Si Kecil Jangan Sampai Skip Sarapan, Ini 6 Alasannya!

Si Kecil Jangan Sampai Skip Sarapan, Ini 6 Alasannya!

Bukan rahasia lagi kalau sarapan merupakan waktu makan esensial yang tak boleh dilewatkan. Selain moms dan dads – sebagai orang dewasa, makan pagi juga perlu diterapkan untuk Si Kecil. Tapi, apa sih perannya bagi anak?

Jangan salah, sarapan memiliki peranan penting dalam menentukan bagaimana anak menjalani aktivitas mereka di hari itu. Makan pagi mampu meningkatkan energi dalam tubuh Si Kecil, sehingga ia lebih kuat untuk menjalani kegiatan harian.

Mau tahu gimana kalau anak melewatkan jam makan ini? Ia berpotensi tidak bisa fokus ketika melakukan suatu hal, lho. Konsentrasi pun akan hilang, karena Si Kecil merasa lapar dan perut dalam keadaan kosong.

Dilansir dari Medicalnewstoday, melewatkan makan pagi bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi anak, baik fisik maupun mental. Berikut ini 6 alasan mengapa Si Kecil wajib sarapan. Simak informasinya, yuk, moms dan dads!

 

 

1. Sarapan Dapat Menambah Energi Anak

Si Kecil Jangan Sampai Skip Sarapan, Ini 6 Alasannya!

Credit Image - kumparan.com

Melewatkan sarapan untuk anak bisa membuat anak tidak bisa secara maksimal melakukan aktivitas seharian. Sarapan adalah kegiatan yang mampu mengisi kembali pasokan glukosa untuk meningkatkan tingkat energi dan kekuatan tubuh Si Kecil.

Sebelum memulai aktivitas, ada baiknya moms dan dads pastikan memberikan asupan sarapan penuh nutrisi bagi anak.

Selain itu, American Academy of Pediatrics (AAP) juga merekomendasikan agar anak-anak dan remaja mengonsumsi sarapan untuk bisa memperoleh bobot tubuh yang lebih sehat, nutrisi yang cukup, dan memori yang lebih baik.

 

2. Mencegah Gangguan Fisik dan Mental

Sarapan setiap pagi ternyata bisa mencegah gangguan fisik dan mental pada anak. Berdasarkan penelitian dari Spanyol, apabila anak melewatkan sarapan di rumah bersama keluarga, anak bisa mengalami gangguan kesehatan psikososial.

Kesehatan psikososial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesejahteraan emosional, sosial, dan fisik.

Kebiasaan sarapan, terutama sarapan bersama dengan keluarga di rumah mampu membantu mengontrol emosi anak. Lewat obrolan yang terjadi saat sarapan, anak akan merasa lebih tenang dan aman sehingga anak tidak terganggu kesehatan psikososialnya.

 

3. Membantu Menghindari Obesitas

Si Kecil Jangan Sampai Skip Sarapan, Ini 6 Alasannya!

Credit Image - klikdokter.com

Memilih sarapan dengan makanan yang kaya serat dan protein ternyata bisa mencegah obesitas atau kegemukan pada anak, lho, moms dan dads.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa secara teratur makan sarapan yang sehat dan sesuai porsi dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dan mempertahankan serta mengontrol penurunan berat badan anak. Untuk sarapan yang sehat  bisa memberikan anak sarapan berupa telur, ikan, dan sayur-sayuran.

 

4. Meningkatkan Keahlian Komunikasi Si Kecil

Keahlian komunikasi pada anak bisa terlatih lewat obrolan pagi hari ketika sedang sarapan bersama di rumah. Sebenarnya cara ini tak hanya bisa dilakukan saat sarapan saja, namun bisa pula dilakukan saat makan siang ataupun makan malam.

Penelitian baru di Amerika Serikat telah menemukan bahwa sarapan bersama secara teratur sebagai sebuah keluarga dapat membantu menaikkan citra tubuh yang positif bagi anak-anak dan remaja. Mengembangkan perilaku sehat pada anak-anak atau remaja seperti sarapan setiap hari dan makan bersama keluarga dapat memiliki efek jangka panjang hingga dewasa nanti.

 

5. Sarapan Mendongkrak Semangat Anak

Si Kecil Jangan Sampai Skip Sarapan, Ini 6 Alasannya!

Credit Image - alodokter.com

Dengan sarapan setiap pagi dan mengkonsumsi makanan yang bisa menambah energi, tentu anak akan merasa lebih semangat untuk menjalani hari mereka.

Mengkonsumsi sarapan yang kaya akan nutrisi penting seperti folat, kalsium, zat besi, vitamin B, dan serat dapat membuat tubuh anak bugar serta tidak terlihat letih dan lemah. Kesehatan anak yang terjaga karena sarapan secara teratur tentu saja memberikan efek semangat pada anak sehingga mereka bisa menghadapi berbagai rintangan ketika berada di luar rumah.

 

6. Membantu Tumbuh Kembang

Mungkin beberapa orangtua merasa baik-baik saja walaupun anak mereka tidak sarapan. Akan tetapi hal itu justru tidak baik ya, moms dan dads. Karena sarapan secara teratur setiap pagi bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Khusus bagi anak-anak, sarapan dianggap penting karena selain sebagai sumber energi, makanan yang dikonsumsi saat sarapan juga merupakan sumber pertumbuhan. Mulai dari perkembangan otot hingga pembentukan sel otak, semuanya bergantung pada asupan nutrisi sarapan harian bagi seorang anak.

Selain dari sarapan, moms dan dads memaksimalkan tumbuh kembang Si Kecil dengan mencukupi kebutuhan vitamin, seperti memberikan Enervon-C Plus Sirup   yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil.

Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Plus Sirup memang punya segudang manfaat, kan? Kalau begitu, yuk, segera dapatkan vitamin andalan Si Kecil in dengan mengunjungi official store-nya. Tinggal klik di sini, ya.

 

Moms dan dads, makan di pagi hari dapat memberikan berbagai manfaat baik bagi anak, termasuk tumbuh kembangnya. Jadi, pastikan Si Kecil tak melewatkan sarapan!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!