Ahli gizi atau pakar diet dan nutrisi menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan, terutama makanan berat menjelang tidur di malam hari. Tapi, terkadang rasa lapar muncul saat malam hari seringkali tidak tertahankan.

Sebenarnya, makan di malam hari bukanlah hal yang dilarang, hanya saja sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berprotein, karbohidrat tinggi, minuman beralkohol, dan makanan pedas. Sebaliknya, pilihlah snack sehat dengan porsi yang kecil.

Apa saja snack sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika lapar di malam hari? Berikut ulasannya.

1. Kurma dan selai kacang

Credit: bingeworthybites.com

Kamu bisa mengonsumsi beberapa buah kurma yang dioles selai kacang, sebagai pilihan snack sehat di malam hari. Kurma mengandung sumber energi dan serat yang memberi rasa kenyang serta baik bagi pencernaan. Sedangkan, selai kacang merupakan sumber protein yang mengandung lemak sehat.

2. Roti gandum dengan selai kacang

Credit: superhealthykids.com

Karbohidrat kompleks dari roti dapat mendorong pelepasan insulin yang membantu tryptophan menuju ke otak dan membuatmu mengantuk. Olesan selai kacang dapat memberikan protein dan lemak sehat yang digunakan tubuh untuk berproses ketika kamu tidur.

3. Buah segar

Credit: theadventurebite.com

Buah juga bisa jadi pilihan snack sehat ketika kamu ingin sesuatu yang manis. Setengah potong buah mangga, satu cangkir melon potong, atau satu buah pisang merupakan buah yang ideal untuk dikonsumsi di malam hari. dan untuk tambahan protein, kamu bisa mencampurnya dengan secangkir yogurt.

4. Es krim dengan topping berprotein

Credit: taste.com.au

Tidak harus takut makan es krim di malam hari jika kamu benar- benar menginginkannya. Es krim terbuat dari susu yang mengandung karbohidrat dan protein. Agar lebih bernutrisi, tambahkan topping seperti cacahan kacang almond, remahan kelapa kering, atau buah- buahan beku.

5. Pisang dengan selai kacang

Credit: .lifestyleofanaturalista.com

Pisang yang kaya akan melatonin dapat membantumu jadi lebih cepat merasa ngantuk dan tertidur. Sementara, protein dari selai kacang dapat membantumu merasa lebih kenyang. Kamu bisa memotong- motong pisang dan oleskan selai kacang di atasnya. Simple bukan?

 

Itu dia 5 snack sehat yang baik dikonsumsi ketika malam hari. Selain sehat dan bergizi, kelima snack tersebut juga rendah akan kalori, jadi kamu tidak perlu khawatir takut gemuk karena mengonsumsi snack- snack sehat tersebut.

 

Featured Image - barefeetinthekitchen.com