Sakit kepala merupakan permasalahan yang seringkali dialami banyak orang – dan bisa dialami oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Jika mengalaminya, ada berbagai cara mengatasi sakit kepala yang perlu diterapkan agar kondisi terebut tidak mengganggu aktivitas harian.

Penyebab pusing dan gejala yang dirasakan pada setiap orang bisa beragam, lho. Dilansir dari Mayo Clinic, mengetahui perbedaan penyebab dan gejala tersebut dapat membantumu untuk menentukan jenis sakit kepala yang dialami. Karena, setiap jenisnya membutuhkan penanganan yang berbeda.

Selain langung mengunjungi ahlinya – atau bahkan segera mengonsumsi obat, ada beberapa cara mengatasi sakit kepala untuk membantu meringankan, mengurangi, hingga menyembuhkan permasalahan tersebut.

Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Credit Image - nrdc.org

Cara mengatasi sakit kepala yang pertama, yaitu dengan minum air putih yang cukup. Dengan minum banyak air putih, dehidrasi dapat teratasi. Adapun beberapa penelitian menyebut, dehidrasi adalah pemicu umum sakit kepala, termasuk migrain.

Selain mengurangi sakit kepala, perbanyak minum air putih juga dapat membantu mencegah sakit kepala muncul kembali pada masa mendatang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu dapat membawa botol air minum ke mana kamu pergi dan minum terus sepanjang hari, terutama begitu mulai merasa haus. Dan, kamu pun bisa mengatasi dehidrasi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung air, ya!

 

2. Kompres Area Kepala dengan Es

Ketika kepala sedang cenat-cenut karena sakit kepala sebelah atau migrain, cara paling cepat untuk mengatasi nyerinya adalah dengan mengompres dahi atau pelipis dengan lap dingin. Nah, kompres dingin dapat menghambat pelepasan zat-zat perangsang peradangan yang bergerak menuju kepala sehingga bisa mengurangi nyeri.

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan waslap dingin dan basah atau isi kantong kecil dengan es dan bungkus dengan handuk atau kain lembut. Tempatkan kompres pada bagian kepala yang sakit selama 10-15 menit. Apabila mau melakukannya kembali, berikan jeda dulu selama 15 menit.

 

3. Bisa Menggunakan Kompres Hangat atau Heating Pad, Lho!

Credit Image - viva.co.id

Cara mengatasi sakit kepala satu ini dikhususkan jika kamu mengalami pusing tipe ketegangan – atau tension headache.

Pada sakit kepala jenis ini, kamu dapat menggunakan bantalan pemanas (heating pad) di leher atau bagian belakang kepala sebagai cara untuk mengurangi nyeri dan meredakan tegang otot yang sudah berlangsung lama.

Jika tidak memiliki heating pad, kamu juga bisa membuat kompres hangat sendiri dengan handuk yang telah direndam dalam air hangat atau botol yang berisi air hangat. Selain itu, mandi atau berendam air hangat pun bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati jenis sakit kepala ini.

 

4. Beristirahat di Tempat yang Redup

Cahaya terang dan berkedip atau cahaya menyilaukan dari layar komputer juga dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala dan migrain. Untuk itu, bila sakit kepala terasa semakin parah, beranjak dulu dari tempat duduk dan beristirahatlah di tempat yang minim cahaya.

Matikan lampu dan tutup jendela dengan merapatkan tirai. Buat suasana ruangan setenang mungkin dan jauh dari keramaian. Apabila kamu sedang keluar rumah untuk beraktivitas, mengenakan kacamata hitam bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala tanpa harus segera minum obat.

 

5. Hindari Tekanan pada Area Kepala, Ya!

Credit Image - klikdokter.com

Saat sakit kepala menyerang, sebisa mungkin singkirkan tekanan berlebih yang ada di area kepala. Pasalnya, sakit kepala kadang dapat dipicu oleh ikat rambut yang terlalu kencang, topi yang kesempitan, memakai kacamata kekecilan atau terlalu lama, hingga memakai ikat kepala saat berolahraga.

Kendurkan ikatan pada area kepala atau lepas dulu segala aksesoris yang menempel di kepala sampai sakitnya mereda sendiri. Hal satu ini mungkin sering terlupakan, padahal bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala yang ampuh, lho.

 

6. Berhenti Mengunyah

Jika sedang sakit kepala, hindari dulu mengunyah makanan yang keras-keras dan lengket, termasuk permen karet. Hal ini tidak hanya membuat rahang Anda pegal, tetapi juga bisa memperparah sakit kepala.

Dari sebuah penelitian ditemukan, mengunyah permen karet dapat memicu serangan sakit kepala, terutama pada jenis sakit kepala tegang dan migrain. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan ini jika sedang sakit kepala untuk membantu mengobati gejala tersebut.

 

7. Tidur yang Cukup

Credit Image - cnbc.com

Terkadang, sakit kepala bisa diatasi hanya dengan memperbaiki pola tidur. Bila kurang tidur bisa menjadi salah satu pemicunya, memiliki waktu tidur yang cukup dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

Tidak hanya itu, tidur yang cukup dengan rutinitas yang teratur juga bisa menurunkan frekuensi atau bahkan mencegah sakit kepala pada masa mendatang.

Selain dengan tidur yang cukup, untuk mengatasi – atau bahkan menghindari sakit kepala, kamu juga perlu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat lain, seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi – yang mana akan membuat tubuh tetap berenergik dan tak gampang lemas.

Dan lengkapi hidup sehatmu dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang juga berperan penting menghindari permasalahan kesehatan. Keduanya bisa kamu peroleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Dan deretan kandungan vitamin serta mineral tersebut dapat membantu mengatasi susah tidur – sekaligus berperan penting menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah berbagai cara mengatasi sakit kepala yang dapat dilakukan dengan mudah. Nah, kamu pun tak perlu langsung minum obat untuk meredakan gejala pusing, lho.

 

 

Featured Image – novanthealth.org

Source – hellosehat.com