5 Karakter Anak Perempuan Pertama, Katanya Paling Mandiri?

5 Karakter Anak Perempuan Pertama, Katanya Paling Mandiri?

Dalam urusan mendidik anak, bukan hanya tugas seorang Ibu saja, tapi Ayah juga perlu ikut mengambil peran. Ya, ini memang menjadi kewajiban dari kedua orangtua, kan? Dengan memberikan pendidikan karakter yang baik, maka anak pun dapat tumbuh menjadi sosok yang baik.

Tapi cara mendidik anak juga tak boleh sembarangan, lho, moms dan dads. Kamu perlu melihat karakter Si Kecil itu sendiri. Yang perlu diketahui, ternyata urutan lahir pun turut berkontribusi dalam perkembangan kepribadian anak.

Misalnya saja, anak sulung memiliki karakteristiknya tersendiri. Anak pertama hampir selalu dianggap lebih mandiri dan tangguh dari adik-adiknya. Bahkan, ada satu ungkapan yang menyebutkan bahwa anak perempuan pertama itu bahunya harus sekuat baja – dan hatinya mesti setegar karang.

Wah, sepertinya sifat tersebut sangat melekat pada anak perempuan pertama, ya? Selain itu, masih ada berbagai karakteristik yang juga melekat pada si sulung, nih.

Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Sudah Pasti Paling Mandiri dan Tangguh

5 Karakter Anak Perempuan Pertama, Katanya Paling Mandiri?

Credit Image - hipwee.com

Terlahir sebagai anak perempuan pertama telah membuat Si Sulung untuk belajar mandiri terutama setelah kelahiran adiknya. Meskipun orangtua tetap memberikan perhatian padanya, ia sadar bahwa adik-adiknya yang membutuhkan perhatian dan waktu lebih dari kedua orangtuanya.

Awalnya, mungkin anak merasa gembira atas kelahiran adiknya. Namun, terkadang ia mungkin akan merasa tidak adil, karena harus berbagi kasih sayang dengan saudara kandungnya.

Tapi tenang, ya, moms dan dads, karena seiring bertambahnya usia, anak Si Sulung akan tumbuh menjadi individu yang tangguh. Bahkan, ia sudah terbiasa belajar tanggung jawab dengan membantu ibunya mengurus pekerjaan rumah seperti memasak, menyapu, dan mencuci pakaiannya sendiri.

 

2. Si Paling Perhatian dan Peduli

Ketika orangtuanya sedang bekerja atau pergi keluar rumah sebentar, seringkali anak perempuan pertama diminta untuk mengasuh adik-adiknya. Hal inilah yang kemudian membuatnya memiliki kedekatan emosional dengan saudaranya sendiri. Apa saja yang dibutuhkan adiknya, Si Sulung berusaha untuk memberikan yang terbaik padanya.

Walaupun orang di sekitar kadang tidak menyadarinya, anak begitu tulus dan peduli pada mereka melalui tindakan-tindakan kecil seperti menemani adiknya bermain, membantunya mengerjakan tugas sekolah, sampai dengan membelikan jajanan favorit Si Adik.

 

3. Si Sulung juga Paling Peka Terhadap Perasaan Orang Lain, Lho

5 Karakter Anak Perempuan Pertama, Katanya Paling Mandiri?

Credit Image - haibunda.com

Ada kalanya ketika orangtua sedang bertengkar – atau Si Adik ada masalah dengan teman sebangkunya di sekolah, anak perempuan pertama bisa lebih peka terhadap apa yang sebenarnya tengah terjadi. Alhasil, tidak jarang ayah atau ibunya lebih terbuka tentang permasalahan keluarga atau hal lainnya kepadanya

Begitu pula dengan sang adik, ketika ia tidak berani mengungkapkan perasaannya pada orangtuanya maka adik pun akan berkeluh-kesah dan menceritakan apa saja pada kakak sulungnya. Oleh karenanya, Si Sulung perempuan juga diketahui sebagai sosok pendengar yang baik, lho.

 

4. Naluri Keibuannya Tak Perlu Diragukan

Fakta bahwa anak perempuan pertama itu memiliki naluri keibuan seolah tidak bisa dibantah lagi. Terbiasa menggantikan peran ibu membuatnya memahami kebutuhan setiap anggota keluarga di rumah. Lebih dari itu, Si Sulung kerap kali dibekali wejangan dari pada sesepuh keluarganya entah itu ibunya sendiri maupun neneknya.

Secara perlahan, ia pun akhirnya paham tentang tanggung jawab yang diembannya sebagai anak pertama sekaligus pengganti ibunya kelak. Akan tetapi, karena nalurinya tersebut, terkadang Si Sulung perempuan kadang cukup galak dan cerewet. Benar, gak, nih?

 

5. Ia Termasuk Pekerja Keras

5 Karakter Anak Perempuan Pertama, Katanya Paling Mandiri?

Credit Image - orami.co.id

Bisa dikatakan sebagai anak pertama perempuan, maka ia menjadi tumpuan harapan dari keluarganya. Orangtua akan menjadikannya sebagai teladan bagi adik-adiknya. Dalam banyak kasus, ekspektasi tinggi dari orangtua membuat Si Sulung tumbuh dengan etos kerja yang tinggi.

Ia akan mengusahakan banyak hal guna menjamin bahwa keluarganya dapat hidup dengan nyaman dan tentram. Nah, tapi ia cenderung punya sifat yang agak menyebalkan, semisal bossy dan over protective pada adik-adiknya.

 

6. Maksimalkan Pertumbuhan Si Sulung, Dukung dengan Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Moms dan dads setiap anak memiliki haknya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Tak hanya membentuk karakteristik agar ia memiliki kepribadian yang baik saja, namun kamu juga perlu mendukung pertumbuhannya melalui nutrisi lengkap, ya.

Selain dari asupan makanan bergizi seimbang, moms dan dads dianjurkan mencukupi kebutuhan nutrisi anak dengan memberinya multivitamin Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup merupakan multivitamin khusus anak yang memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta membantu memelihara daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon-C Plus Sirup kamu bisa segera kunjungi di official store di Tokopedia, ya, moms dan dads!

 

Jadi, itulah beberapa karakteristik anak perempuan pertama. Namun moms dan dads, pembahasan di atas hanya secara garis besar saja, lho. Tidak semua anak sulung perempuan memiliki karakter tersebut. Kembali lagi, semuanya bergantung pada pola asuh yang diterapkan orangtua.

 

 

Featured Image – popbela.com

Source – idntimes.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!