Berada di suatu rutinitas yang monoton bikin bosen!

Hayoo, apakah darimu ada yang tengah merasa bingung menghadapi rutinitas yang tidak berubah? Bahkan, sepertinya tidak ada yang bisa dilakukan lagi untuk karir? Ini tandanya kamu sedang mengalami career plateau.

Career plateau merupakan kondisi di mana pekerja merasa karirnya sulit atau tidak bisa berkembang. Tapi, jangan putus asa dahulu, ya. Karena, masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk keluar dari situasi tersebut, kok.

Tak perlu berlama-lama, yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa Itu Career Plateau?

Credit Image - linovhr.com

Career plateau adalah sebuah fase dalam karier profesional di mana kemungkinan promosi jabatan semakin kecil dan jenis serta kualitas pekerjaan menjadi monoton.

Pekerja yang mengalami career plateau ini cenderung telah berada di satu posisi dalam masa yang lama. Tak hanya posisi, rutinitas kerja, tugas, dan tanggung jawabnya monoton atau itu-itu saja. Ini tentu bisa merasa bosan, kan?

Dilansir dari Bamboo HR, disebutkan bahwa salah satu tanda pekerja mengalami career plateau adalah merasa bosan dan kesulitan untuk mengerjakan tugas serta tidak bisa lagi mengembangkan diri.

Kondisi ini dapat terjadi karena budaya perusahaan juga hierarki organisasi yang sudah tidak bisa lagi berkembang. Namun, ini juga berbeda tergantung pada pengalaman masing-masing individu. Mengutip peopleHum, penyebab karir monoton dibagi dalam dua kategori yaitu:

  • Alasan internal: kurangnya kepercayaan diri karena kejadian tertentu dalam kehidupan karyawan atau hilangnya kemampuan tertentu sehingga karyawan tidak lagi tertarik atau tertantang dengan pekerjaannya.
  • Alasan eksternal: mencapai level yang lebih tinggi dalam aspek kemampuan yang dimiliki, namun perusahaan tidak memiliki posisi yang lebih baik sehingga karyawan bisa memutuskan untuk turnover.

 

Contoh Karir yang Tak Kunjung Berkembang

Walaupun tidak semua, career plateau biasa terjadi dengan karyawan yang sudah bekerja dalam jangka waktu lama. Contoh dari karyawan yang mengalami karir yang monoton adalah sebagai berikut:

Andi telah bekerja perusahaan A yang bergerak dalam bidang kesehatan selama 12 tahun.

Sejak dia lulus, Andi telah bekerja di perusahaan A dan memiliki performa kerja yang baik. Namun, performa yang baik itu mulai berkurang 3 tahun terakhir. Setelah bekerja selama 9 tahun lamanya, Andi merasa stagnan dengan tugas dan tanggung jawab serta posisinya di perusahaan A.

Belum lagi, hierarki perusahaan tidak menyediakan posisi atau jabatan yang lebih tinggi, sehingga Andi merasa tidak bisa berkembang lagi. 

Jadi, apa yang dialami Andi ini adalah contoh dari career plateau. Perasaan bahwa sebagai karyawan, kesempatannya di industri yang sama akan berkurang karena tidak bisa lagi berkembang.

 

Bagaimana Cara Menghadapi Kondisi Tersebut?

Credit Image - appsensi.com

Beberapa cara menghadapi career plateau adalah sebagai berikut:

1. Reskill/upskill

Tips ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rutinitas bekerja yang monoton di perusahaan. Pekerja bisa berpindah ke pekerjaan yang berbeda dan lebih relevan di dalam perusahaan. 

Belajar bidang pekerjaan baru dalam industri yang sama, maupun posisi lain yang sangat berbeda dan mengembangkan kemampuan adalah cara terbaik untuk menghadapi situasi karir yang stuck. Jadi, reskill maupun upskill ini bisa membawa kamu ke posisi atau jabatan yang lebih baik. 

 

2. Perluas cakupan pekerjaan

Jika pekerja tidak bisa naik jabatan karena tidak tersedianya posisi di hierarki suatu perusahaan, job enlargement atau perluasan cakupan pekerjaan bisa diajukan ke HR.

Pekerja bisa mengajukan diri untuk mendapat tanggung jawab lain yang akan membantu dalam pengembangan skill dan kritikal untuk perusahaan. 

 

3. Rotasi pekerjaan

Terkadang berpindah departemen juga bisa menjadi cara untuk mengatasi career plateau dan butuh 100% komitmen dari pekerja. Selain berpindah departemen, berganti posisi di internal departemen yang sama juga bisa membantu mengatasi adanya karir yang tak kunjung berkembang. 

 

4. Ganti pekerjaan atau job switch

Saat vertical growth dalam internal organisasi atau perusahaan sudah tidak bisa diandalkan dalam mengatasi career plateau, pekerja bisa pindah perusahaan bahkan industri.

Berpindah ke perusahaan lain memungkinkan pekerja untuk mendapatkan posisi atau jabatan yang lebih baik juga struktur perusahaan yang tepat. 

 

Biar Jenjang Karir Makin Maksimal, Jaga Terus Produktivitasmu, Ya!

Mengalami career plateau memang tidak menyenangkan, ya? Tapi tenang, jangan patah semangat, karena dengan cara dan strategi yang tepat kamu pun bisa keluar dari kondisi yang satu ini, kok!

Tapi biar jenjang karir makin maksimal – dan skill terus bertambah, pastik kamu sudah menjaga energi biar tidak mudah lelah saat beraktivitas. Pastikan kamu sudah menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara rutin, dan penuhi kebutuhan vitamin dan mineral – yang dapat membantu proses metabolisme.

Selain dari makanan, vitamin dan mineral pun bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active. Tenang, kandungan di dalamnya aman dikonsumsi bagimu yang memiliki lambung sensitif, kok!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk memperoleh produk Enervon Active, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, yuk!

 

Jadi, itulah serba-serbi soal career plateau yang dapat dialami oleh siapa saja. Jika kamu tengah mengalaminya, coba terapkan deretan tips di atas untuk membantu mengatasi situasi ini!

 

 

Featured Image – completewellbeing.com

Source – glints.com