5 Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan, Rajin Gerak, Yuk!

5 Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan, Rajin Gerak, Yuk!

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga merupakan kegiatan yang bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, seiring bertambah usia – dan tentunya kesibukan, kebanyakan orang dewasa tak sempat untuk melakukan aktivitas fisik. Padahal, manfaat aktivitas fisik sangat luar biasa, bahkan bisa dirasakan hingga tua nanti, lho!

Perlu diketahui, tubuh manusia harus terus digerakkan agar dapat berfungsi dengan normal. Sama seperti makan, aktivitas fisik merupakan kebutuhan utama untuk menunjang fungsi sekaligus kesehatan tubuh.

Ada berbagai jenis olahraga yang dapat kamu lakukan, mulai dari aktivitas dengan intensitas ringan sampai berat. Semuanya memiliki dampak yang baik buat tubuhmu, kok.

Berikut ini sejumlah manfaat aktivitas fisik yang perlu kamu ketahui. Simak informasinya, yuk!

 

 

1. Mencegah Berbagai Penyakit

5 Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan, Rajin Gerak, Yuk!

Credit Image - doktersehat.com

Aktivitas fisik bagi orang dewasa tak hanya baik untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi juga mencegah berbagai penyakit yang mengintai seiring bertambahnya usia. Beberapa penyakit yang dipicu oleh kurang gerak, antara lain:

  • Penyakit jantung koroner
  • Hipertensi
  • Diabetes
  • Kanker, termasuk kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker ginjal
  • Obesitas
  • Osteoporosis
  • Stroke

 

2. Mampu Menjaga Ketajaman Kecerdasan, Lho!

Nyatanya, rutin menggerakkan badan juga berpengaruh pada ketajaman kecerdasan. Manfaat aktivitas fisik satu ini jangan sampai kamu lewatkan, ya!

Semakin bertambah usia, fungsi kognitif otak, seperti daya ingat, konsentrasi, dan ketelitian, lama-kelamaan akan menurun. Nah, penurunan kognisi akan lebih cepat terjadi pada orang yang menjalani gaya hidup sedenter bertahun-tahun.

Sementara itu, orang yang aktif bergerak dan berolahraga memiliki kemampuan berpikir yang tetap tajam. Karena, selama kamu bergerak otak akan terus berkembang dengan membentuk jaringan-jaringan baru yang menciptakan ratusan koneksi baru antara sel saraf otak (neuron).

Dengan aktif bergerak, kamu pun bisa menghindari risiko demensia, penyakit Alzheimer, atau berbagai gangguan lain pada fungsi kognitif.

 

3. Pikiran pun Lebih Positif

5 Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan, Rajin Gerak, Yuk!

Credit Image - happierhuman.com

Manfaat aktivitas fisik berikutnya memiliki kaitan dengan kesehatan mental. Perlu diketahui, menggerakan badan juga mampu membuat seseorang merasa lebih positif dan percaya diri. Sudahkah kamu mengetahui efek positif yang satu ini?

Hal ini tentu sangat berguna karena di usia dewasa seseorang pasti dihadapkan dengan berbagai persoalan hidup yang bisa menyebabkan stres atau depresi. Jadi, daripada terus-menerus makan ketika sedang dirundung masalah, lebih baik kamu coba menggerakan tubuh atau mulai berolahraga.

 

4. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak!

Manfaat aktivitas fisik juga membantu meningkatkan kualitas tidur. Mengutip situs Sleep Foundation, gerakan tubuh dengan intensitas sedang dan tinggi akan akan mengurangi frekuensi terbangun di tengah malam.

Selain itu, olahraga membantu kamu tidur lebih cepat, sehingga tidak kesulitan memejamkan mata dan tidur pulas. Bahkan, jika kamu masih bergantung pada obat tidur, kamu bisa mengurangi konsumsinya, karena jika sudah rajin bergerak tidur pun lebih nyenyak. Selain itu, ini juga dapat mengurangi kantuk pada siang hari.

 

5. Meningkatkan Kemampuan Fisik

5 Manfaat Aktivitas Fisik untuk Kesehatan, Rajin Gerak, Yuk!

Credit Image - halodoc.com

Dalam jangka panjang, kurang gerak bisa menyebabkan kamu kehilangan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, berlari, atau menaiki tangga, dengan normal. Berbagai kegiatan fisik dan olahraga melatih keseimbangan, kekuatan otot dan tulang, serta kelenturan sendi dan otot.

Pada akhirnya, manfaat ini berguna untuk mengurangi risiko jatuh dan cedera saat melakukan kegiatan harian. Untuk memaksimalkannya, kamu bisa melakukan aktivitas yang menggerakan banyak bagian tubuh, seperti aerobik, latihan kekuatan otot, dan latihan keseimbangan – yang bisa dilakukan di rumah, pusat kebugaran, atau lapangan olahraga.

 

6. Ingin Maksimalkan Manfaat Aktivitas Fisik? Lakukan Hal Ini, Ya!

Agar aktivitas fisik semakin maksimal, kamu juga perlu mengoptimalkannya dengan hal lain, seperti memerhatikan pola makan. Cobalah untuk sarapan yang sehat sebelum beraktivitas, perhatikan porsi makan, konsumsi camilan secukupnya – dan disarankan ngemil yang sehat, serta pastikan kamu menyantap makanan sesuai olahraga untuk membantu otot cepat pulih.

Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Dilansir dari American College of Sports Medicine, direkomendasikan agar mencukupi kebutuhan cairan dengan rincian berikut:

  • Minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga
  • Minum sekitar 1/2 hingga 1 cangkir air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga.
  • Minum 1-3 cangkir air setelah olahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama aktivitas fisik.

Dan yang tak kalah pentingnya, agar kegiatan fisik semakin maksimal, kamu juga perlu menjaga energi tubuh dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Jadi, itulah sejumlah manfaat aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan tubuh. Kalau kamu masih malas untuk bergerak, yuk, atasi rasa malas tersebut biar manfaatnya dapat segera dirasakan!

 

 

Featured Image – kompas.com

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!