Apakah kamu akan segera melakukan menempuh perjalanan dengan jarak yang lumayan jauh? Kalau begitu, informasi di bawah ini tidak boleh dilewatkan, lho.

Menerapkan tips aman perjalanan jarak jauh dengan mobil menjadi hal yang perlu diterapkan, apalagi jika kamu akan bepergian bersama keluarga atau teman. Tak hanya menjadikan perjalanan semakin nyaman – namun, ini juga dibutuhkan agar kamu bisa mencapai tujuan lebih cepat.

Lantas, apa saja sih hal yang baiknya diterapkan selama perjalanan jarak jauh? Berikut ini beberapa di antaranya. Simak informasinya secara lengkap, yuk!

 

 

1. Membuat Rencana dengan Detail

Credit Image - blog.oncallinternational.com

Tips pertama agar perjalanan jarak jauh jadi terasa lebih nyaman dan aman adalah merencanakannya dengan detail. Harus ada tujuan jelas dan apa saja rute yang akan dilalui.

Hal ini berguna untuk menghindari kejadian tersesat atau salah alamat. Selain itu, kamu juga perlu menentukan kapan waktu yang tepat untuk berangkat. Disarankan waktu keberangkatan pilih saat pagi hari.

Sebab, waktu ini cocok dengan keadaan sehari-hari di mana kamu harus bekerja dan beraktivitas di pagi hari. Sehingga, rasa kantuk pun bisa dikurangi. Jadi, jangan sampai lupa untuk memilih rest area mana yang akan jadi tempat istirahat dan melakukan kegiatan seperti beribadah.

 

2. Memilih Mobil yang Cocok untuk Bepergian

Memilih mobil yang tepat untuk bepergian di Indonesia sangat penting karena kamu perlu memastikannya dalam kondisi sempurna untuk berkendara jarak jauh. Tenang, saat ini, sudah ada banyak sekali berbagai macam pilihan mobil untuk dibawa bepergian jarak jauh.

Ingat, ketika ingin berjalan-jalan jauh – atau traveling naik, pastikan kendaraan yang kamu pilih memiliki kriteria irit bahan bakar, memiliki kabin luas, dan mampu menempuh jarak tujuan perjalanan. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan tips ini, ya!

 

3. Cek kendaraan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Credit Image - rac.co.uk

Mengecek keadaan mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh memang menjadi kewajiban yang perlu dilakukan. Sebab, apabila keadaan mobil termasuk mesin, bahan bakar hingga kualitas ban tidak dicek, risiko mogok sangat besar terjadi, lho!

 

4. Rencanakan dan Berkemas yang Ringan

Berkemaslah dengan bijaksana dan jangan membebani kendaraanmu. Ketahui berapa banyak tempat yang akan dikunjungi sepanjang jalan, sehingga kamu dapat menyimpan barang sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

Kemudian, simpan semua dokumen yang diperlukan di satu tempat sehingga kamu tidak perlu mengobrak-abrik barang-barang saat kamu membutuhkannya.

Selain itu, pastikan untuk menjaga agar semua perangkat elektronik terisi penuh sehingga tidak kehabisan baterai di jalan. Kamu juga selalu dapat menitipkan barang bawaan yang lebih besar di hotel dan hanya membawa ransel atau tas selempang jika itu adalah perjalanan sehari.

 

5. Pilih Waktu Tepat untuk Bepergian

Credit Image - lifesavvy.com

Tips perjalanan jarak jauh lainnya, yaitu memilih waktu yang tepat untuk bepergian.

Waktu terbaik untuk perjalanan mobil di Indonesia adalah saat musim kemarau. Biasanya antara Mei dan September ketika cuaca kering dan cerah, cocok untuk perjalanan jauh.

Sedangkan musim hujan di Indonesia antara Oktober dan April dan sebagian besar waktumu akan dihabiskan di dalam ruangan Untuk perjalanan mobil ini bisa sangat sibuk dan bahkan mungkin merusak seluruh perjalanan. Jadi, berhati-hatilah dengan waktu dan musim ketika kamu merencanakan perjalanan.

 

6. Berangkat Lebih Awal

Ketika akan melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan juga kamu berangkat lebih awal, misalnya pada jam 4 atau 5 pagi – di mana kondisi lalu lintas belum terlalu padat. Selain itu, tips ini juga cocok buatmu yang ingin melihat keindahan matahari terbit.

Setelah berada di jalan, hal lain yang harus kamu fokuskan adalah menghindari jalan utama sebanyak mungkin. Meskipun membuat perjalanan sedikit lebih lama, itu juga akan membuatnya lebih tenang dan memberi kesempatan untuk menemukan banyak situs menakjubkan yang dapat kamu nikmati di sepanjang jalan.

 

7. Biar Perjalanan Makin Menyenangkan, Jaga Selalu Kesehatanmu!

Credit Image - foodsafetytrainingcertification.com

Nah, biar perjalanan tetap aman dan menyenangkan, pastikan juga kamu terus menjaga kesehatan tubuh, sehingga liburan tidak terganggu.

Selama kegiatan bepergian pastikan kamu tetap mendapat istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bergizi, serta tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh  – dan pastinya menjaga kekebalan tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, buat kamu yang akan segera melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan sudah menerapkan deretan tips di atas biar kegiatan bepergian makin menyenangkan!

 

 

Featured Image – tripsavvy.com

Source – lifepal.co.id