7 Cara Memulai Hidup Sehat, Jadi Investasi di Masa Tua

7 Cara Memulai Hidup Sehat, Jadi Investasi di Masa Tua

Enervoners, kamu pasti sudah sering mendengar kalau orang-orang saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan. Yap, dengan demikian, hidup sehat adalah lifestyle yang sepatutnya diterapkan agar tubuh tetap dalam kondisi prima hingga tuan anti.

Tapi, biasanya yang kamu bayangkan saat mendengar gaya hidup tersebut hanyalah diet dan olahraga saja. Lebih dari itu, lho. Masih ada aspek lainnya yang penting dilakukan agar seimbang, seperti yang berkaitan dengan makanan bergizi, memiliki berat badan ideal, atau tidak merokok.

Apakah kamu masih ogah-ogahan dalam menerapkan hidup sehat? Hati-hati, kebiasaan ini bisa berdampak terhadap daya tahan tubuh – dan tentu akan memicu terjadinya berbagai macam masalah kesehatan.

Sebaliknya, penerapan lifestyle yang tepat pun akan mendatangkan manfaat baik bagi tubuh, lho. Apa saja? Dan apa gaya hidup sehat yang baiknya dilakukan sedini mungkin?

Berikut ini ulasannya!

 

 

Apa Itu Hidup Sehat?

7 Cara Memulai Hidup Sehat, Jadi Investasi di Masa Tua

Credit Image - hipwee.com

Dilansir dari Gramedia, hidup sehat adalah berbagai keputusan suatu individu yang akan memengaruhi kesehatan, di mana masing-masing dari kamu memiliki kendali penuh atas hal tersebut.

Sehingga, pada dasarnya, gaya hidup yang sehat akan mengharuskanmu melakukan langkah, tindakan, dan strategi untuk mewujudkan keputusanmu dalam menjaga kesehatan, baik hari ini, maupun di masa mendatang nanti.

 

Manfaat yang Dapat Diperoleh

7 Cara Memulai Hidup Sehat, Jadi Investasi di Masa Tua

Credit Image - ilovelife.co.id

Nah, seperti yang sudah diketahui, penerapan hidup sehat adalah sesuatu hal yang akan mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan tubuh, baik itu dalam jangka pendek maupun panjang – termasuk juga bagi pikiran.

Lantas, apa saja sih manfaat baik yang bisa kamu tuai dari menjalani pola hidup ini? Berikut di antaranya

  • Terhindar dari berbagai macam penyakit, karena hidup sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu.
  • Memiliki banyak energi. Ketika kamu memerhatikan asupan makanan, maka metabolisme pun akan meningkat. Dengan demikian, pembentukan energi semakin maksimal.
  • Produktivitas harian akan bertambah, karena kamu sudah memiliki energi yang cukup.
  • Berat badan lebih terjaga.
  • Hidup teratur.
  • Kesehatan mental terjaga. Dengan memiliki rutinitas yang baik untuk jiwa dan raga, maka kondisi mental akan cenderung lebih stabil.

 

Pola Hidup Sehat yang Direkomendasikan

7 Cara Memulai Hidup Sehat, Jadi Investasi di Masa Tua

Credit Image - pushyouworld.com

Kalau kamu sudah memahami berbagai manfaat penerapan hidup yang lebih sehat, kini waktunya kamu mencari tahu langkah yang direkomendasikan. Berikut ini 7 tips yang direkomendasikan.

1. Lakukan aktivitas fisik

Perhatikan kembali rutinitas sehari-hari. Apakah aktivitas kamu hanya didominasi dengan duduk dan mengetik di komputer sepanjang hari? Bila iya, berarti tandanya kamu kurang bergerak aktif.

Padahal, para ahli merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggu untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga.

Pilihlah aktivitas yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Tidak harus yang bersifat berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga dapat dilakukan di sela kesibukan.

 

2. Catat makanan yang dikonsumsi

Tips satu ini masih sering diabaikan, padahal dalam penerapan hidup sehat, menghitung asupan kalori juga diperlukan. Apalagi, jika kamu memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan tidak sehat, maka langkah tersebut sangat dianjurkan. Catatan ini bermanfaat untuk mengontrol asupan makanan dan sebagai pengingat, sehingga kamu bisa mengurangi konsumsinya untuk menjaga tubuh lebih sehat.

Selain itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran, setidaknya 4 porsi buah-buahan dan 5 porsi sayuran dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

 

3. Hentikan kebiasaan buruk mulai sekarang!

Bukan penerapan hidup sehat namanya kalau kamu masih melakukan kebiasaan buruk yang satu ini. Merokok dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan. Ada beragam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung dan paru-paru, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), hingga kanker.

Bila kamu seorang perokok, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko dari kebiasaan merokok, mulai dari psikoterapi untuk berhenti merokok hingga penggunaan produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, koyo nikotin, rokok elektrik, dan permen karet nikotin.

 

4. Konsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan

Konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah secara teratur, guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Kamu bisa mulai mengolah makanan sendiri sebagai salah satu upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang dikomsumsi.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, dengan minum air putih setidaknya 6-8 gelas setiap harinya. Terpenuhinya cairan tubuh dapat menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah berbagai penyakit, seperti dehidrasi dan konstipasi.

 

5. Cukupi waktu istirahat

Yang tak boleh dilewatkan dalam penerapan hidup sehat adalah istirahat yang cukup. Tidur merupakan kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malamnya dan bangun di jam yang sama.

Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik bisa menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

 

6. Kelola stres dengan baik

Stres adalah hal yang sulit untuk dihindari. Namun, kamu bisa belajar mengelolanya dengan meluangkan waktu untuk rileks, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah dicapai dan miliki juga bisa membuat jiwa lebih tenang.

 

7. Menjaga asupan vitamin dan mineral harian

Dalam penerapan gaya hidup sehat, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian tentu tidak boleh dilewatkan, ya. Apalagi buatmu yang punya aktivitas padat, kedua nutrisi ini penting dipenuhi agar proses metabolisme semakin optimal – dan tentunya energi tubuh terbentuk dengan baik.

Tak hanya dengan mengonsumsi makanan tinggi gizi, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat dilakukan dengan minum multivitamin – nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active secara rutin!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas!

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Hidup sehat adalah kebiasaan baik yang mesti kamu terapkan sedini mungkin. Sudah pasti, hal ini dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Sebagai langkah awal, yuk, terapkan 7 tips di atas biar kondisi tubuh tetap terjaga hingga tua nanti!

 

 

Featured Image – entrepreneur.com

Source – alodokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!