Meski kasus positif Covid-19 sudah semakin melandai, namun ingat, ancaman virus masih tetap ada. Untuk itu, masyarakat tidak boleh lengah – dan pastikan tetap mendapatkan vaksinasi secara lengkap, termasuk booster.

Kabar baiknya, kini, ada lagi tambahan merek vaksin yang bisa digunakan. Belum lama ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI telah mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Indovac yang dikembangkan oleh PT. Bio Farma bersama Baylor College of Medicine.

 

 

Vaksin Indovac Asal RI Sudah Dapat Izin Darurat

Credit Image - detik.com

Dilansir dari Detik, vaksin Covid-19 Indovac untuk usia 18 tahun ke atas sudah memperoleh izin penggunaan darurat dari BPOM RI. Diketahui, vaksin ini berbasis platform subunit protein – dan dikembangkan oleh PT. Bio Farma bersama Baylor College of Medicine.

Hal tersebut pun sudah disampaikan oleh Kepala BPOM RI, Penny K Lukito. Lebih lanjut, beliau juga menyebut bahwa Indovac tengah menjalani uji klinik untuk menjadi booster vaksin Covid-19.

Selain itu, produsen vaksin Covid-19 Indovac juga sudah mengajukan sertifikasi kehalalan ke Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. Nantinya, setelah mendapat izin edar dan halal, PT. Bio Farma akan menyiapkan tahap awal produksi vaksin Indovac sebanyak maksimal 20 juta dosis.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui dua produk vaksin Covid-19 dalam negeri yakni Indovac dan Inavac. Berbeda dari Indovac, vaksin Inavac berbasis platform inactivated virus dan dikembangkan oleh tim peneliti Universitas Airlangga bersama PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

 

Manfaat Pemberian Vaksin

Credit Image - sultra.antaranews.com

Yang tidak berhentinya untuk diingatkan pada masyarakat, yaitu mengenai manfaat dari vaksinasi Covid-19.

Mungkin vaksin dapat menyebabkan efek samping ringan, seperti demam atau pegal di area suntikan, namun manfaatnya pun tidak kalah baik, termasuk membantu membentuk antibodi yang dapat melindungi tubuh dari paparan virus. Ini beberapa manfaat dari mendapat vaksinasi.

1. Mencegah Penularan Virus

Vaksin corona diuji dan diproduksi di bawah pengawasan dan persetujuan ketat dari ototritas yang berkaitan, sehingga, kamu tak perlu khawatir soal keamanannya. Justru, virus corona diyakini dapat membantu seseorang mengalami sakit parah, jika seseorang tersebut terpapar Covid-19.

Selain itu, vaksin corona pun juga dapat melindungi orang-orang di sekitar, terutama orang yang punya risiko tinggi terinfeksi Covid-19.

 

2. Membantu Membangun Perlindungan

CDC mengungkapkan bahwa Covid-19 memiliki risiko tinggi untuk menyebabkan komplikasi serius – lalu, berujung pada kematian. Belum lagi, Covid-19 dapat ditularkan kepada orang terdekat, seperti teman, keluarga, dan orang di sekitar.

Dengan mendapatkan vaksin virus corona, maka tubuh akan menciptakan respons antibodi, sehingga bisa melindungi seseorang tanpa harus mengalami infeksi.

 

3. Bantu Menghentikan Pandemi

Yang juga tak kalah penting, masyarakat membutuhkan vaksin corona untuk membentuk kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan Covid-19. Meski demikian, vaksinasi juga mesti tetap dibarengi dengan protokol kesehatan untuk benar-benar menghentikan pandemi.

 

Habis Vaksin, Menjaga Imunitas Masih Harus Dilakukan!

Credit Image - healthline.com

Meski sudah diberikan vaksinasi, menjaga kekebalan juga harus tetap dilakukan. Kamu disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, dimulai dari istirahat cukup, tetap berolahraga, mengelola stres dengan baik, menjaga kebersihan diri, serta memaksimalkannya dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang bisa menjaga kekebalan tubuh secara optimal.

Untuk multivitamin, namun sebaiknya apa suplemen yang dikonsumsi? Kamu direkomendasikan meminum multivitamin Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Jika kandungan vitamin C-nya dapat membantu menjaga kekebalan, nah, kandungan vitamin B kompleks di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera membelinya di official store di e-commerce, atau langsung klik di sini, ya!

 

Jadi, itulah informasi mengenai vaksin Indovac asal RI yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM Indonesia.

 

 

Featured Image – covid19.go.id

Source – detik.com