Tahukah kamu bahwa berdasarkan penelitian medis, seseorang yang berpikir positif – dan terus bahagia cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat? Yap, sepertinya bukan hal baru lagi kalau manfaat bahagia bagi kesehatan benar-benar dapat dirasakan.

Hal ini sifatnya dua arah, lho. Kebahagiaan akan memberi efek bagi tubuh, sehingga menjadi lebih sehat. Sementara itu, tubuh yang sehat pun akan memberi rasa bahagia bagi seseorang. Apakah kamu setuju akan hal yang satu ini?

Manfaat bahagia pun cukup banyak – yang berkaitan dengan kondisi tubuh dan pikiran. Berikut ini beberapa efek positifnya yang perlu diketahui.

 

 

Bahagia Membuat Kesehatan Fisik dan Mental Menjadi Lebih Baik

Credit Image - riliv.co

Banyak faktor yang dapat memengaruhi kebahagiaan seseorang, mulai dari suasana hati, pekerjaan, hingga lingkungan sekitarnya. Manfaat bahagia bagi kesehatan dapat terpancar dari kondisi mental yang baik.

Sebuah penelitian menyatakan, kondisi emosional seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Ada orang yang cenderung memiliki kondisi emosi yang stabil, namun di sisi lain ada juga yang memiliki kondisi emosional yang cukup fluktuatif atau mengalami pasang surut.

Pada orang dengan emosi stabil, mungkin tidak mengalami kesulitan untuk mengendalikannya dalam kondisi apa pun. Bagi orang yang kesulitan dalam hal ini, butuh upaya lebih besar untuk mengontrolnya. Meski sulit, hal ini harus terus dilatih.

Berdasarkan pemaparan dari Harvard School of Public Health, dengan mengontrol emosi dengan baik, dapat menjaga kesehatan mental yang juga berperan penting bagi kesehatan tubuh. Dan, perlu diingat, orang yang dikatakan sehat harus dinilai secara fisik dan mental, ya!

Selain berkaitan dengan mental, tentu saja bahagia akan membuatmu lebih sehat secara fisik. Hal ini dikarenakan rasa senang juga dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh. Orang yang lebih sering menggerutu atau mengeluh cenderung lebih sering mengalami sakit.

Beberapa penelitian pun mendukung hal ini. Terlihat bahwa seseorang yang bahagia akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Manfaat bahagia bagi kesehatan penting biar tidak gampang sakit.

 

Dapat Memicu Pola Hidup Sehat

Credit Image - thehealthytreehouse.com

Orang yang terus bahagia akan lebih semangat untuk menjalani hari, termasuk untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan menerapkan kebiasaan yang baik setiap harinya, pasti kesehatan tubuh pun terjaga.

Bila seseorang bahagia, ia akan semangat untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang, rutin olahraga, dan cukup istirahat. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. Sederhananya, orang yang bahagia akan lebih mudah – dan cenderung sering melakukan self-care, termasuk dengan menjaga kesehatan tubuh.

Selain dengan pola hidup sehat yang sudah disebut di atas, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat memaksimalkan energi tubuh, sehingga kamu tidak mudah lelah selama beraktivitas.

Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active – cocok banget untukmu yang punya jadwal padat.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, multivitamin Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon!

 

Bahagia Juga Memberikan Manfaat Lainnya

Credit Image - kapanlagi.com

Selain dapat menjaga kesehatan mental sekaligus memacu seseorang untuk hidup lebih sehat, rasa bahagia juga bisa memberikan dampak baik lainnya, yaitu:

1. Menjaga kesehatan jantung

Orang yang bahagia akan memiliki kondisi psikologis yang lebih stabil. Beberapa penelitian menyatakan, dengan menjaga kondisi psikis yang baik, dapat melindungi seseorang dari berbagai penyakit jantung.

 

2. Menghindari risiko stroke

Selain dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, pengendalian emosi yang baik dan tetap bahagia dapat melindungi dari penyakit yang melibatkan pembuluh darah otak, seperti stroke.

 

3. Tekanan darah menjadi lebih stabil

Bila kamu selalu bahagia dan semangat menjalani pola hidup sehat, pasti metabolisme tubuh jadi lebih baik. Dengan membiasakannya setiap hari, dapat membantu menjaga tekanan darah agar terus stabil.

 

4. Menjaga berat badan dieal

Efek bahagia pada tubuh juga bisa terlihat dari berat badan, lho. Dengan bahagia, metabolisme tubuh lebih baik dan dapat membantu menjaga berat badan ideal karena pola hidup akan lebih teratur dan sehat.

 

5. Memperpanjang usia

Dengan terus bahagia, kondisi fisik dan mental seseorang akan cenderung lebih baik dan stabil. Hal ini dapat membantunya untuk berumur lebih panjang dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Selain itu, rasa bahagia akan membantu menurunkan risiko perburukan penyakit kronis, lho. Beberapa penelitian menunjukkan, dengan terus bahagia dapat membantu mencegah terjadinya perburukan meski seseorang mengalami penyakit kronis, seperti diabetes dan AIDS.

Hal ini bisa dipicu oleh adanya semangat untuk menjalani terapi yang diberikan oleh dokter, optimis untuk pulih, dan tetap beraktivitas seperti biasa.

 

Wah, dari penjelasan di atas, rasa bahagia memiliki dampak yang baik, terutama untuk kesehatan fisik dan mental, ya. Untuk menambah kebahagiaanmu, pastikan kamu selalu bersyukur, memilih lingkungan pertemanan yang baik, dan tentunya melakukan hal yang disenangi!

 

 

Featured Image – plus.kapanlagi.com

Source – klikdokter.com