Menyelesaikan pekerjaan menumpuk memang bukan perkara mudah, kan, Enervoners? Rasa bingung harus mengerjakan yang mana dahulu – dan kewalahan fisik serta emosional pun kerap hadir di tengah pekerjaan.

Kalau sudah begini, alih-alih makin terpacu untuk menyelesaikan, tapi malah banyak yang justru jadi malas bekerja dan tidak produktif, lho. Jika kamu salah satunya, ini artinya kamu belum mengetahui cara mengatasi rasa kewalahan saat bekerja.

Berikut ini tips mengatasi kewalahan, apalagi saat pekerjaan tengah menumpuk. Simak informasinya secara lengkap, yuk!

 

 

Mencoba Ngobrol dengan Teman Kerja

Credit Image - glints.com

Cara pertama mengatasi rasa kewalahan saat bekerja adalah dengan mencoba ngobrol dengan teman kerja.

Saat merasa kewalahan dengan pekerjaan, pastinya kita akan lebih rentan merasa stres dan tertekan. Jika sudah begitu, produktivitas pun akan semakin menurun.

Supaya rasa kewalahan itu tidak berlarut-larut, sebaiknya carilah teman untuk menceritakan apa yang sedang kamu rasakan. Cobalah ngobrol dengan rekan kerja saat istirahat makan siang. Dengan saling bercerita tentunya beban yang sedang kamu rasakan bisa sedikit terangkat.

Bahkan, kamu bisa merasa lebih semangat karena telah mendapatkan dukungan dari orang lain.

 

Hindari Memaksakan Diri, Ya!

Tak sedikit penyebabmu merasa kewalahan hanyalah karena sering memaksakan diri. Benar, gak? Hal satu ini memang terdengar sepele, tapi ternyata dampaknya cukup besar, lho. Misalnya, memaksakan diri untuk selalu menunjukkan performa terbaik atau memaksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus.

Sering kali kamu ingin totalitas saat bekerja hingga memaksakan diri adalah hal yang dianggap lumrah. Padahal, kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk pada kondisi fisik dan mental.

Jadi, saat sudah merasa kewalahan dengan semua tugas yang dimiliki, cobalah berhenti sejenak. Bahkan menurut Harvard Business Review, kita harus bisa berkompromi pada diri sendiri dan tidak harus menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus.

 

Merencanakan Pekerjaan yang Ingin Diselesaikan

Credit Image - myskill.id

Rasa kewalahan tidak hanya sering terjadi karena pekerjaan yang terlanjur sudah menumpuk. Pasalnya, saat ada terlalu banyak ide di kepala, hal itu juga bisa membuat kewalahan. Ide yang terlalu banyak ini pun bisa membuatmu bingung perihal eksekusinya.

Jadi agar tidak lagi bingung harus mulai mengerjakan tugas dari mana, sebaiknya mulai tuliskan daftar pekerjaan yang ingin segera diselesaikan terlebih dahulu. Trik ini akan membantumu menentukan pekerjaan yang baiknya diprioritaskan.

Menuliskan apa yang perlu diselesaikan dan menentukan urutan pekerjaan akan bisa membantumu bekerja lebih efektif. Itulah mengapa saat merasa kewalahan, cobalah rencanakan apa saja yang ingin dikerjakan dengan membuat to do list.

 

Yuk, Berani untuk Ucapkan “Tidak”!

Saat pekerjaan masih cukup banyak, sebaiknya pertimbangkan lagi jika kamu mau menerima tugas tambahan dari atasan. Pasalnya, kewalahan bekerja juga bisa terjadi karena kamu tidak berani menolak permintaan orang lain untuk membantu pekerjaanmu.

Untuk itu, mulai saat ini sebaiknya beranikan diri untuk mengucapkan kata “tidak” saat kamu sedang punya banyak pekerjaan.

Menolak tugas dari atasan memang cukup berisiko karena bisa membuatnya merasa tersinggung atau membuat kita terlihat seperti karyawan yang kurang baik. Tapi, jika kamu bisa menjelaskan dengan baik – dan memberi alasan yang jelas, tentu saja atasan bisa mempertimbangkannya.

 

Jangan Lupa, Ambil Waktu untuk Istirahat Sejenak

Credit Image - beritagar.id

Cara mengatasi kewalahan saat bekerja yang terakhir adalah dengan mengambil waktu istirahat sebentar. Pekerjaan yang menumpuk serta kondisi di kantor yang kurang kondusif tentu akan membuatmu merasa lebih sulit untuk produktif.

Jadi, sebaiknya kamu mencoba mengambil waktu sebentar untuk keluar kantor dan menyegarkan pikiran.

Misalnya saat makan siang janganlah makan di meja kerja saja. Sebaiknya keluarlah dari kantor dan pergi ke tempat makan favoritmu. Setelah itu, sempatkan untuk berjalan-jalan sebentar dan menghirup udara segar. Pastinya, saat kembali ke kantor, kamu sudah merasa lebih tenang dan siap bekerja lagi.

 

Terus Boost Energi, Jadi, Lelah Tak Menghampiri!

Menyelesaikan pekerjaan seakan tak ada habisnya, ya? Tapi, biar kamu tetap produktif dan gak gampang lelah – maka pastikan kamu sudah menerapkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan energi tubuh.

Istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan mendapat asupan makanan bergizi kaya vitamin dan mineral – menjadi deretan hal yang tak boleh dilewatkan.

Dan untuk melengkapi hidup aktif-mu, yuk, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung  non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama.

Khawatir kandungan vitamin C dalam Enervon Active membuat lambung perih? Tenang, kandungan vitamin C-nya ramah untukmu pemilik perut sensitif, kok!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Masih merasa kewalahan untuk menyelesaikan pekerjaan? Mungkin sudah saatnya kamu menerapkan tips di atas agar produktivitas tidak lagi terganggu. Dan ingat, jangan sampai kamu memaksakan diri untuk bekerja, ya!

 

 

Featured Image – cermati.com

Source – glints.com