Catat! Ini 5 Trik Konsumsi Vitamin C Buat Si Lambung Sensitif

Catat! Ini 5 Trik Konsumsi Vitamin C Buat Si Lambung Sensitif

Untukmu si pemilik lambung sensitif, jangan lewatkan informasi di bawah ini, ya!

Mengonsumsi suplemen vitamin C bagimu mungkin hal yang cukup tricky – atau, bahkan menakutkan? Bukan tanpa alasan, pasalnya vitamin satu ini mengandung asam yang dapat memicu rasa kurang nyaman pada pencernaan.

Meski demikian, bukan berarti kamu boleh melewatkan asupannya, karena vitamin C tetap diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengoptimalkan seluruh fungsinya. Jadi, tak heran jika kamu dianjurkan mencukupi kebutuhan vitamin tersebut dari makanan maupun suplemen.

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, jangan khawatir, ada 5 trik ampuh yang bisa diterapkan agar pencernaan tetap aman ketika mengonsumsi suplemen vitamin C. Penasaran apa saja? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Pilih Suplemen dengan Kandungan Kalsium Askorbat

Catat! Ini 5 Trik Konsumsi Vitamin C Buat Si Lambung Sensitif

Credit Image - smkbanisaleh.sch.id

Sebelum kamu mengonsumsi suplemen vitamin C pilihanmu, ada baiknya perhatikan dahulu jenis vitamin C yang terkandung di dalamnya, ya. Vitamin C datang dalam bentuk murni – atau terikat pada mineral untuk menciptakan bentuk “askorbat”. Adapun berbagai jenis vitamin C, yaitu:

  • Asam askorbat. Jenis vitamin C yang satu ini merupakan bentuk paling murni. Asam askorbat paling mudah untuk diserap oleh tubuh melalui aliran darah.
  • Sodium askorbat. Kemudian, ada pula jenis sodium askorbat – yang dapat meningkatkan kadar sodium di dalam tubuhmu.
  • Kalsium askorbat. Jenis vitamin C ini mengikat asam askorbat ke kalsium – jadi, juga berfungsi untuk menetralkan keasaman. Kalsium askorbat ideal untukmu yang memiliki perut ekstra sensitif.

Dari bahasan di atas, sudah jelas bahwa bagi si pemilik lambung sensitif, baiknya direkomendasikan memilih suplemen vitamin C dengan kandungan kalsium askorbat – yang dikenal juga sebagai non-acidic vitamin C.

Karena, suplemen atau multivitamin yang mengandung vitamin C ini lebih nyaman dana man di lambung, lho.

 

2. Hindari Dikonsumsi dengan Makanan Asam, Ya!

Trik berikutnya, pastikan juga kamu menghindari konsumsi suplemen vitamin C berbarengan dengan makanan yang asam dan pedas. Karena, perpaduan keduanya bisa saja memicu kenaikan asam lambung, nih!

Jika kamu ingin mengonsumsi buah yang mengandung asam, seperti kiwi, jeruk, dan lemon, baiknya tidak dibarengi dengan konsumsi suplemen vitamin C. Alternatifnya, pilihlah jenis buah rendah asam, seperti alpukat, pepaya, pisang, dan jambu biji.

Selain itu, meminum suplemen vitamin C setelah konsumsi makanan pedas juga tak disarankan. Hal ini bisa memicu perut terasa perih. Mengapa begitu? Pasalnya, kandungan capcaisin – zat yang ada di dalam makanan pedas dapat memicu lambung menjadi nyeri dan sensitif.

 

3. Pastikan Waktu Minumnya Sudah Tepat

Catat! Ini 5 Trik Konsumsi Vitamin C Buat Si Lambung Sensitif

Credit Image - health.kompas.com

Selanjutnya, pastikan juga kamu sudah meminum suplemen vitamin C di waktu yang tepat, ya. Dengan demikian, masalah lambung sensitif bisa dihindari, serta manfaat dari vitamin C dapat dirasakan secara maksimal.

Memang, suplemen vitamin C direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum makan – atau dalam keadaan perut kosong. Vitamin C merupakan jenis vitamin larut air, sehingga kamu tidak perlu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan.

Untuk kamu yang tidak memiliki masalah lambung sensitif, mungkin cara tersebut dapat diterapkan. Lantas, bagaimana kalau yang punya masalah pencernaan? Dalam hal ini, direkomendasikan mengonsumsi suplemen vitamin C bersamaan dengan makanan. Dengan demikian, perut akan tetap terasa nyaman. Dan usahakan untuk minum suplemen vitamin C di jam yang sama setiap harinya, ya.

Biar makin maksimal, konsumsi suplemen vitamin C terbaik pilihanmu sebanyak dua kali dalam sehari. Misalnya, satu tablet sebelum – atau 2 jam sesudah sarapan, kemudian satu tablet lagi setelah makan siang.

Cara tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C oleh tubuh. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai kelebihan asupan vitamin C. Sebab, sisa zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui urin, yang penting, cukupi kebutuhan cairan tubuhmu, ya.

 

4. Dikonsumsi Bersamaan dengan Zinc, Sangat Direkomendasikan

Tahukah kamu bahwa vitamin C dan zinc merupakan “pasangan terbaik”? Ya, jika dikonsumsi berbarengan, maka manfaat baiknya pun akan lebih terasa. Namun sayangnya, masih banyak yang mengabaikan tips satu ini.

Zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T). Sel ini sendiri bekerja dalam tubuh melalui dua cara, yaitu dengan mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyakit. Jadi, ketika tubuhmu kekurangan zinc, maka kekebalan tubuhmu pun ikut terganggu.

American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa orang yang kekurangan zinc akan mudah terserang berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi sistem pencernaanmu. Dengan sistem pencernaan yang tidak optimal, penyerapan gizi lainnya termasuk vitamin C pun ikut terganggu.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukup asupan zinc, sehingga suplemen vitamin C terbaik pilihanmu bisa diserap secara maksimal. Nah, kamu bisa kombinasikan vitamin C dengan makanan yang kaya akan zinc, seperti, daging, kacang-kacangan, dan tahu.

Atau, bisa juga dengan mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan juga zinc. Pastinya, cara ini lebih mudah dilakukan, terutama bagi kamu yang punya aktivitas padat.

Nah, karena kamu sudah tahu manfaat mengonsumsi vitamin C dan zinc berbarengan, jadi, coba terapkan mulai sekarang, yuk!

 

5. Multivitamin yang Direkomendasikan

Catat! Ini 5 Trik Konsumsi Vitamin C Buat Si Lambung Sensitif

Credit Image - enervon.co.id

Kini, kamu pun tak perlu lagi bingung suplemen vitamin C yang aman di lambung sekaligus mengandung zinc. Sudah ada Enervon Active yang bisa menjadi penyelamatmu ketika melakukan kegiatan harian, nih!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamn B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Jadi, tak hanya baik buat menjaga daya tahan tubuh, namun Enervon Active pun membantu tubuhmu tetap berenergi sepanjang hari.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Si pemilik lambung sensitif, jangan ada alasan lagi untuk tak mengonsumsi suplemen vitamin C, ya. Dengan menerapkan tips di atas – dan memilih jenis suplemen yang tepat, maka masalah lambung perih ketika mengonsumsi vitamin C pun tak akan datang!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!