Siapa di sini yang sering bekerja lebih awal agar dapat menyelesaikan banyak pekerjaan? Kalau begitu, kamu tidak sendirian. Karena, banyak yang memilih metode kerja ini, sehingga tidak harus sampai lembur di malam hari.

Meski demikian, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika kerja lebih awal. Ingat, ini bukan berarti kamu harus mengorbankan waktumu, lho. Pasalnya, kurang tidur akan membuatmu sulit produktif saat bekerja.

Nah, kalau kamu suka bekerja lebih awal, biar semakin produktif, ada 6 tips yang perlu diterapkan. Apa saja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Tidur yang Cukup

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurang tidur akan membuatmu sulit produktif ketika bekerja, sehingga menurut Entrepreneur, salah satu cara supaya kamu bisa bekerja lebih awal adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup.

Kamu bisa melakukannya dengan membuat ruang tidurmu segelap mungkin. Dengan begitu, tubuhmu akan mengerti bahwa itu adalah tanda untuk beristirahat.

 

2. Batasi Penggunaan Gadget

Tips lain yang bisa kamu lakukan untuk dapat kerja lebih awal adalah dengan membatasi penggunaan smartphone di malam hari, terutama menjelang waktu tidur. Karena, ada kecenderungan bagimu buat scrolling – dan mengecek sosial media. Tentunya, hal tersebut akan menyita waktu tidurmu.

Selain di waktu malam, kamu juga bisa membatasi penggunaan smartphone di pagi hari. Dengan begitu, kamu bisa melakukan aktivitas lain sambil menyiapkan diri untuk bekerja.

 

3. Matikan Notifikasi

Credit Image - digitaltren.id

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu juga bisa mencoba untuk mematikan notifikasi dari smartphone atau laptopmu, lho. Notifikasi dapat mengganggu waktu tidur. Jadi, dengan menerapkan hal ini, kamu bisa mendapat istirahat yang cukup.

Jika tips satu ini tidak bisa dilakukan karena takut terlewat hal penting, kamu bisa memberi tahu jadwal kerjamu ke orang-orang yang sering menghubungimu.

Beri tahu juga teman dan keluarga kapan waktu yang tepat untuk menghubungimu karena kamu sudah tidur di malam hari. Hal tersebut supaya mereka tidak mengontakmu – atau menginterupsi waktu tidurmu.

 

4. Menyiapkan Diri Lebih Awal

Tips selanjutnya, yaitu kamu bisa menyiapkan hal-hal yang akan dilakukan keesokan hari pada malam sebelumnya supaya bisa bekerja lebih awal. Misalkan, kamu bisa menyiapkan sarapan dan makan siangmu sebelumnya di malam hari. Sehingga, kamu cukup menghangatkannya saat besok pagi tiba.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan pakaian kerja di malam hari. Dengan begitu, kamu bisa langsung memakainya tanpa harus menyetrikanya di pagi hari. Melansir Karaleise, menyiapkan diri lebih awal membuat waktumu di pagi hari tidak banyak tersisihkan. Sehingga, waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan pekerjaanmu.

 

5. Bangun Tidur di Waktu yang Sama Secara Rutin

Credit Image - tribunnews.com

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk bisa kerja lebih awal adalah dengan bangun tidur di waktu yang sama secara rutin.

Pastikan juga untuk bangun di awal waktu supaya kamu bisa melakukan persiapan diri.

Ketika memilih waktu bangun tidur, pertimbangkan hal-hal seperti berapa lama kamu bisa mempersiapkan diri untuk bekerja. Sebagai contoh, kamu ingin mulai bekerja sejak pukul 6 pagi. Lalu, rutinitas pagi harimu biasanya menghabiskan waktu sebanyak 1 jam.

Sehingga, kamu bisa mencoba bangun tidur sejak pukul 4.30 atau 5.00 pagi untuk mempersiapkan diri dan melakukan rutinitas pagimu.

Nah, pastikan juga supaya melakukannya di waktu weekend juga, ya. Dengan begitu, kamu akan terbiasa dan konsisten untuk bangun di waktu serupa setiap hari.

 

6. Rutin Minum Air Putih

Pastikan untuk minum segelas air putih setelah bangun tidur. Dengan begitu, tubuhmu akan terasa lebih segar.

Tidak hanya itu, minum air putih secara rutin juga membantumu terhindar dari dehidrasi. Dilansir dari Indeed, rutin minum air putih di pagi hari akan membuatmu lebih siap menjalani hari untuk bekerja – bahkan turut berpengaruh pada produktivitas.

 

7. Mendapat Asupan Nutrisi yang Cukup

Credit Image - eatthis.com

Untuk menjaga produktivitas harian, tentu saja kamu disarankan menjaga asupan makanan, sehingga tubuh mampu mendapatkan energi yang cukup. Kamu bisa memperbanyak mengonsumsi ikan salmon, sayuran hijau, kacang almond, pisang, dan telur.

Selain itu, kamu juga disarankan memperbanyak asupan vitamin B kompleks yang berperan dalam membantu proses metabolisme. Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau. Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, Enervon Active.

Konsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit.

Ingin segera mendapatkan produk Enervon Active? Yuk, segera kunjungi official store Enervon di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah tips yang perlu kamu terapkan agar tetap produktif ketika bekerja lebih awal. Selamat mencoba, Enervoners.

 

 

Featured Image – thebalancemoney.com

Source – glints.com