8 Trik Meningkatkan Motivasi Sekolah Anak, Gak Lagi Malas!

8 Trik Meningkatkan Motivasi Sekolah Anak, Gak Lagi Malas!

Moms dan dads, mengajak anak untuk bangun pagi dan pergi ke sekolah sepertinya bukan perkara yang mudah, ya. Misalnya, Si Kecil sulit bangun pagi-pagi – atau anak yang malas berangkat sekolah. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri.

Untuk itu, membantu anak meningkatkan motivasi sekolah menjadi hal yang tak boleh moms dan dads lewatkan, lho. Aktivitas yang padat ditambah dengan durasi belajar yang panjang terkadang membuat anak merasa bosan dan enggan ke sekolah.

Nah, biar motivasi sekolah Si Kecil dapat meningkat, ada berbagai langkah yang perlu dilakukan orangtua, nih. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Berikan Pemahaman Baru Soal Belajar dan Sekolah

8 Trik Meningkatkan Motivasi Sekolah Anak, Gak Lagi Malas!

Credit Image - solopos.com

Banyak diantara orangtua yang berpikir belajar adalah membaca buku sekolah, mengerjakan PR, menghafal materi yang akan diulangkan esok hari di sekolah, mengikuti kursus mata pelajaran UN dan beraktivitas di sekolah.

Di luar itu tidak tergolong dalam aktivitas belajar. Nah, inilah cara pandang yang kurang tepat dalam belajar. Belajar memiliki makna yang luas, yaitu, kegiatan apapun yang mampu mengubah kualitas dan kuantitas perilaku seseorang.

Agar motivasi sekolah Si Kecil semakin meningkat, maka cobalah berikan pemahaman yang menarik, sehingga ia semakin terpacu untuk pergi belajar di sekolah.

 

2. Pastikan Anak Sudah Istirahat yang Cukup

Kondisi tubuh yang lelah seringkali membuat suasana hati seseorang menjadi turun, termasuk anak-anak. Oleh sebab itu, pastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup. Si Kecil baiknya memenuhi kebutuhan tidurnya selama 8 sampai 10 jam agar tubuh kembali bugar keesokan harinya, ya, moms dan dads!

Jika memungkinkan, ajak dia untuk tidur siang setelah pulang sekolah. Meskipun hanya satu jam, tidur siang mampu mengembalikan kesegaran tubuhnya, sehingga ia menjadi lebih bersemangat melakukan aktivitasnya, lho.

 

3. Menjaga Suasana Hati Si Kecil

8 Trik Meningkatkan Motivasi Sekolah Anak, Gak Lagi Malas!

Credit Image - edukasi.kompas.com

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi motivasi sekolah Si Kecil adalah perasaan yang senang.

Oleh sebab itu, penting bagi orangtua menjaga mood anak di pagi hari. Misalnya saja dengan menyiapkan sarapan kesukaannya atau meluangkan waktu sejenak untuk olahraga ringan atau sekedar bercanda dengannya.

Intinya, suasana hati yang senang membuat anak bersemangat untuk pergi ke sekolah.

 

4. Bawakan Ia Bekal Istimewa

Moms maupun dads lebih sering memberikan uang jajan kepada anak? Nah, untuk meningkatkan motivasi sekolah Si Kecil, maka suatu waktu cobalah menyiapkan bekal yang berisikan makanan favoritnya, ya!

Kemudian, hias dan tata makanan agar terlihat lebih menarik, misalnya dengan membuat roti isi berbentuk kepala beruang atau aneka sajian bento yang menggemaskan. Hal itu bisa menjadi penyemangat untuk anak pergi ke sekolah, lho.

 

5. Mengantar ke Sekolah

8 Trik Meningkatkan Motivasi Sekolah Anak, Gak Lagi Malas!

Credit Image - cloudymoody.com

Biar Si Kecil semakin semangat, kamu juga dapat meluangkan waktu untuk mengantar atau menjemput anak di sekolah. Meskipun terlihat sepele, namun kehadiran orangtua yang menantinya di gerbang sekolah terbukti mampu membuatnya bahagia.

Selanjutnya moms dan dads bisa mengajak dia jalan-jalan atau sekedar makan siang di luar bersamanya. Aktivitas ini dijamin membuat anak senang.

 

6. Membantu Anak Mengerjakan Tugas

Durasi belajar di sekolah yang padat, bahkan ada sekolah tertentu yang pulang hingga sore hari, membuat anak lelah dan bosan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Jika ini terjadi pada Si Kecil, bantulah ia mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Hentikan sejenak aktivitas belajarnya di rumah, dan biarkan ia bermain bersama teman-temannya untuk mengurangi kejenuhan.

Trik lainnya, moms maupun dads bisa mengajak teman-temannya untuk belajar bersama di rumah, sehingga anak bersemangat untuk menyelesaikan tugas sekolahnya.

 

7. Dengarkan Anak Bercerita

8 Trik Meningkatkan Motivasi Sekolah Anak, Gak Lagi Malas!

Credit Image - beritagar.id

Membiarkan anak menceritakan segala keluh kesahnya selama beraktivitas di sekolah dapat membantu meredakan kejenuhan. Pada akhirnya, anak pun merasa lega – dan motivasi sekolah yang ia miliki pun semakin meningkat.

Pancing ia bercerita dengan menanyakan kejadian apa saja yang terjadi di sekolah hari ini atau pelajaran apa yang terasa sulit. Bantu ia menemukan solusi atas masalah yang tengah dihadapinya. Setidaknya, berikan pelukan hangat dan motivasi dia untuk kembali bersemangat pergi ke sekolah.

 

8. Berikan Semangat

Disaat anak mulai ‘mogok’ sekolah, cobalah memberikan motivasi atau gambaran yang menyenangkan tentang aktivitas sekolah. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana namun mudah dimengerti.

Ingat, jangan memaksanya, ya! Pahami suasana hatinya. Yakinkan dia bahwa sekolah adalah kegiatan yang menyenangkan karena selain bisa membuatnya menjadi pintar, dia akan bertemu dengan teman-teman baru dan menjalani aktivitas yang seru.

 

Memang, membangun motivasi sekolah – dan menyakinkan Si Kecil agar kembali bersemangat bukan perkara yang mudah, ya, moms dan dads? Apalagi, kamu juga harus menyesuaikannya dengan suasana hati Si Kecil.

Dalam membantu anak kembali bersemangat ke sekolah, orangtua perlu kesabaran ekstra. Intinya, jangan menyerah, ya!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!