7 Makanan untuk Bantu Mengatasi Susah Tidur, Yuk, Konsumsi!

7 Makanan untuk Bantu Mengatasi Susah Tidur, Yuk, Konsumsi!

Masih suka susah tidur? Jangan disepelekan, hal tersebut dapat mengganggu kesehatan hingga produktivitas harian, lho.

Tak bisa dipungkiri, masalah susah tidur – atau insomnia kerap dialami oleh banyak orang. Apakah kamu juga termasuk yang merasakannya? Untuk mengatasinya, pola makan bisa menjadi cara alami apabila kamu tak ingin mengonsumsi obat tidur.

Jenis makanan dan minuman tertentu dinilai ampuh untuk mengatasi gangguan tidur. Cara mengatasi insomnia yang satu ini pun sering menjadi pilihan utama, sehingga dapat tidur dengan nyenyak. Tapi, apa saja asupan yang dimaksud tersebut, ya?

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Daging Ayam

7 Makanan untuk Bantu Mengatasi Susah Tidur, Yuk, Konsumsi!

Credit Image - insider.com

Tahukah kamu bahwa daging ayam menjadi salah satu makanan yang dapat membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari? Dilansir dari American Sleep Association, daging ayam bisa mengatasi masalah susah tidur, karena mengandung triptofan – salah satu asam amino esensial, yakni bagian terkecil protein yang tidak dapat diproduksi tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan.

Triptofan dibutuhkan dalam produksi serotonin, melatonin, serta vitamin B6. Serotonin memberikan rasa rileks dan mood baik, vitamin B6 amat penting untuk pembentukan melatonin, sedangkan melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur.

 

2. Ikan

Ikan biasanya identik dengan protein, tapi makanan ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi insomnia karena kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 membantu pembentukan melatonin sambil bekerja dengan serotonin untuk menjaga keseimbangan siklus tidur.

Produksi melatonin biasanya baru dimulai begitu memasuki malam hari. Makan ikan beberapa jam sebelum tidur membantu merangsang pembentukan melatonin lebih awal sehingga kamu lebih cepat mengantuk.

 

3. Kacang Almond

7 Makanan untuk Bantu Mengatasi Susah Tidur, Yuk, Konsumsi!

Credit Image - halodoc.com

Kacang almond merupakan sumber alami hormon melatonin. Makanan ini juga padat akan berbagai mineral, terutama magnesium. Mengonsumsi beberapa butir almond saja sudah cukup untuk memenuhi 19% kebutuhan magnesium setiap hari.

Magnesium dapat membantmu tidur nyenyak dengan cara meredakan peradangan pada tubuh. Mineral ini juga mampu mengurangi kadar kortisol, yakni hormon penyebab stres yang kerap mengganggu tidur di malam hari.

 

4. Buah-buahan

Beberapa jenis buah mengandung melatonin yang dapat membantumu tidur lebih cepat, bahkan tanpa banyak terbangun di tengah malam. Ini sebabnya buah menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mengatasi insomnia, lho.

Pilihlah buah dengan kandungan melatonin yang tinggi seperti kiwi, nanas, dan jeruk. Cobalah mengonsumsi dua buah beberapa jam sebelum tidur selama satu bulan. Cara ini diyakini dapat menambah durasi tidur hingga satu jam.

 

5. Madu

7 Makanan untuk Bantu Mengatasi Susah Tidur, Yuk, Konsumsi!

Credit Image - healthline.com

Madu yang kaya akan khasiat ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Ini disebabkan karena alami pada madu dapat menurunkan kadar orexin, yakni senyawa kimia pada otak yang membuatmu terjaga.

Minum madu sebelum tidur juga akan memicu produksi insulin. Selain mengatur kadar gula darah, hormon ini juga membuat lebih banyak triptofan masuk ke dalam otak. Triptofan menimbulkan rasa kantuk yang dapat membuat tidur lebih lelap.

 

6. Nasi dan Oatmeal

Nasi dan oatmeal adalah makanan sumber karbohidrat. Mengonsumsi makanan kaya karbohidrat sebelum tidur akan memberi rasa kantuk dan membuat durasi tidur lebih lama, seperti disebutkan dalam sebuah penelitian terbitan jurnal PLoS One.

Namun, perhatikan jumlahnya dan waktu kamu makan. Nasi dapat membuat gula darah naik dengan cepat, jadi jangan sampai berlebihan. Makanlah satu jam sebelum tidur dengan porsi secukupnya untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

 

7. Konsumsi Vitamin dan Mineral Tertentu

7 Makanan untuk Bantu Mengatasi Susah Tidur, Yuk, Konsumsi!

Credit Image - astronauts.id

Tidak hanya mengonsumsi asupan di atas saja, lho, namun asupan vitamin C, vitamin B kompleks, dan zinc – yang diperoleh dari suplemen juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari. Gak percaya?

Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C berkaitan erat dengan insomnia.

Kemudian, ada pula vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Dan, mencukupi kebutuhan zinc juga menjadi cara mengatasi insomnia yang ampuh, lho. Diketahui, zinc iperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Ketika kamu merasa gampang lelah, ini tandanya tubuh kekurangan oksigen. Untuk itu, memenuhi kebutuhan zinc, baik dari makanan maupun suplemen penting dilakukan ya. Jadi, tubuh tak mudah lemas – dan masalah insomnia pun bisa teratasi!

Untuk mencukupi vitamin B kompleks, vitamin C, dan zinc, kamu direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active memiliki kandungan lengkap, seperti non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Kombinasi kandungan vitamin C dan zinc akan membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak gampang sakit. Kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi kamu yang punya masalah perut sensitif – jadi, tak perlu takut lambung menjadi nyeri, ya!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya akan mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu gak gampang lelah ketika beraktivitas.

Dan deretan kandungan vitamin serta mineral tersebut dapat membantu mengatasi susah tidur – sekaligus berperan penting menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah mengetahui berbagai jenis asupan yang baik untuk membantu masalah susah tidur, kan? Nah, selain mengonsumsi makanan di atas, atasi pula permasalahan insomnia dengan mengatur siklus tidur, seperti pergi tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

 

 

Featured Image – medicircle.in

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!