7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Merasa Gaji Tak Cukup

7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Merasa Gaji Tak Cukup

Pernah merasa gaji tidak cukup? Wah, sepertinya permasalahan ini sering terjadi di kalangan pekerja, baik yang muda maupun senior. Memang, idealnya upah bulanan atau gaji yang diperoleh harus mencukupi kebutuhan hidup hingga waktu gajian berikutnya.

Namun sayangnya, tetap saja banyak pekerja yang masih merasa kesulitan untuk mewujudkan hal tersebut. Alih-alih cukup, tak jarang banyak yang akhirnya menggunakan fitur paylater. Hayoo, apakah kamu juga termasuk?

Nah, jika merasa bahwa gaji kamu kurang melulu. Berikut ini ada 7 trik yang perlu dilakukan. Yuk, simak informasinya hingga selesai – dan jangan lupa untuk diterapkan, ya!

 

 

1. Belajar Menyusun Budget

7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Merasa Gaji Tak Cukup

Credit Image - clearpointstrategy.com

Menyusun budget merupakan proses perencanaan pemasukan dan pengeluaran dana dalam waktu tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ke mana uang akan dikeluarkan – dan mengalokasikannya sebaik mungkin.

Ada banyak cara efektif untuk menyusun keuangan. Salah satu cara yang sedang populer saat ini adalah metode 50-30-20. Dalam metode ini, kamu akan mengalokasikan gaji dengan cara:

  • 50% gaji untuk kebutuhan pokok
  • 30% gaji untuk dana keinginan pribadi
  • 20% gaji untuk menabung dan investasi 

Dengan cara ini, kamu akan dapat lebih efektif mengatur penghasilan bulanan sehingga tidak akan merasa gaji yang diberikan tidak cukup.

 

2. Yuk, Sisihkan Gaji di Awal Bulan!

Kesalahan terbesar yang biasanya dilakukan banyak orang adalah menghabiskan seluruh penghasilannya pada permulaan bulan. 

Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan menyisihkan langsung sebagian besar gaji pada saat gajian sebagai dana darurat atau tabungan. Setelah itu, tanamkanlah mindset bahwa dana tersebut hanya boleh digunakan untuk keperluan mendesak saja.

 

3. Kurangi Pengeluaranmu

7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Merasa Gaji Tak Cukup

Credit Image - trippers.id

Faktor besar yang dapat membuatmu merasa bahwa gaji yang dimiliki tidak cukup adalah karena pengeluaran yang berlebihan. Ketika membeli sesuatu, kamu harus mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu dibanding keinginan pribadi.

Nah, cara paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencatat pengeluaran dana secara harian atau mingguan. Setelah sampai pada akhir bulan, coba cek dan perhatikan pengeluaran apa saja yang mungkin bisa kamu kurangi untuk kedepannya.

 

4. Cari Pekerjaan Tambahan

Jika memang merasa gajimu saat ini tidak cukup, mungkin kamu perlu memikirkan kemungkinan untuk mencari pekerjaan tambahan. Tapi, sebelum itu, pastikan kamu mencari tahu berapakah standar gaji pada pekerjaanmu yang tengah dijalani, ya.

Lalu, bagaimana kalau ternyata belum memenuhi standar? Tenang, tak perlu langsung berkecil hati, ya. Setelahnya, tidak ada salahnya kamu untuk melamar pekerjaan yang memenuhi standar gaji di bidang pekerjaanmu.

 

5. Membuat Financial Plan

7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Merasa Gaji Tak Cukup

Credit Image - finansial.bisnis.com

Melansir Investopedia, financial plan adalah rancangan ekspektasi keuangan seseorang secara jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, perencanaan ini juga berisi strategi-strategi untuk dapat mencapai tujuan jangka pendek atau panjang tersebut.

Dengan financial planning ini, kamu dapat mengetahui apa saja hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Jadi, kamu pun akan lebih mudah dalam mengelola gaji dan mencapai tujuan finansial yang sudah dirancangkan.

 

6. Mencari Passive Income

Jika menurutmu gaji yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, sebaiknya kamu mulai mencari passive income

Melansir Forbes, passive income adalah penghasilan yang dapat diperoleh seseorang tanpa mengeluarkan tenaga yang banyak. Ada pun contoh pekerjaan yang dapat menghasilkan passive income adalah menjadi affiliate marketing, investasi, dan menjual stok foto.

 

7. Maksimalkan Aktivitas, Boost Energi Tubuhmu!

7 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Merasa Gaji Tak Cukup

Credit Image - bola.com

Untuk memaksimalkan kegiatan, termasuk dalam melakukan pekerjaan, pastikan kamu sudah menjaga energi tubuh dengan baik. Kalau sudah begini, produktivitas berjalan lancar – dan pendapatan pun terus mengalir, kan?

Boost selalu energi tubuhmu dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, istirahat yang cukup, sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dan memperoleh asupan vitamin serta mineral.

Berkaitan dengan asupan vitamin dan mineral, selain dari sumber makanan bernutrisi, kamu bisa memperolehnya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, jika kamu merasa gajimu masih kurang, tenang, berbagai trik di atas dapat membantu, lho. Tapi, sebelum itu terjadi, ada baiknya kamu mengantisipasi agar pendapatan tetap cukup!

 

 

Featured Image – lifepal.co.id

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!