Ketika mengalami dyspnea, hal pertama yang biasanya dilakukan adalah panik. Setuju, gak nih? Padahal, ada berbagai cara mengatasi sesak nafas yang dapat kamu terapkan, lho.

Sesak nafas – atau dikenal juga sebagai dyspnea adalah kondisi gangguan pernapasan yang mempersulit masuknya udara ke paru-paru. Penyebabnya pun beragam, seperti adanya masalah jantung dan paru-paru.

Kondisi tersebut dapat berlangsung dalam jangka pendek, yaitu beberapa menit atau jam, hingga jangka panjang yang berlangsung selama beberapa hari, minggu, dan bahkan lebih. Selain itu, gejalanya pun beragam, tergantung pada penyebab sesak nafas itu sendiri.

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi sesak nafas? Berikut ini 7 cara mengatasi sesak nafas secara alami dan efektif. Simak informasinya, yuk!

 

 

1. Teknik Pursed-lips Breathing

Credit Image - insider.com

Cara mengatasi sesak nafas yang pertama, yaitu melakukan teknik pursed-lips breathing. Ini bisa dilakukan ketika kesulitan bernafas, terutama saat membungkuk, mengangkat benda, atau mendaki tangga.

Dilansir Healthline, teknik ini membuat pernafasan lebih relaks, sehingga pengambilan nafas jadi lebih dalam dan melepaskan udara yang terperangkap di paru-paru.

Caranya:

  • Pastikan otot leher dan bahu relaks.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung selama dua hitungan, jaga mulut tetap tertutup.
  • Monyongkan bibir seperti ingin bersiul.
  • Buang nafas perlahan dan lembut melalui celah bibir hingga hitungan keempat.

 

2. Duduk Condong ke Depan

Tahukah kamu bahwa beristirahat sembari duduk dapat membantu tubuh menjadi lebih relaks – dan bernafas pun menjadi lebih mudah? Ya, untuk itu, ketika sesak nafas, baiknya kamu duduk condong ke depan, ya. Begini cara melakukannya.

  • Duduk di kursi dengan kaki rata di lantai, condongkan dada sedikit ke depan.
  • Letakkan kedua siku di lutut atau pegang dagu dengan tangan. Jaga otot leher dan bahu tetap relaks.

 

3. Duduk dengan Bertumpu pada Meja

Credit Image - timesindonesia.co.id

Teknik yang satu ini juga bisa dijadikan cara mengatasi sesak nafas secara alami dan efektif, lho. Jika di sekitarmu ada kursi atau meja, duduklah dengan bertumpu pada meja untuk istirahat dan mengatur napas. Kemudian, lakukan ini:

  • Duduk menghadap meja dengan kaki rata di lantai.
  • Condongkan dada sedikit ke depan dan letakkan tangan di atas meja.
  • Istirahatkan kepala dengan meletakkannya di atas kedua tangan atau gunakan bantal.

 

4. Berdiri Bersandar ke Dinding

Selanjutnya, mengatasi sesak nafas dapat dilakukan dengan metode mudah yang satu ini. Pasalnya, berdiri juga bisa membantu tubuh dan saluran pernapasan relaks. Lakukan cara ini:

  • Berdirilah membelakangi dinding dan sandarkan pinggul pada dinding.
  • Lebarkan kaki sejajar dengan bahu dan letakkan tangan di paha.
  • Dengan bahu yang relaks, condongkan tubuh sedikit ke depan dan biarkan lengan berayun ke depan tubuh.

 

5. Berdiri dengan Tumpuan Tangan

Credit Image - lenteratoday.com

Yang tak kalah efektif dan mudahnya, cara mengatasi sesak nafas dapat dilakukan dengan berdiri menggunakan tumpuan tangan. Begini cara melakukannya:

  • Berdirilah di dekat meja atau dinding.
  • Letakkan siku atau tanganmu di atas perabot tersebut dan jaga agar leher tetap relaks.
  • Pastikan bahu relaks dan istirahatkan kepalamu.

 

6. Pernapasan Diafragma

Untuk mempraktikkan cara mengatasi sesak nafas yang satu ini, yuk, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Duduk di kursi dengan lutut dilipat dan bahu, kepala, dan leher dalam kondisi relaks.
  • Letakkan satu tangan di perut dan satunya lagi di dada.
  • Tarik napas perlahan melalui hidung dalam dua hitungan dan rasakan perutmu bergerak di bawah tangan. Kuncinya, perut harus lebih banyak bergerak, bukan dada.
  • Saat mengeluarkan nafas, kencangkan otot-otot tubuhmu. Kuncinya, kamu harus merasakan perut mengempis ke dalam.
  • Embuskan napas melalui mulut dengan bibir yang dimonyongkan. Embusan nafas harus lebih lama dari biasanya sebelum perlahan menghirup udara lagi.

Ulangi langkah-langkah ini selama sekitar 5 menit atau sekitar 10 kali untuk melegakan sesak nafas, ya!

 

7. Posisi Tidur Relaks

Credit Image - alodokter.com

Tidak jarang, banyak yang mengalami sesak nafas saat tidur. Ini bisa membuatmu seseorang sering terbangun secara tiba-tiba serta dapat mengurangi kualitas dan durasi tidur.

Cobalah berbaring miring dengan bantal di antara kaki dan kepala ditinggikan dengan bantal, jaga agar punggung tetap lurus. Atau, kamu dapat berbaring telentang dengan meletakkan bantal ekstra agar kepala lebih tinggi dan taruh batal di bawah lutut untuk menopang lutut.

Kedua posisi tersebut membantu tubuh dan saluran pernapasan lebih relaks, sehingga bernafas jadi lebih mudah.

Pertimbangkan untuk konsultasi ke dokter bila kamu merasa mengalami henti nafas saat tidur atau sleep apnea. Bila benar mengidapnya, mungkin dokter akan merekomendasikan penggunaan mesin continuous positive airway pressure (CPAP).

 

Nah, sesak nafas dapat disebabkan oleh berbagai masalah medis maupun non-medis. Jika akibat medis, biasanya disebabkan oleh infeksi virus, seperti Covid-19. Untuk menghindari risiko sesak nafas – pastikan kamu sudah menjaga tubuh dari serangan penyakit dengan menguatkan imunitas tubuh.

Kuatkan kekebalan dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama, sehingga tak mudah lelah saat beraktivitas.

Yuk, segera dapatkan multivitamin andalan satu ini dengan mengunjungi official store Enervon, ya.

 

Jadi, itulah deretan cara mengatasi sesak nafas secara alami, namun tetap efektif. Ingat, jika kamu mengalami kondisi tersebut, jangan langsung panik dulu!

 

 

Featured Image – rctiplus.com

Source – idntimes.com