Apakah kamu sering merasa susah tidur yang disertai rasa gelisah? Bisa jadi kamu mengalami insomnia, nih. Insomnia merupakan kondisi yang menyebabkan penderitanya sulit atau bahkan tidak dapat tidur sama sekali, meski memiliki kesempatan dan waktu istirahat yang cukup.

Memang, sesekali mengalami susah tidur itu wajar, kok. Tapi, gimana kalau sudah berlangsung lama? Ini wajib kamu waspadai – dan segeralah melakukan berbagai cara mengatasi insomnia agar pola tidur kembali normal.

Insomnia sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan berkafein – atau alkohol sebelum tidur, hingga adanya masalah psikologis mulai dari stres, depresi, dan gangguan cemas. Selain itu, kesulitan tidur juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu.

Lantas, bagaimana cara mengatasi gangguan tersebut? Berikut ini deretan cara mengatasi insomnia yang dapat kamu terapkan.

 

 

1. Luangkan Waktu untuk Relaksasi

Credit Image - health.okezone.com

Cara mengatasi insomnia yang pertama, yaitu luangkanlah waktumu untuk melakukan relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan melakukan yoga atau pilates. Aktivitas tersebut dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga kamu pun akan mudah terlelap.

Selain itu, beberapa aktivitas menenangkan, seperti membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama yang pelan juga dapat membuat kamu dapat tidur lebih nyenyak, lho!

 

2. Yuk, Terus Berpikir Positif!

Tahukah kamu bahwa insomnia dapat lebih mudah dialami oleh orang yang sering cemas atau khawatir berlebihan? Ya, maka dari itu, kamu disarankan agar terus berpikir secara positif, sehingga pikiran pun menjadi lebih tenang.  Nah, kamu pun bisa mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran.

Jika merasa kesulitan, kamu bisa berkonsultasi ke psikolog atau psikiater untuk menjalani konseling dan psikoterapi. Salah satu metode psikoterapi yang banyak dilakukan untuk mengatasi susah tidur adalah terapi perilaku kognitif.

 

3. Kurangi Berbagai Kebiasaan Ini

Credit Image - cnbc.com

Dalam penerapan cara mengatasi insomnia, kamu juga dianjurkan agar menjauhkan berbagai kebiasaan tertentu, seperti konsumsi minuman beralkohol, berkafein, maupun merokok sebelum tidur, ya!

Untuk mengatasi masalah tidur yang satu ini, kamu juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur.

Berbagai jenis minuman tersebut dapat membuatmu lebih terjaga, sehingga akan susah tidur di malam hari. Agar lebih sehat, kamu dapat menggantinya dengan susu atau air putih.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk menghindari merokok sebelum tidur. Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membuatmu sulit tidur. Oleh karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar tidak terjaga sepanjang malam.

 

4. Antisipasi Perubahan Jam Tidur Ketika Bepergian dan Bekerja

Bepergian ke tempat dengan perbedaan waktu yang signifikan atau tuntutan bekerja di malam hari, dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan mekanisme alami tubuh yang mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, serta suhu tubuh setiap hari.

Jika ritme sirkadian terganggu, kamu pun lebih berpotensi untuk mengalami insomnia. Oleh karena itu, aturlah jadwal kegiatanmu sehari-hari serta usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.

 

5. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Credit Image - cnnindonesia.com

Cara mengatasi insomnia lainnya yang juga tak kalah penting, yaitu menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

Banyak orang merasa susah tidur karena bekerja, bermain game, atau melakukan berbagai aktivitas lain di kamar tidurnya. Padahal, kamar tidur idealnya hanya digunakan untuk tidur.

Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan sleep hygiene agar bisa lebih mudah tidur. Caranya adalah dengan menempatkan meja belajar, komputer, dan televisi di luar kamar tidur, serta mengatur suhu dan menyesuaikan pencahayaan agar kamar terasa nyaman untuk tidur.

Pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi agar tidak menyebabkan leher kaku saat bangun tidur. Jika kamu sedang hamil atau mengalami sakit punggung, aturlah posisi tidur dengan menyamping sambil menempatkan bantal di antara kedua kaki atau di bawah lutut.

 

6. Konsumsi Makanan Sehat, Ya!

Kamu sebaiknya menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks menjelang tidur. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut dapat memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat. Jadi, pilihlah makanan sehat yang juga dapat membantumu lebih cepat tidur. 

Namun, jika kamu ingin mengonsumsi camilan di malam hari, pilihlah makanan ringan yang sehat, seperti cracker tawar atau yoghurt.

 

7. Terapkan Pola Hidup Sehat

Credit Image - eatthis.com

Nah, penerapan pola hidup sehat juga termasuk cara mengatasi insomnia yang penting dilakukan, lho. Pola hidup ini dapat dilakukan dengan mengatur pola makan, mengurangi stres, dan berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya. Beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu coba adalah dengan berenang, yoga, dan jogging.

Hal tersebut tentu dapat menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidurmu, kan?

Selain itu, untuk mengatasi masalah susah tidur, kamu juga dapat mengonsumsi berbagai jenis vitamin tertentu – yang juga baik buat kesehatan tubuh. Seperti, vitamin C yang diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C berkaitan erat dengan insomnia.

Kemudian, ada pula vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Dan, mencukupi kebutuhan zinc juga menjadi cara mengatasi insomnia yang ampuh, lho. Diketahui, zinc iperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Ketika kamu merasa gampang lelah, ini tandanya tubuh kekurangan oksigen. Untuk itu, memenuhi kebutuhan zinc, baik dari makanan maupun suplemen penting dilakukan ya. Jadi, tubuh tak mudah lemas – dan masalah insomnia pun bisa teratasi!

Untuk mencukupi vitamin B kompleks, vitamin C, dan zinc, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Dan deretan kandungan vitamin serta mineral tersebut dapat membantu mengatasi susah tidur – sekaligus berperan penting menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah berbagai cara mengatasi insomnia yang dapat kamu lakukan secara rutin agar tidur di malam hari semakin nyenyak.

 

 

Featured Image – edition.cnn.com

Source – alodokter.com