Corona Masih Ada! Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Omicron Baru

Corona Masih Ada! Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Omicron Baru

Waduh, subvarian Covid-19 baru kembali terdeteksi!

Jangan anggap bahwa virus corona sudah benar-benar lenyap, ya. Buktinya subvarian baru dari virus tersebut kembali ditemukan, yaitu Omicron XBB. Tentunya hal ini membuatmu semakin waspada akan penularan penyakit.

Bagaimana jika akhirnya terpapar Covid-19 subvarian ini? Maka kamu direkomendasikan untuk segera isolasi mandiri – dan melakukan berbagai cara mengatasi gejala Omicron, sehingga proses pemulihan dapat lebih maksimal.

Dilansir dari Halodoc, penelitian telah membuktikan jika gejala Omicron sangat mirip dengan flu. Hal inilah yang membuat banyak orang yang tertular tidak menyadarinya, karena menanggap hanya flu biasa.

Nah, karena gejalanya yang cenderung ringan tersebut, pengobatan ala rumahan bisa menjadi cara mengatasi gejala Omicron yang sederhana. Apa saja yang bisa dilakukan? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Hidrasi Tubuh

Corona Masih Ada! Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Omicron Baru

Credit Image - health.grid.id

Tenggorokan yang sakit pasti amat mengganggu saat menelan. Untuk mengatasinya, kamu hanya cukup meminum air putih secara rutin untuk melembapkan tenggorokan. Konsumsi air putih juga penting untuk hidrasi tubuh sehingga bisa terhindar dari dehidrasi. 

Selain untuk menghidrasi tubuh, cara mengatasi gejala Omicron ini juga dapat membantu membawa oksigen ke sel-sel tubuh yang akan membantu fungsi organ tubuh, termasuk sistem imunitas. Diketahui, kekebalan yang kuat akan mempercepat proses pemulihan.

 

2. Konsumsi Madu Hangat

Selain air putih, kamu bisa mencoba madu hangat untuk menghidrasi tubuh dengan tambahan manfaat lain. Madu yang dicampur dengan teh, jeruk nipis atau air hangat cukup efektif untuk melegakan tenggorokan yang sakit.

Sifat anti-inflamasidan anti-bakterinya mampu menenangkan tenggorokan dengan melembapkannya. Bukan hanya itu, madu juga dapat mengurangi sekresi lendir dan batuk yang kerap dialami oleh pasien subvarian Omicron.

 

3. Berkumur dengan Air Garam

Corona Masih Ada! Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Omicron Baru

Credit Image - health.kompas.co

Nah, sepertinya cara mengatasi gejala Omicron satu ini sudah tidak lagi asing, karena termasuk cara tradisional yang sering dilakukan. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, sekaligus membersihkan atau membilas tenggorokan. Larutan garam terbukti efektif membunuh bakteri di tenggorokan. 

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan satu setengah sendok teh garam dalam 250 mililiter air hangat. Berkumurlah setiap tiga jam sekali sampai batuk dan sakit tenggorokan mereda.

 

4. Rajin Konsumsi Sup Kaldu

Sup kaldu hangat juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk meredakan gejala Omicron yang mirip flu. Makanan ini bersifat menenangkan dan juga mengenyangkan. Tambahkan bawang putih ke dalam sup untuk mendapatkan manfaat lebih. Bawang putih mengandung senyawa bioaktif yang bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi, lho!

 

5. Menghirup Uap

Corona Masih Ada! Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Omicron Baru

Credit Image - ngopibareng.id

Jika kamu mengalami hidung tersumbat selama infeksi Covid-19, kalau begitu cara mengatasi gejala Omicron ini wajib untuk dicoba, ya!

Menghirup uap dari panci berisi air hangat dapat membantu melegakan hidung tersumbat, melembapkan tenggorokan bahkan menenangkan paru-paru. Udara lembap juga dapat meredakan pembengkakan di hidung dan paru-paru yang pada gilirannya dapat mengatasi batuk kering, hidung teriritasi, dan sesak dada. 

 

6. Banyak Beristirahat

Penting untuk beristirahat lebih banyak ketika sedang terserang flu, apalagi jika flu yang kamu alami disebabkan oleh Covid-19 varian Omicron. Tidur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu tubuh dalam melawan infeksi virus. Saat berbaring, cobalah berbaring ke sisi kanan atau kiri untuk membantu menghilangkan dahak dengan cepat.

 

7. Konsumsi Vitamin untuk Menguatkan Kekebalan Tubuh

Corona Masih Ada! Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Omicron Baru

Credit Image - kdvr.com

Sudah bukan hal asing lagi kalau mendapat asupan vitamin merupakan salah satu cara mengatasi gejala Omicron. Vitamin dapat membantu menguatkan sistem imunitas, sehingga penyakit dapat dilawan secara maksimal.

Untuk meningkatkan kekebalan, pastikan kamu sudah mendapat asupan nutrisi lengkap. Tidak hanya dari makanan saja, namun kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C.

Nah, kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon Active secara rutin, ya!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – kandungan vitamin C yang ramah dilambung akan membantu menjaga imunitas, dan vitamin B kompleksnya dapat mengoptimalkan energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Selain itu, kombinasi vitamin C dan zinc di dalamnya dapat membantu memaksimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Ini penting untuk melawan penyakit, termasuk Covid-19.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

Yang tak kalah pentingnya selama penyembuhan infeksi Covid-19, pasien diwajibkan mendapat makanan bergizi seimbang, sebisa mungkin tetap berolahraga – bisa lakukan aktivitas ringan saja, rutin berjemur, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Bagi pasien tanpa gejala dan mengalami gejala ringan, bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Tetapi pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat – ada baiknya dirawat d rumah sakit agar berada dalam pemantauan ahlinya.

 

Jadi, itulah ketujuh cara mengatasi gejala Omicron yang bisa dilakukan di rumah. Jika kamu mengalami gejala Covid-19, segera lakukan isolasi mandiri – dan jika gejala memburuk, jangan ragu untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan, ya.

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!