Ditanya Tujuan Karir Saat Interview? Ini 7 Cara Menjawabnya

Ditanya Tujuan Karir Saat Interview? Ini 7 Cara Menjawabnya

“Apa tujuan karir kamu?” pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut seringkali ditanyakan oleh rekruter kepada kandidat ketika wawancara kerja, ya. Agar tak salah-salah, pastikan kamu sudah tahu cara menjawab pertanyaan tersebut!

Menurut The Balance Careers, pertanyaan soal tujuan karir dilontarkan karena rekruter ingin mengetahui visi dari sang kandidat. Selain itu, pertanyaan ini juga bisa menunjukkan berapa lama kamu ingin bekerja di perusahaan mereka.

Nah, biar kamu gak bingung – bahkan sampai gelagapan ketika ditanya pertanyaan tersebut, berikut Enervon akan kasih tips untuk menjawabnya. Yuk, simak rangkuman lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Tentukan Dulu Goals dari Karirmu

Ditanya Tujuan Karir Saat Interview? Ini 7 Cara Menjawabnya

Credit Image - abacus.careers

Sebelum kamu berangkat untuk interview, pastikan telah memikirkan sekaligus merencanakan apa sebenarnya tujuan dari karirmu, ya!

Hal ini bertujuan agar kamu tidak kaget saat tiba-tiba rekruter mengajukan pertanyaan interview apa goals dari karir yang ingin kamu capai. Jadi, menurut Indeed pastikan kamu sudah memikirkan apa sebenarnya rencana karir baik itu jangka pendek atau jangka panjang.

 

2. Riset Dulu Soal Posisi dan Perusahaan yang Dilamar

Hal utama yang perlu dilakukan oleh setiap kandidat yang akan melakukan interview adalah melakukan riset. Baik itu terkait posisi atau perusahaan yang sedang dilamar.

Saat menjawab pertanyaan tujuan karir, pastikan kamu memberikan jawaban yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jadi, rekruter akan mengetahui bahwa tujuan karier kamu memang sesuai dengan posisi dan tujuan dari perusahaan.

 

3. Berikan Jawaban yang Hanya Fokus pada Karir, Ya!

Ditanya Tujuan Karir Saat Interview? Ini 7 Cara Menjawabnya

Credit Image - freesumes.com

Hal yang satu ini juga perlu kamu perhatikan agar kamu bisa memberikan jawaban yang singkat dan penuh informasi kepada rekruter. Dengan memberikan jawaban yang hanya fokus pada karier, tentu akan menjauhkanmu dari memberikan jawaban yang terlalu bertele-tele.

Untuk itu, pastikan kamu fokus pada penjelasan mengenai kemampuan, pengalaman, dan seperti apa tujuan yang ingin dicapai dalam berkarier.

 

4. Mulai dengan Tujuan Jangka Pendek, Kemudian ke Jangka Panjang

Saat menjawab pertanyaan interview soal pertanyaan tujuan karir, sebaiknya berikan jawaban dari tujuan jangka pendek terlebih dahulu. Setelah itu, jelaskan pula tujuan jangka panjangmu. Dengan menyebutkan tujuan jangka pendek lalu berlanjut ke tujuan jangka panjang akan membuat rencanamu terdengar lebih logis dan telah dipikirkan dengan matang.

Goals kamu dalam jangka pendek misalnya, dapat menguasai suatu skill dan mendapatkan sertifikasinya. Sementara itu, tujuan jangka panjang, yaitu rencana mendapatkan posisi tertentu atau memberikan dampak yang lebih besar kepada perusahaan dan masyarakat — kemudian, kamu juga bisa menuturkan alasan dan movitasimu melamar di perusahaan tersebut, lho.

 

5. Jelaskan Apa yang Akan Kamu Lakukan untuk Mencapai Tujuan

Ditanya Tujuan Karir Saat Interview? Ini 7 Cara Menjawabnya

Credit Image - learnenglish.britishcouncil.org

Tips lainnya yang perlu kamu lakukan ketika menjawab pertanyaan tujuan karir ketika wawancara kerja, yaitu menjelaskan mengenai apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Tentunya, rekruter akan lebih menyukai kandidat yang tidak hanya memiliki segudang rencana.

Namun, mereka lebih tertarik dengan kandidat yang juga sudah memikirkan apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan karier tersebut. Karena itu, jangan lupa untuk menjelaskan apa saja rencana yang akan kamu lakukan agar bisa mencapai tujuan tersebut.

 

6. Sempatkan untuk Berlatih

Salah satu kunci kesuksesan dalam menghadapi wawancara baik itu interview user atau HRD adalah dengan menyempatkan diri untuk berlatih. Setelah mengetahui apa yang perlu dipersiapkan untuk menjawab pertanyaan interview soal goals dalam karir, sekarang waktunya bagimu untuk berlatih berbicara.

Nah, kamu bisa mencoba dengan merekam dirimu sendiri saat berlatih. Dengan begitu, kamu akan tahu apakah ucapanmu sudah meyakinkan dan memperbaiki jika ada kata-kata yang kurang jelas.

 

7. Pastikan Kamu Tetap Tenang dan Perpikir Positif!

Ditanya Tujuan Karir Saat Interview? Ini 7 Cara Menjawabnya

Credit Image - blog.amartha.com

Selain deretan tips di atas, hal lainnya yang perlu ingat ketika menjawab pertanyaan selama interview, termasuk yang terkait dengan tujuan karir adalah untuk tetap berpikir positif dan tenang. Jangan sampai kamu memikirkan hal yang tidak penting yang nantinya hanya membuat semakin grogi.

Dalam hal ini, kamu dapat memikirkan hal-hal yang membuatmu senang. Atau, juga dapat berbicara dengan orang yang kamu percaya untuk mendapat dukungan lebih. Apabila kamu tidak bisa melakukan interview kerja ini sendirian, kamu bisa juga mengajak seseorang untuk menemani kamu pergi ke lokasi.

Selain itu, menjaga fokus juga tak boleh dilewatkan, ya. Agar tetap fokus, pastikan pula tubuh sudah memiliki energi yang cukup. Nah, tak hanya mengonsumsi makanan bergizi saja, kamu juga disarankan mengonsumsi multivitamin Enervon Active – yang cocok jadi teman kegiatan harianmu!

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, kamu gak gampang lelah saat beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon Active, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Sebelum interview kerja, kamu perlu memerhatikan sejumlah tips di atas agar ketika ditanya soal tujuan karir, kamu tak lagi bingung dalam menjawabnya, ya.

 

 

Featured Image – himalayas.app

Source – glints.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!