Setiap manusia pasti membutuhkan istirahat. Jadi, wajar jika pada waktu-waktu tertentu kamu merasa lemas dan mengantuk. Karena, pada dasarnya seseorang pasti membutuhkan tidur – dan ada batasan energi yang bisa kamu gunakan untuk beraktivitas setiap harinya.

Yang mengkhawatirkan adalah jika kamu terus merasa lemas sepanjang hari, atau bahkan rasanya hanya ingin rebahan dan tidur saja. Kalau sudah begini, jangan disepelekan, pasalnya ini tandanya kalau kamu sedang tidak baik-baik.

Kondisi tersebut bisa menjadi pertanda penyakit hingga adanya beban psikologis yang membuatmu seperti kehilangan energi.

Berikut ini berbagai penyebab kamu sering merasa lemas sepanjang hari.

 

 

1. Kurang Istirahat

Credit Image - health.kompas.com

Penyebab pertama kenapa tubuhmu lemas bisa jadi karena kamu yang kurang istirahat. Yang mana menjadi suatu hal yang wajar dirimu lemas dan tak bertenaga ketika istirahatmu tidak mencukupi kebutuhan. 

Coba pikir-pikir apakah belakangan ini kamu sering kerja lembur, melakukan banyak kegiatan lebih dari biasanya, atau begadang hingga larut malam? Bisa jadi itulah yang menyebabkan waktu istirahatmu kurang. 

 

2. Sedang Mengalami Stres

Tubuh lemas dan cenderung ingin tidur terus juga bisa saja merupakan pertanda kalau kamu sedang mengalami stres. Di tahap ini mungkin masih berupa stres ringan karena belum berdampak terlalu fatal pada tubuhmu. 

Akan tetapi hal seperti ini baiknya cepat disadari, tentang apa yang membuatmu stres dan apa yang menjadi beban pikiranmu. Karena ketika beban pikiran bertambah, kamu cenderung malas melakukan apa pun, kurang konsentrasi dan bawaannya ingin tidur terus untuk meringankan kepala yang terasa berat. 

 

3. Gula Darah yang Tinggi

Credit Image - culturebully.com

Gula darah yang tinggi juga bisa menjadi penyebab kenapa badanku terasa lemas dan sering mengantuk. Bisa dibilang bahwa ini merupakan salah satu gejala dari diabetes, dan akan lebih baik jika kamu periksakan ke dokter. 

Hal-hal yang membuat gula darahmu tinggi bisa jadi karena mengonsumsi banyak makanan manis dan terlalu banyak makan nasi. Sehingga dampaknya membuatmu jadi mengantuk dan ingin tidur terus. 

 

4. Kurang Gerak dan Jarang Olahraga

Sederhananya, tubuh terasa lemas dan kantuk yang berkepanjangan bisa jadi karena kamu kurang gerak dan olahraga. Yang mana kamu mungkin keseringan malas melakukan aktivitas berat dan lebih memilih bermalas-malasan saja. 

Tubuh yang jarang digerakkan dan dibawa melakukan aktivitas perlahan-lahan jadinya lemas, pun dengan energi yang sedikit dibanding orang-orang pada umumnya. Maka dari itu sebenarnya gak ada salahnya buat berolahraga ringan untuk menjaga diri supaya tidak lemas dan mengantuk terus sepanjang hari. 

 

5. Terlalu Banyak Makan

Credit Image - sehatq.com

Terlalu banyak makan adalah penyebab terakhir kenapa kamu lemas dan ingin tidur terus. Yang mana menjadi respons wajar pada tubuh bahwa setelah makan dan perut kenyang jadinya mengantuk. 

Tapi mengatasinya sebenarnya cukup mudah, yaitu setelah makan kamu jangan tidur-tiduran atau bermalas-malasan. Namun bawa gerak tubuhmu untuk bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, alias buatlah dirimu produktif supaya gak lemas dan mengantuk! 

 

  1. Kurang Asupan Vitamin dan Mineral

Nah, selain berbagai penyebab di atas, tubuh yang mudah lemas – atau berasa tidak bertenaga sepanjang hari juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin dan mineral. Kedua nutrisi tersebut memang dikenal memiliki peran penting dalam proses metabolisme, di mana makanan akan diubah menjadi sumber energi.

Untuk mencukupi asupan vitamin dan mineral harian, kamu disarankan mengonsumsi makanan bergizi tinggi sekaligus rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang berguna untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu agar tidah mudah terserang penyakit.

Tak perlu khawatir, kandungan vitamin C-nya pun aman di lambung sensitif, lho!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Mulai sekarang, jangan kalah sama lelah, yuk, lawan rasa lemas bersama Enervon Active.

Tunggu apa lagi? Segera konsumsi produk multivitamin andalan kaum aktif yang satu ini, yuk! Kamu bisa mendapatkannya di official store-nya di Tokopedia, ya.

 

Beristirahat memang diperlukan, tapi tidak sampai berlebihan, atau bahkan kamu malah merasa ingin tidur seharian saja. Jika sedang mengalami tubuh yang gampang lemas, coba perhatikan kembali deretan penyebab di atas – dan atasi dengan tepat!

 

 

Featured Image – bali.voi.id

Source – idntimes.com