Menerapkan gaya hidup sehat merupakan salah satu resolusi yang ingin dicapai banyak orang. Banyaknya kasus penyakit yang diderita oleh anak- anak muda menjadi sebuah ancaman bagi kamu yang selama ini kurang peduli dengan kondisi kesehatan.

Diet merupakan langkah awal yang bisa kamu lakukan jika ingin memulai hidup sehat. Beberapa ahli gizi menilai diet yang baik adalah diet yang tidak mengurangi nutrisi makanan ketika dikonsumsi.

Lalu, diet apa saja yang bisa diterapkan bagi para pemula? Berikut ini beberapa jenis diet sehat alami yang direkomendasikan oleh ahli gizi.

1. DASH Diet

Credit: webmd.com

Ahli gizi menganjurkan diet sehat alami ini bertujuan untuk mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Ketika menjalani DASH diet, setiap orang harus mengurangi asupan lemak jenuh, kolesterol dan lemak trans.

Dan kamu harus meningkatkan asupan potassium, kalsium, protein, dan serat pada setiap makanan yang kamu konsumsi. Seperti gandum, olahan susu rendah lemak, dan ikan.

2. Mediterranean Diet

Credit: diabetesdaily.com

Selain untuk menurunkan berat badan, diet ini bisa dijadikan sebuah gaya hidup sehat karena dapat meningkatkan kesehatan otak dan jantung, serta mencegah tubuh dari kanker dan diabetes.

Bagi yang melakukan Mediterranean diet dituntut untuk mengonsumsi makanan sehat seperti ikan, buah zaitun, kacang- kacangan, dan gandum. Serta mengurangi konsumsi daging.

3. Flexitarian Diet

Credit: goodtoknow.co.uk

Flexitarian diet adalah diet sehat alami dengan mengonsumsi hanya sayuran saja, tapi tanpa harus merasa tersiksa. Diet ini bertujuan menciptakan sebuah pola pikir agar kamu bisa mulai mengonsumsi lebih banyak protein nabati.

Contoh makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika menjalani diet ini adalah tofu, lentil, sayur dan buah, gandum, olahan susu, gula, dan aneka bumbu termasuk dressing salad.

4. MIND Diet

Credit: affirmativhealth.com

Diet sehat alami ini merupakan gabungan dari Mediterranean diet dan DASH diet. Jenis diet ini sangat disarankan karena dapat meningkatkan kesehatan otak. Ketika kamu menjalani MIND diet, sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran hijau, kacang- kacangan, buah berries, gandum, ikan, daging unggas, dan minyak zaitun.

Dan makanan yang perlu kamu hindari yaitu daging merah, mentega, keju, aneka makanan manis dan makanan yang digoreng.

5. TLC Diet

Credit: wellsteps.com

Jika kamu ingin menurunkan kolesterol, diet sehat alami yang satu ini bisa kamu coba. TLC diet dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 8 sampai 10 persen dalam waktu 6 minggu.

Ketika menjalani TLC diet, kurangi makanan yang tinggi lemak jenuh, termasuk susu, makanan yang digoreng, dan daging berlemak. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi makanan protein tanpa lemak, seperti ikan, daging kalkun atau ayam tanpa kulit.

 

Featured Image - sbs.com.au