal ini pun dapat membentuk hubungan orangtua dan anak yang lebih harmonis, lho. Jadi, apakah kamu sudah rutin berkumpul bersama keluarga?

 

 

Featured Image – quorn.sg

Source – sehatq.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!