6 Tips Lakukan Power Nap, Bikin Tubuh Makin Berenergi, Lho!

6 Tips Lakukan Power Nap, Bikin Tubuh Makin Berenergi, Lho!

Enervoners, apakah kamu lebih memilih untuk minum kopi untuk mengusir rasa kantuk di siang hari saat bekerja? Mungkin ini pilihan yang kurang tepat. Dibanding mendapat asupan kafein, lebih baik kamu melakukan power nap, nih!

Bukan rahasia lagi kalau tidur siang menjadi siasat yang efektif untuk mengurangi rasa kantuk saat bekerja. Sebagian darimu, mungkin ada yang sering tidur di siang hari – biasanya di sela-sela waktu istirahat, ya?

Tapi ingat, jangan tidur siang terlalu lama, lho. Baiknya power nap dilakukan selama 20 sampai 30 menit yang bertujuan untuk memberi waktu istirahat tambahan – dan memberi energi yang besar ketika bangun.

Power nap pun dapat membantu membuatmu lebih fokus dan produktif, mengembalikan mood, meningkatkan kualitas kerja, dan menghindari ketergantungan pada kafein, seperti kopi untuk bertahan dari rasa kantuk.

Nah, agar hasilnya maksimal, ada beberapa tips melakukan power nap yang baiknya diterapkan. Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Cari Tempat yang Nyaman dan Bebas Gangguan

6 Tips Lakukan Power Nap, Bikin Tubuh Makin Berenergi, Lho!

Credit Image - cet.org

Agar power nap efektif, Enervoners harus mencari tempat yang nyaman untuk melakukannya. Kamu bisa mencari tempat yang gelap, tenang, dan sejuk. Saat bekerja di rumah, kamu bisa berbaring di tempat tidur. Sedangkan jika berada di kantor, mungkin kamu harus mencari tempat seperti ruangan khusus. 

Selain nyaman, penting juga mencari ruangan yang bebas gangguan, lho. Dan, ketika melakukan power nap, bisukan ponsel agar tak ada pemberitahuan atau panggilan yang mengganggu. Jangan bermain smartphone sebelum power nap karena cahaya yang dipancarkan ponsel bisa membuatmu sulit tidur!

 

2. Gunakan Pula Benda yang Membuatmu Nyaman

Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan berbagai macam benda agar tidur menjadi lebih nyaman. Saat bekerja di kantor, kamu bisa menyimpan perlengkapan tidur seperti bantal leher agar tidur lebih nyaman. Bisa juga menggunakan eyepatch atau selimut yang membuat tidur lebih nyaman. 

Selain itu, kamu juga bisa memutar musik yang membuatmu lebih rileks. Ada beragam layanan alir musik, seperti Spotify, Apple Music atau Joox yang bisa kamu setel sembari tidur siang. Temukan lagu terbaikmu untuk membuatmu lebih nyaman dan tidur dengan nyenyak.

 

3. Manfaatkan Waktu untuk Bersantai

6 Tips Lakukan Power Nap, Bikin Tubuh Makin Berenergi, Lho!

Credit Image - lampuhijau.com

Jika kamu kesulitan untuk tidur, tetap pejamkan matamu dan rileks sejenak. Dengan menenangkan diri, energi dan fokusmu akan kembali. Nah, perlu diketahui kalau kesulitan tidur ini juga bisa dialami oleh kamu yang baru mau menerapkan power nap

Tetapi, tetap luangkan waktu untuk melakukan power nap karena nantinya tubuh akan menyesuaikan diri dan kamu akan terbiasa seiring waktu. Jadi, jangan langsung putus asa dulu ketika kamu tak bisa langsung tertidur ketika baru pertama kali mencoba tidur siang ini, ya!

 

4. Pilih Durasi Terbaik untuk Tidur Siang

Perlu diketahui, durasi waktu tidur siang memiliki perbedaan manfaat, lho. Berikut ini di antaranya:

  • 2-5 menit untuk kamu yang sangat mengantuk dan ingin kembali segar.
  • 5-20 menit untuk meningkatkan kewaspadaan, stamina, dan kinerja motorik.
  • Lebih dari 20 menit untuk meningkatkan memori.
  • 50-90 menit sama dengan tidur penuh jika kamu benar-benar mengantuk dan belum tidur tadi malam.

 

5. Segera Bangun Jika Alarm Berbunyi

6 Tips Lakukan Power Nap, Bikin Tubuh Makin Berenergi, Lho!

Credit Image - usatoday.com

Agar tidak terlalu lama melakukan power nap, kamu bisa mengatur alarm antara 10 hingga 20 menit.  Setelah alarm berbunyi, jangan tekan tombol snooze. Jadi, sebisa mungkin segera bangun dari tidur, ya!

Jika setelah power nap kantuk masih terasa, segera bangun dan lakukan aktivitas fisik seperti jalan cepat atau jumping jack. Berilah sinyal kepada tubuh bahwa waktu tidur siang telah berakhir dan sudah waktunya untuk bangun. 

 

6. Setelah Bangun Tidur, Jangan Lupa, Boost Energi Tubuhmu!

Setelah power nap, sepertinya tubuh terasa segar kembali, ya? Agar energi tubuh semakin maksimal, selain tidur siang, kamu juga dianjurkan untuk mendapat asupan makanan bergizi serta mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral – yang berperan untuk boost stamina tubuh.

Dan untuk melengkapi hidup aktif-mu, yuk, konsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung  non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu takut kehabisan energi saat beraktivitas, kan?

Khawatir kandungan vitamin C dalam Enervon Active membuat lambung perih? Tenang, kandungan vitamin C-nya ramah untukmu pemilik perut sensitif, kok!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Gimana, Enervoners? Kalau di sela-sela waktu bekerja kamu merasa ngantuk – dan kekurangan energi, maka tidak ada salahnya mencoba power nap, asalkan jangan sampai terlalu lama, ya!

 

 

Featured Image – meramuda.com

Source – parapuan.co


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!