Saat berada di tengah tekanan, tuntutan pekerjaan, atau situasi di kantor yang kurang menyenangkan, seseorang menjadi rentan mengalami stress. Sebenarnya, stress sendiri merupakan respon alami yang terkadang dibutuhkan tubuh.

Meski normal, tetapi stress karena pekerjaan yang berkepanjangan dan berat ternyata bisa memicu dampak yang tidak baik pada tubuh. Dalam kasus yang parah, bahkan stress dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung coroner. Meski tidak berkaitan secara langsung, tapi stress kerja yang berlebihan bisa memicu kondisi ini.

Stress kerja berujung penyakit jantung coroner, bagaimana bisa?

Credit: inews.co.uk

Sebenarnya, stress bukan penyebab langsung dari penyakit jantung. Namun, stress dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung, terutama serangan jantung atau gagal jantung. Hal ini berkaitan dengan perubahan kondisi tubuh yang terjadi ketika kamu mengalami stress. Perubahan ini nantinya menjadi pemicu terjaadinya gangguan pada kesehatan dan salah satunya adalah jantung.

Ketika kamu merasa tertekan, maka tekanan darah pun secara alami akan meningkat. Pada kondisi ini, dampak buruk dari hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyerang kapan saja.

Selain itu, tekanan darah tinggi juga bisa meningkatkan risiko terserangnya penyakit jantung. Karena, saat tekanan darah tinggi, maka aliran darah menjadi tidak lancar kemudian menimbulkan gangguan pada kerja organ jantung. Tekanan darah tinggi disebut menjadi salah satu faktor pemicu serangan jantung, gagal jantung, hingga stroke.

Bagaimana cara mengatasinya?

Credit: jawapos.com

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya hindari stress kerja yang berkepanjangan. Kamu bisa belajar untuk mengelola sres dengan baik, salah satunya dengan mengetahui batasan tubuh. Saat kamu merasa stress, lampiaskan hal tersebut dengan melakukan hobi atau hal positif lain, misalnya bercerita kepada orang terdekat.

Selain itu, kamu bisa mengubah pola hidup dengan melakukan perubahan. Hindari risiko gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung dengan mulai membiasakan diri untuk berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan istirahat cukup. Dengan begitu, tubuh akan jadi lebih rileks dan terhindar dari stress berkepanjangan.

 

Featured Image - hellosehat.com