Di dunia kerja, berbagai macam perilaku karyawan bisa ditemui. Ada yang memiliki perilaku positif, tetapi ada juga yang seringkali berperilaku negative. Terkadang, perilaku negative ini bisa menghambat pekerjaan orang lain.

Untuk mendapatkan lingkungan kerja yang selalu positif, kamu juga harus berkontribusi dengan mengubah dan tidak melakukan kebiasaan buruk di dunia kerja. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Datang telat ke kantor

Credit: liputan6.com

Keburukan di dunia kerja ini memang sering terjadi. Sebaiknya, hindari kebiasaan ini, karena dapat menghambat tugas rekan kerja lainnya. Dan jika kamu memang memiliki alasan telat yang jelas, lebih baik informasikan ke atasan atau rekan kerja agar mereka bisa melakukan tidakan antisipasi.

2. Pura- pura sakit

CreditL beritagar.id

Pura- pura sakit adalah cara yang sering dilakukan karyawan agar tidak masuk kantor. Padahal, aslinya hanya malas saja.

Sebagai karyawan, kamu bekerja dalam sebuah tim. Jadi kalau kamu tidak masuk kerja karena alasan ini, kasihan rekan tim yang harus menanggung beban kerjamu. Dan jika hal ini terus dilakukan, kamu bisa sulit untuk naik jabatan atau bahkan berpotensi untuk dipecat!

3. Mengganggu konsentrasi saat meeting

Credit: cermati.com

Dalam dunia kerja, meeting merupakan kegiatan penting terutama untuk mendiskusikan hal- hal yang ada dalam perusahaan. Jadi, bayangkan kalau ada yang mengganggu saat meeting, pasti peserta lain akan jengkel!

Tingkah buruk saat meeting seperti bermain ponsel, mengobrol sendiri, dan masih banyak lagi. Dan kalau tahap mengganggunya sudah kelewatan, bisa- bisa diusir dari ruangan!

4. Terlalu berisik saat bekerja

Credit: tribunnews.com

Tidak ada yang lebih mengganggu selain rekan kerja yang berisik. Misalnya, menyetel lagu terlalu keras saat jam sibuk, atau menelpon dengan suara yang terlalu kencang. Jika hal ini terjadi, banyak karyawan yang fokus kerja dan produktivitasnya terganggu.

Coba nikmati musikmu sendirian dengan menggunakan headphone. Dan kalau kamu ingin menelpon seseorang, coba pergi ke luar kantor atau ke ruangan yang sepi.

5. Berkelakuan jorok

Credit: bepluser.wordpress.com

Bertingkah jorok dan kotor di kantor merupakan salah satu hal yang menyebalkan dalam dunia kerja. penghuni kantor bukan hanya kamu saja, tapi ada orang lain yang tentu menginginkan kantor selalu dalam keadaan bersih. Perilaku yang masuk kategori ini adalah seperti membuang puntung rokok sembarang, meninggalkan piring kotor di sembarang tempat, atau menggunakan toilet dalam keadaan basah.

Meski ada office boy, kebersihan kantor merupakan tanggung jawab bersama. Karena kantor yang kotor bisa mengganggu produktivitas kegiatan bekerja para karyawannya.

 

Itu dia beberapa kebiasaan buruk di dunia kerja yang harus kamu hindari. Ingat, jangan bersikap egois di tempat kerja, karena segala sikapmu itu bisa berdampak pada kegiatan perusahaan.

 

Featured Image - worklogichr.com