5 Fakta Vaksin Covid-19 Hirup, Pertama di Dunia, Lho!

5 Fakta Vaksin Covid-19 Hirup, Pertama di Dunia, Lho!

font size A Ǎ

Sepertinya perkembangan teknologi di zaman sekarang semakin sering membuat orang terheran-heran. Yap, sesuai dengan judulnya, kini, sudah ada vaksin Covid-19 yang bisa dihirup. Tentu kabar baik buat orang-orang yang tidak suka dengan jarum suntik, kan?

Dilansir dari PopMama, belum lama ini, China dikabarkan telah menyetujui pemakaian vaksin non-suntikan yang dapat digunakan dengan metode hirup. Dengan adanya keputusan tersebut, lantas, China menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan vaksin ini.

Penasaran soal vaksin Covid-19 hirup pertama di dunia? Yuk, intip 5 faktanya di bawah ini!

 

 

Vaksin Hirup Ini Bernama Convidecia Air

5 Fakta Vaksin Covid-19 Hirup, Pertama di Dunia, Lho!

Credit Image - nationalgeographic.co.uk

Vaksin Covid-19 yang digunakan dengan cara dihirup tersebut bernama Convidecia Air. Vaksin hirup yang satu ini dibuat dan dikembangkan oleh CanSinoBio.

Dikutip dari laporan Live Science, vaksin bebas jarum suntik ini adalah metode pertama disetujui dari lebih dari 100 vaksin oral atau hidung yang saat ini dikembangkan di seluruh dunia.

Para ilmuwan berharap, pemberian vaksin melalui hidung atau mulut dapat mempersiapkan sel-sel kekebalan dari selaput lendir, mencegah penyebaran penyakit, bahkan kasus ringan dengan membunuh virus saat memasuki tubuh.

 

Mengandung Bahan yang Mirip dengan Vaksin Covid-19 Biasa

Vaksin Convidecia Air rupanya mengandung bahan yang mirip dengan vaksin Covid-19 yang disuntikkan. Vaksin ini menggunakan adenovirus yang tidak berbahaya untuk membawa kode genetik yang mengajarkan tubuh cara melawan Covid-19.

Vaksin tanpa jarum ini dapat disimpan dan diberikan dengan lebih mudah. Vaksin ini dapat diberikan melalui nebulizer (alat yang dapat mengubah obat cair menjadi uap) kemudian dihirup.

"Convidecia Air bebas jarum dan dapat secara efektif menginduksi perlindungan kekebalan komprehensif sebagai respons terhadap SARS-CoV-2 hanya dengan satu tarikan napas," tulis CanSino dalam pernyataan resmi.

 

Hasil Uji Klinis Menunjukkan Respon Kekebalan yang Kuat

5 Fakta Vaksin Covid-19 Hirup, Pertama di Dunia, Lho!

Credit Image - scrip.pharmaintelligence.informa.com

Sebelum diluncurkan, vaksin Covid-19 hirup ini tentu telah melalui uji klinis. Menurut pernyataan resmi CanSino, pihaknya menerima persetujuan aplikasi uji klinis untuk Convidecia Air pada Maret 2021 lalu.

Dikutip dari laman resmi CanSino, berdasarkan studi yang diterbitkan di The Lancet menunjukkan bahwa Convidecia Air dapat menginduksi kekebalan humoral, seluler, dan mukosa yang kuat untuk mencapai perlindungan tiga kali lipat.

Tak hanya itu saja, dari studi tersebut vaksin ini juga disebut efektif menahan infeksi dan penyebaran virus Covid-19.

 

Vaksin Hirup Juga Disetujui Sebagai Booster

Dikutip dari pernyataan resmi CanSino, Administrasi Produk Medis Nasional China dikabarkan telah memberikan persetujuan bagi Convidecia Air sebagai dosis untuk vaksin booster.

Menurut kabar yang beredar, hal ini diberikan karena hasil uji coba yang dilakukan telah menunjukkan bahwa vaksin tersebut dapat menambah perlindungan pada orang-orang yang sudah divaksinasi sebelumnya.

Sebagai informasi, China sejauh ini sudah memberikan persetujuan terhadap delapan vaksin suntik produksi lokal sejak 2020. Menurut informasi yang beredar, China kabarnya sudah menyuntikkan lebih dari 3,4 miliar dosis vaksin Covid-19.

 

Namun, Tanggal Edarnya Masih Belum Bisa Dipastikan

5 Fakta Vaksin Covid-19 Hirup, Pertama di Dunia, Lho!

Credit Image - openaccessgovernment.org

Dikutip dari laman Reuters, CanSino tidak mengatakan secara pasti kapan vaksin buatannya tersebut akan dapat dipasarkan secara luas.

Hal ini dikarenakan persetujuan administratif tambahan masih diperlukan. Sementara untuk penjualan akan tergantung pada situasi Covid-19 di dalam dan luar negeri, serta tingkat vaksinasi China.

Nah, karena peredaran vaksin hirup ini masih belum bisa dipastikan. Jadi, sampai saat ini, kamu baru bisa mendapatkan vaksin yang disuntikkan, ya. Jangan ditunda lagi, vaksinasi dapat membantu membentuk antibodi terhadap virus corona.

Dan yang pasti, usai mendapat vaksin, kamu tetap disarankan untuk menjaga kekebalan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti istirahat cukup, tetap berolahraga, mengelola stres dengan baik, menjaga kebersihan diri, serta memaksimalkannya dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang bisa menjaga kekebalan tubuh secara optimal.

Untuk multivitamin, namun sebaiknya apa suplemen yang dikonsumsi? Kamu direkomendasikan meminum multivitamin Enervon-C, ya.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Jika kandungan vitamin C-nya dapat membantu menjaga kekebalan, nah, kandungan vitamin B kompleks di dalam Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama..

Untuk mendapatkan produk Enervon-C, kamu bisa segera membelinya di official store di e-commerce, atau langsung klik di sini.

 

Wah, kemunculan vaksin hirup memang menjadi hal yang menarik – bahkan bisa sedikit melegakan bagimu yang takut akan jarum suntik. Tapi sayangnya tanggal edarnya masih belum diketahui, nih. Mengenai perkembangannya, kita tunggu kabar terbarunya nanti, ya!

 

 

Featured Image – pelopor.id

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!