6 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah, Dijamin Anti Boncos!

6 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah, Dijamin Anti Boncos!

Siapa sih yang tidak senang kalau melihat kata “Mega Sale”? Tapi, potong harga biasanya berlaku untuk produk fashion, makanan, elektronik, atau produk rumah tangga. Sementara untuk promo tiket pesawat tidak sesering itu, lho. Padahal, minat traveling lagi meningkat!

Untukmu yang tengah merencanakan liburan, tenang, kamu masih bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah. Kali ini Enervon bakal berbagi tips and triknya. Kamu pun tak perlu bangun tengah malam hanya karena untuk membeli tiket dengan harga miring.

Penasaran, gimana caranya? Simak informasinya sampai tuntas, ya!

 

 

1. Membeli Tiket Keberangkatan Low Season

6 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah, Dijamin Anti Boncos!

Credit Image - blog.tiket.com

Ada yang pernah mendengar istilah low season dan high/peak season?  Istilah ini berlaku untuk industri penerbangan. Harga tiket pesawat cenderung lebih tinggi saat high season.

Yang dimaksud dengan low season di dalam dunia penerbangan adalah periode yang tidak berkaitan atau tidak tumpang tindih dengan hari libur nasional misalnya seperti Lebaran, Natal dan tahun baru, liburan sekolah, atau event khusus.

High season adalah periode di mana orang-orang banyak bepergian karena hari raya, libur anak sekolah, atau ada festival khusus di sebuah kota atau negara. 

Harga tiket pesawat umumnya akan mengalami lonjakan kurang lebih 2 minggu sebelum hari raya atau saat musim panas di negara 4 musim – sekitar bulan Juni sampai Agustus.

Nah, bila memungkinkan hindari untuk membeli tiket di masa-masa tersebut. Namun, jika harus pergi di tanggal tersebut, kamu dapat menyiasati dengan membeli tiket berangkat sebelum high season dan menggunakan moda transportasi yang berbeda untuk rute pulang.

 

2. Fleksibel dengan Jadwal

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, mempunyai jadwal liburan yang fleksibel dapat membantumu dalam mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang ekonomis. Jadwal yang fleksibel dapat membantu kamu saat mencari tiket untuk destinasi favorit misalnya Bali dan Singapura.

Saat sedang mencari tiket pesawat melalui situs layanan tiket, biasanya di kolom bagian tanggal keberangkatan dan kepulangan ada pilihan seperti "flexible travel date" atau "+/- 3 days." Kamu dapat meng-klik kolom tersebut dan kemudian layar akan menampilkan tanggal-tanggal dengan harga tiket yang murah.

 

3. Kunjungi Travel Fair

6 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah, Dijamin Anti Boncos!

Credit Image - travel.kompas.com

Di kota-kota besar, kehadiran travel fair pasti sudah tak lagi asing. Nah, dari sini, kamu bisa mendapatkan penawaran harga tiket dan paket tur terbaik, lho. ada pun beberapa keuntungan yang bisa diperoleh saat melakukan transaksi di travel fair antara lain ekstra poin mileage dan cashback dari transaksi kartu kredit dari bank yang berpatisipasi di program tersebut.

Selain itu, travel fair juga cocok untuk kamu yang akan merencanakan perjalanan ke luar negeri dan tidak mau ribet. Sebabnya program ini diikuti oleh agen perjalanan terpercaya yang mana selain menjual tiket mereka juga menawarkan beragam pilihan paket tur, tiket masuk ke wahana wisata, dan layanan untuk mengurus visa.

Oh iya, travel fair juga dilangsungkan secara daring sehingga kamu dapat mengaksesnya dari mana saja, lho!

 

4. Jangan Terpaku Hanya pada Satu Penyedia Tiket!

Saat sedang mencari tiket atau merencanakan perjalanan sebaiknya jangan fokus kepada satu situs layanan online penyedia tiket saja. Sebaliknya periksa beberapa situs online dan juga hubungi agen perjalanan di kota masing-masing untuk mensurvei harga dan rute perjalanan.

Survei ini berguna untuk mendapatkan pilihan terbaik dari segi biaya dan kenyamanan. Contohnya situs online A mencantumkan harga tiket yang murah. Tetapi setelah dibandingkan dengan harga dari agen perjalanan ternyata harga dari agen jauh lebih efisien karena rute penerbangan lebih pendek (direct flight) dan tidak ada ekstra biaya untuk bagasi dan makanan.

Sebagai tambahan, kamu juga harus berhati-hati bila mendapatkan tawaran harga tiket yang terlalu murah. Terutama bila harga tersebut berada di luar kisaran harga tiket untuk rute yang akan kamu tuju. Gunakan layanan penyedia tiket yang terpercaya untuk menghindari penipuan.

 

5. Fleksibel dengan Pilihan Maskapai Penerbangan

6 Tips Membeli Tiket Pesawat Murah, Dijamin Anti Boncos!

Credit Image - satgurutravel.com

Selain fleksibel terhadap jadwal, kamu sebaiknya juga jangan terpaku kepada satu maskapai saja. Sebabnya setiap maskapai mempunyai harga yang berbeda-beda. Umumnya low-cost atau budget airlines menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan maskapai lain untuk rute yang sama.

Alternatif lain yang dapat kamu terapkan adalah memilih rute penerbangan yang ada transitnya. Ada perbedaan harga antara harga tiket pesawat direct flight dengan tiket dengan penerbangan transit. Harga tiket direct flight biasanya lebih mahal. Apabila kamu tidak masalah dengan transit di satu atau dua kota sebelum tiba di destinasi akhir, maka kamu dapat menggunakan cara ini.

 

6. Biar Hunting Tiket Murah Makin Seru, Jaga Fokusmu!

Kegiatan hunting tiket memang menyenangkan sekaligus melelahkan, ya? Nah biar gak ada drama karena salah pilih tiket – atau salah klik tanggal pergi atau pulang, pastikan kamu tetap fokus!

Biar fokus, kamu perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Cara ini juga membuat perut tetap kenyang, jadi kegiatan mencari tiket pesawat murah tak terhambat, ya.

Selain itu, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin B kompleks di dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi. Kalau sudah berenergi, maka fokus pun bakal lebih terjaga, kan?

Dan yang pasti kandungan vitamin C-nya berperan menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

 

Banyak jalan menuju roma, begitu juga untuk mendapatkan harga tiket murah. Tak perlu rungsing, kamu masih bisa membeli tiket pesawat dengan harga miring, kok. Selamat mencoba trik di atas, ya!

 

 

Featured Image – forbes.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!