Kalau pilek sudah pasti harus segera minum obat? Tentu tidak, lho, Enervoners. Karena, terdapat sejumlah cara mengatasi pilek secara alami yang dapat kamu lakukan di rumah.

Pilek atau hidung meler merupakan gangguan kesehatan yang sering dialami oleh siapa saja. Adapun sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan hidung yang tersumbat, yaitu common cold, influenza, rhinitis alergi, dan sinusitis. Dalam kasus lain, pilek juga bisa disebabkan oleh polip hidung, perubahan hormon, dan lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan, cara mengatasi pilek tak harus melibatkan obat medis, kok. Berikut ini cara meredakan gejala hidung meler yang dapat kamu lakukan. Simak informasi lengkapnya, ya!

 

 

1. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Credit Image - halodoc.com

Cara mengatasi pilek yang pertama, yaitu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Pastikan kamu sudah memperbanyak minum cairan agar tubuh tidak dehidrasi, ya. Cairan seperti air putih dan jus buah dapat mengurangi gejala hidung mampet terutama yang disebabkan oleh influenza dan common cold.

Dengan banyak minum, dapat membantu mengencerkan lendir yang berada dalam saluran hidung dan tenggorokan. Beberapa jenis minuman boleh dikonsumsi, seperti air putih, jus buah dan teh hangat. Hindari minuman seperti alkohol, kopi, dan soda berkafein yang bisa memperburuk dehidrasi.

 

2. Istirahat yang Cukup, Ya!

Mendapat waktu tidur yang cukup memang diketahui dapat menjaga kondisi tubuh, begitu pula membantu mempercepat pemulihan ketika sedang sakit. Cukup dengan merebahkan tubuh dan tidur dengan nyenyak agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat.

 

3. Terapi Uap

Credit Image - surabayapagi.com

Cara mengatasi pilek lainnya yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan memanaskan air hingga menghasilkan uap dan menambahkan oil peppermint atau minyak kayu putih. Tempatkan wajah di atas uap selama 20-30 menit. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan beristirahatlah jika uap ini terlalu panas di wajah.

Jadi, ketika kamu mengalami hidung mampet, terapi uap bisa menjadi salah satu langkah yang dapat membantu meredakan kondisi tersebut, lho!

 

4. Konsumsi Sup juga Direkomendasikan

Saat pilek atau flu dan batuk menyerang, salah satu makanan sebagai cara mengatasi pilek dengan cepat adalah sup daging sapi atau ayam hangat. Sup mengandung protein yang sangat baik untuk meregenerasi sel tubuh. Dan campuran sayur-sayuran yang tinggi akan antioksidan dan juga vitamin serta mineral untuk mempercepat pemulihan.

 

5. Mandi dengan Air Panas

Credit Image - eatthis.com

Cara mengatasi pilek selanjutnya, kamu bisa mencoba dengan mandi air panas. Sama seperti minum teh panas atau melakukan terapi uap wajah, mandi air hangat juga diyakini dapat membantu meringankan hidung meler atau pilek.

 

6. Menggunakan Neti Pot

Untuk membantu mengatasi masalah pilek, kamu bisa menggunakan bantuan neti pot. Apakah alat tersebut?

Neti pot merupakan alat berbentuk teko kecil yang diisi air dan larutan garam. Fungsinya adalah untuk mengatasi peradangan sinus dengan mengaliri sinus dengan air menggunakan neti pot. Alat ini bisa membantu keluarkan lendir melalui cairan.

 

7. Konsumsi Teh Hangat dan Lemon

Credit Image - indiastea.com

Udara kering dan panas bisa membuat daya tahan tubuh cepat menurun. Tubuhpun mudah terserang flu dengan gejala pilek dan batuk. Teh panas yang diberi campuran jeruk lemon mengandung vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Lemon dapat merangsang pengeluaran dahak dan membantu tubuh cepat pulih dari pilek. Cara mengatasi pilek dalam sehari bisa dilakukan dengan menambahkan air jeruk lemon segar dengan teh panas dan bisa ditambahkan dengan madu atau gula batu sebagai pemanis.

 

8. Konsumsi Suplemen Vitamin untuk Membantu Kuatkan Imunitas Tubuh

Seperti diketahui vitamin dapat membantu meningkatkan kekebalan, sehingga asupannya penting dicukupi, terlebih saat sakit. Untuk itu, cara mengatasi pilek berikutnya, kamu perlu mendapat asupan nutrisi lengkap, termasuk mikronutrien.

Tidak hanya dari makanan saja, namun kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya yang memiliki kandungan vitamin C, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Jadi, tidak harus segera minum obat, kok. Kamu bisa melakukan tips di atas sebagai cara mengatasi pilek secara alami. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source – detik.com