Parents Harus Tahu! Ini Peran Buah untuk Menjaga Imun Anak

Parents Harus Tahu! Ini Peran Buah untuk Menjaga Imun Anak

Parents, yuk, kumpul! Seperti yang kamu ketahui buah sudah dikenal lama akan kandungan nutrisinya, kan? Jika dikonsumsi rutin, maka asupan satu ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, lho.

Dengan kekebalan yang kuat, maka anak pun bisa terlindungi dari berbagai jenis penyakit, apalagi yang menular.

Buah-buahan merupakan jenis makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan – dan dapat memaksimalkan tumbuh kembangnya. Untuk itu, kebiasaan makan buah mesti dibiasakan sejak ia berusia dini, moms dan dads.

Jika ia masih sulit makan buah atau bahkan kerap menolaknya, maka kamu tak perlu khawatir. Membujuk anak makan buah mungkin memerlukan trik khusus, salah satunya kamu dapat mengolah buah menjadi jus – yang lebih mudah dikonsumsi dan memiliki rasa yang cenderung lebih nikmat.

Balik lagi ke pembahasan konsumsi buah dan daya tahan tubuh, jadi, apa sih kaitan di antara keduanya? Yuk, kita simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Hubungan Buah dan Imunitas Anak

Parents Harus Tahu! Ini Peran Buah untuk Menjaga Imun Anak

Credit Image - hanhannah.id

Buah umumnya mengandung nutrisi tertentu, seperti serat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zinc, magnesium, seng, fosfor, dan asam folat. Semua nutrisi ini berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh anak.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah sudah diketahui sejak lama mampu meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang akan menghasilkan antibodi untuk membasmi virus, bakteri, dan mikroorganisme yang menyerang tubuh.

Vitamin ini juga meningkatkan kadar interferon dan sitokin yang berperan penting dalam melawan infeksi dan mengaktifkan sel-sel imun tubuh. Selain itu, sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Inilah alasan mengapa vitamin C merupakan nutrisi yang sering diandalkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk pada anak-anak.

 

Pilihan Buah untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Parents Harus Tahu! Ini Peran Buah untuk Menjaga Imun Anak

Credit Image - finedininglovers.com

Untuk moms dan dads yang masih bingung, kira-kira apa saja buah yang dapat membantu mempertahankan imunitas Si Kecil? Berikut ini beberapa pilihannya yang bisa kamu berikan.

1. Jambu biji

Guava atau jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C. Dalam 100 gram guava, terkandung sekitar 228 mg vitamin C. Angka ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C Si Kecil, lho.

Selain itu, di dalam guava juga terkandung flavonoid yang akan menjaga dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

 

2. Jeruk

Di dalam berbagai jenis jeruk, seperti jeruk sunkist, jeruk bali, maupun jeruk nipis, juga terkandung vitamin C yang dapat memperkuat imunitas tubuh anak. Buah ini pun mengandung kadar air yang tinggi, sehingga bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

 

3. Mangga

Mangga bisa menjadi pilihan buah untuk menjaga daya tahan tubuh anak, lho. Hal ini karena mangga kaya akan vitamin C dan beragam senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, buah ini juga termasuk dalam makanan tinggi serat yang baik bagi kesehatan pencernaan Si Kecil.

 

4. Apel

Selain memperkuat daya tahan tubuh anak, mengonsumsi apel secara teratur dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol Si Kecil.

Mengonsumsi buah ini secara rutin juga diketahui bisa membantu menurunkan kolesterol sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, apel juga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah.

 

5. Leci

Jenis buah lain yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak adalah leci. Buah dengan rasa manis dan segar ini juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

 

Imbangi dengan Gaya Hidup Sehat Lainnya

Parents Harus Tahu! Ini Peran Buah untuk Menjaga Imun Anak

Credit Image - orami.co.id

Selain rutin memberikan asupan buah, untuk menjaga kekebalan tubuh Si Kecil, ada gaya hidup sehat lainnya yang perlu moms dan dads biasakan, lho. Seperti, mengimbanginya dengan makanan bergizi lain, mengajak anak rajin berolahraga, hingga memastikan waktu tidurnya sudah tercukupi.

Dan, untuk melengkapi hidup sehat anak, kamu juga direkomendasikan memberi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, dan yang pasti membantu memelihara daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Jadi, sejumlah gaya hidup sehat tersebut perlu diterapkan secara beriringan, sehingga kekebalan tubuh anak semakin kuat.

Multivitamin Enervon-C Plus Sirup memang punya segudang manfaat, kan? Kalau begitu, yuk, segera dapatkan vitamin andalan Si Kecil in dengan mengunjungi official store-nya. Tinggal klik di sini, ya.

 

Jadi, moms dan dads, kini kamu sudah tahu ya peran penting konsumsi buah untuk menjaga kekebalan tubuh Si Kecil? Mulai sekarang, pastikan ia sudah mendapatkan asupan makanan yang satu ini!

 

 

Featured Image – generos.id

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!