Traveling dengan menjadi backpacker terdengar menyenangkan, ya?

Sudah bukan rahasia lagi kalau backpacker adalah salah satu solusi yang bisa kamu pilih jika ingin liburan hemat. Jadi, liburan memang tidak harus mengeluarkan uang banyak, kok. Dengan libur ala-ala ini, kamu bisa memangkas banyak pengeluaran dan mendapat kesempatan untuk berpetualang.

Nah, jika kamu ingin mencoba liburan dengan gaya backpacker tapi bingung harus mulai dari mana, jangan asal langsung nekat melakukannya, ya. Ada baiknya kamu mencari tahu hal penting yang harus dilakukan. Apa saja hal tersebut?

Simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

1. Buat Rincian Liburan yang Matang

Credit Image - misteraladin.com

Hal pertama yang harus diperhatikan saat belibur dengan cara backpacker adalah membuat daftar rencana liburan – atau itinerary. Ini merupakan bagian hal yang sangat penting dilakukan sebelum memulai petualangan terutama bagi kamu yang masih pemula. 

Nah, rincian perjalanan ini akan menjadi panduan kamu dan membantu agar alur perjalanan kamu lebih terurut dan tidak berantakan.

Lalu bagaimana cara untuk membuat rincian perjalanan? Kamu tinggal tulis beberapa rangkaian jadwal perjalananmu, tempat yang akan kamu kunjungi, durasi waktu saat perjalanan dan saat mengeksplor destinasi yang kamu tuju.

Selain itu, kamu juga bisa tulis beberapa informasi tambahan yang sekiranya diperlukan. Informasi tambahan tersebut bisa berupa jam operasional tempat wisata yang ingin kamu kunjungi dan jadwal transportasi umum yang akan kamu gunakan.

 

2. Kumpulkan Referensi Secara Lengkap

Tips selanjutnya dalam melakukan perjalanan ala backpacker adalah mengumpulkan referensi dengan lengkap.

Misalnya, tentukan perkiraan budget yang harus kamu keluarkan saat berlibur. Pastikan uang tunai kamu pun tersedia sesuai dengan perkiraan bujet jika kamu akan liburan backpacker di tempat yang sekiranya sulit utuk kamu mencari mesin ATM.

Kemudian, kumpulkan juga informasi yang kamu perlukan selama perjalanan nanti. Tenang, hidup di zaman teknologi seperti sekarang ini kamu tentu tidak lagi repot untuk mencari informasi – dan sumber referensi, kan?

 

3. Bawa Barang Secukupnya Saja

Credit Image - roadaffair.com

Lakukan proses sortir barang apa saja yang kamu perlu bawa saat liburan. Namanya juga backpacker, tentu barang yang kamu bawa seharusnya lebih ringkes, ya. Jadi, bawalah barang seperlunya. Misalnya, kamu bisa membawa satu buah ransel berukuran sedang hingga besar dan sebuah tas selempang kecil yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang barang penting.

Gak mau kan jika barang bawaanmu malah hilang atau lupa tertinggal saking terlalu banyaknya barang yang kamu bawa? Kamu jadi harus lebih waspada dan menjaga barang-barang bawaan kamu yang banyak dengan penuh perhatian. Hal ini tentunya membuat kamu jadi melewati momen-momen perjalanan yang seharusnya bisa nikmati dengan leluasa!

 

4. Memilih Transporasi Umum atau Berjalan Kaki

Sederhananya, bepergian ala backpacker adalah cara liburan yang lebih sederhana – dan tentunya hemat budget. Ini juga berkaitan dengan masalah transportasi, lho.

Agar liburan ala backpacker kamu menjadi lebih adventurous sekaligus lebih hemat sebaiknya kamu memilih moda transportasi umum. Lakukan riset terlebih dahulu opsi transposrtasi umum apa saja yang bisa kamu gunakan di destinasi yang kamu akan tuju. Kamu bisa memilih moda transportasi umum seperti kereta dan bus.

Jika memang tempat yang akan kamu tempuh tidak begitu jauh kamu bisa berjalan kaki. Selain menyehatkan tentunya berjalan kaki membuat kamu lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Keuntungan lainnya dari berjalan kaki adalah kamu bisa menjadi orang yang beruntung yang menemukan hal unik tersembunyi di sekitar tempat tersebut.

 

5. Pilih Destinasi Liburan yang Backpacker Friendly

Credit Image - rei.com

Penting untuk kamu mempertimbangkan destinasi liburan yang backpacker atau travel friendly. Destinasi liburan yang ramah wisawatan atau backpacker akan membuat kamu menjadi lebih tenang dan aman saat mengeksplor tempat-tempat unik yang ada di sana.

Beberapa destinasi liburan mungkin saja merupakan tempat yang rawan kejahatan seperti pencopetan. Hal ini tentu akan membuat kamu tidak leluasa dalam mengeksplor tiap sudut tempat tersebut. Perasaan takut dan was-was akan menyelimuti kamu sepanjang perjalanan.

Tentu hal tersebut akan membuatmu tidak nyaman. Oleh karena itu pastikan tempat yang kamu tuju itu travel dan backpacker friendly, ya!

 

6. Update Tiket Promo Transporasi dan Penginapan

Yang tidak kalah pentingnya dalam melakukan perjalanan ala backpacker adalah selalu up-to-date dengan infromasi promo transportasi juga penginapan saat liburan. Tentu harga yang murah menjadi buruan para backpacker.

Oleh karena itu kamu harus pintar mencari promo yang bisa kamu gunakan untuk transportasi seperti tiket pesawat juga penginapan. Nah, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi yang memberitahu promo yang bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga menarik.

 

7. Tetap Menjaga Kesehatan Selama Perjalanan

Credit Image - theguardian.com

Nah, biar perjalanan tetap aman dan menyenangkan, pastikan juga kamu terus menjaga kesehatan tubuh, sehingga liburan tidak terganggu. Seperti diketahui, traveling dengan menjadi backpacker adalah cara berlibur yang membutuhkan banyak energi. Kamu tak inginkan momen liburan menjadi terganggu hanya karena kamu kecapean atau malah jatuh sakit?

Selama kegiatan bepergian pastikan kamu tetap mendapat istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bergizi, serta tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh – dan pastinya menjaga kekebalan tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tak gampang terkena penyakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat berkendara.

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa mendapatkannya dengan klik di sini, ya.

 

Jadi, bepergian dengan cara backpacker adalah salah satu alternatif buatmu yang ingin berlibur dengan budget hemat. Cara ini pun menyenangkan, lho. Sayang sekali jika kamu tidak mencobanya at least sekali seumur hidup!

 

 

Featured Image – blog.bankneocommerce.co.id

Source – bobobox.co.id