Masih menanggap bahwa karbohidrat merupakan musuh buat tubuh, karena seringkali disebut bisa meningkatkan berat badan? Anggapanmu ini salah, lho. Jenis asupan satu ini dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi untuk bisa beraktivitas dengan baik.

Karbohidrat merupakan zat gizi mikro yang sangat penting. Karbohidrat akan menyuplai glukosa untuk diubah menjadi energi melalui sistem metabolisme.

Karbohidrat terdiri atas dua jenis, yaitu jenis karbohidrat sederhana yang mudah dicerna dan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Keduanya memang sangat diperlukan oleh tubuh. Melansir dari situs Mayo Clinic, manusia mendapatkan sekitar 45-65% kalori dari mengonsumsi karbohidrat setiap hari.

Meski memang bukan musuh, namun kamu tetap perlu berhati-hati dalam memilih sumber karbohidrat – dan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, sehingga tidak memicu risiko masalah kesehatan.

Berikut ini 7 sumber karbohidrat yang dapat kamu konsumsi sehari-hari.

 

 

1. Beras

Credit Image - klikdokter.com

Umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama yang berasal dari beras. Makanan ini masuk dalam jenis biji-bijian yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu sekitar 28 gram karbohidrat untuk setiap 100 gram beras.

Ada beberapa jenis berat yang cukup mudah kamu temukan, yaitu:

  • Beras putih
  • Beras merah
  • Beras cokelat
  • Beras ketan
  • Beras basmati

 

2. Ubi Jalar

Ubi jalar bisa jadi alternatif sumber karbohidrat untuk tubuh. Tak hanya manis, tapi ubi jalar juga mengenyangkan, sekaligus mengandung zat gizi penting untuk tubuh.

Ubi madu dan ubi ungu mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal paparan radikal bebas dan beta karoten untuk mencegah penyakit mata. Setiap 100 gram ubi jalar mengandung 20 gram karbohidrat.

Ada pun beberapa jenis ubi jalar adalah:

  • Bbi jalar putih
  • Ubi jalar madu
  • Ubi jalar merah
  • Ubi jalar ungu

 

3. Jagung

Credit Image - thespruceeats.com

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat tinggi yang rasanya manis dan mudah diolah. Tak hanya dijadikan menu utama, jagung juga digemari sebagai cemilan. Terdapat kandungan 21 gr karbohidrat di setiap 100 gr penyajian.

Jenis-jenis jagung yang umum dikonsumsi masyarakat adalah:

  • Jagung manis
  • Jagung berondong
  • Jagung ketan
  • Jagung mutiara

 

4. Gandum

Gandum adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik serta mengandung beberapa vitamin dan mineral. Makanan yang tergolong biji-bijian ini juga tinggi serat, sehingga membantumu lebih kenyang dalam waktu lama.

Gandum mengandung sekitar 37 – 41 gram karbohidrat pada setiap 100 gram penyajian.

Nah, kamu bisa menemukan kandungan gandum dalam berbagai makanan seperti roti gandum dan pasta. Berikut beberapa jenis gandum yang bisa dikonsumsi:

  • Hard wheat
  • Soft wheat
  • Whole wheat
  • Durum wheat
  • Refined wheat
  • Rich wheat

 

5. Kentang

Credit Image - healthline.com

Banyak yang mengira bahwa kentang adalah jenis karbohidrat yang tidak baik.

Padahal, mengutip pernyataan dietisien Andrea Dunn di situs Cleveland Clinic, kentang baik untuk dikonsumsi jika dalam jumlah yang wajar. Dalam setiap 100 gram kentang, ada sekitar 17 gram kandungan karbohidrat.

Selain itu, kentang memiliki kandungan vitamin C, kalium, dan pati resisten – atau pati yang tidak mudah dicerna – yang bisa membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

Cara memasak kentang yang disarankan adalah dengan mengukus atau memanggangnya. Hindari menggoreng kentang dengan menambahkan banyak bumbu perasa dan garam.

 

6. Quinoa

Sumber karbohidrat yang satu ini mungkin masih jarang terdengar – bahkan jarang dikonsumsi, ya? Namun, quinoa ternyata kaya manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga tubuh dari sindrom metabolik, lho.

Selain itu, quinoa juga mengandung serat dan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain. Seperti yang kamu ketahui, serat sangat penting untuk mencegah sembelit, hemoroid, radang usus buntu (apendisitis), dan divertikulosis.

Quinoa bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat bagi kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Makanan yang termasuk dalam golongan biji-bijian ini mengandung 21 gram karbohidrat dan 120 kkal di setiap 100 gram takaran saji.

 

7. Buah-Buahan

Credit Image - healthshots.com

Buah-buahan juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi. Jenis makanan yang satu ini mengandung gula alami yang akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Tapi, pilihlah buah-buahan yang kaya serat sehingga kamu bisa kenyang lebih lama, seperti raspberry, pir, apel, dan pisang.

Nah, kamu bisa mencampurkan buah-buahan ini ke dalam yoghurt atau oatmeal, atau bisa juga dijadikan salad. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dapat mencegah risiko masalah kesehatan seperti konstipasi, ambeien, dan penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya bisa menjadi sumber karbohidrat, tetapi rutin mengonsumsi buah-buahan juga dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh, lho. Ini tentu bermanfaat baik bagi sistem imunitas tubuh.

Selain dari buah-buahan, mencukupi kebutuhan vitamin juga disarankan dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Tidak selalu nasi, kamu juga bisa memilih berbagai sumber karbohidrat di atas, ya. Meski dibutuhkan tubuh, tapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat, karena hal ini akan memengaruhi berat badan.

 

 

Featured Image – downshiftology.com

Source – hellosehat.com