8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Anak

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Anak

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang baiknya dikuasai, termasuk anak-anak. Pasalnya, baik itu di sekolah maupun di dunia kerja, bahasa tersebut seringkali digunakan, lho. Moms dan dads, masih bingung gimana cara mengajari Si Kecil? Nah, ada beberapa tips belajar bahasa Inggris otodidak yang dapat kamu terapkan.

Sebenarnya, moms dan dads sudah bisa mulai mengajari bahasa asing kepada anak sejak usia dini, yaitu sebelum berusia 6 tahun. Dikutip dari HelloSehat, melansir dari Grace Point, usia terbaik perkembangan bahasa anak adalah antara 3-6 tahun.

Meski anak bisa jauh lebih cepat menguasai bahasa asing daripada orang dewasa, tapi belajar bahasa Inggris otodidak bisa menjadi hal yang membingungkan bagi Si Kecil. Tapi, untuk membantumu, berikut ini tips yang dapat dilakukan orangtua. Apa saja?

Berikut ini ulasannya.

 

 

1. Perkenalkan Sejak Dini

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Anak

Credit Image - wallstreetenglish.co.id

Masih dilansir dari HelloSehat, menurut Rachel Cortese, seorang ahli terapi bahasa dari Child Mind Institute menyarankan untuk mengajari anak bahasa Inggris sejak dini dan tidak menunggu sampai bahasa utamanya lancar.

Beliau pun berpendapat bahwa bila harus menunggu hingga bahasa utamanya lancar, ini akan membuang waktu yang cukup lama. Padahal, anak sebenarnya bisa mempelajari lebih dari satu bahasa sekaligus.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, bahasa utamanya akan semakin mengental. Akibatnya, anak mungkin menjadi lebih sulit menerima bahasa baru. Untuk itu, dalam belajar bahasa Inggris otodidak, moms dan dads mesti mengenalkannya sedini mungkin, ya!

 

2. Gunakan dalam Percakapan Sehari-hari

Seperti diketahui, bahasa merupakan salah satu cara manusia untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengajari anak bahasa Inggris adalah dengan menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari.

Cobalah lebih sering bercakap-cakap dengan anak menggunakan bahasa asing. Lama kelamaan, ia menjadi terbiasa dan mampu berkomunikasi dalam bahasa tersebut secara otomatis.

 

3. Berbicara Secara Pelan dan Jelas

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Anak

Credit Image - grid.id

Cara mengajari anak belajar bahasa Inggris otodidak berikutnya adalah menyangkut soal pelafalan.  Saat berbicara dalam bahasa Inggris dengan anak, cobalah sampaikan perkataan moms dan dads dengan perlahan dan jelas.

Hal tersebut bertujuan agar anak memahami apa yang kamu sampaikan dan bisa mengingatnya dengan baik. Meskipun anak belum bisa baca tulis, cara ini akan membantu anak terlatih untuk berbicara bahasa Inggris sejak balita.

Jadi, saat nantinya memasuki usia sekolah, Si Kecil akan lebih mudah belajar membaca dan menulis dalam bahasa tersebut.

 

4. Luangkan Waktu untuk Belajar

Selain menggunakan dalam percakapan sehari-hari, sempatkanlah pula waktu khusus untuk belajar bahasa Inggris. Jadi, usahakan dalam sehari ada waktu untuk belajar bahasa tersebut walau cuma sebentar.

Tidak melulu dengan buku pelajaran, kamu bisa melakukan kegiatan apa saja, misalnya dengan bermain games atau menonton video berbahasa Inggris bersama-sama.

 

5. Manfaatkan Teknologi yang Tersedia

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Anak

Credit Image - inet.detik.com

Tips belajar bahasa Inggris otodidak berikutnya yang dapat moms dan dads terapkan pada anak, yaitu memanfaatkan teknologi. Ingat, teknologi dan gadget tidak selamanya buruk. Memanfaatkan fasilitas internet dapat mempermudahmu mengajari anak berbahasa Inggris sejak dini.

Nah, kamu dapat dengan mudah mencari gambar-gambar dan video-video menarik dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, Si Kecil akan menjadi lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar.

 

6. Gunakan Flash Card

Anak usia prasekolah biasanya akan lebih mudah memahami pelajaran yang menggunakan media gambar seperti poster atau kartu-kartu – sering juga disebut sebagai flash card.

Gunakanlah flash card bilingual untuk mengajari anak benda-benda dalam bahasa Inggris, seperti baju, celana, sepatu, dan sebagainya yang sering ia pakai sehari-hari.

 

7. Memasang Poster di Dinding

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Anak

Credit Image - preschoolinspirations.com

Tips belajar bahasa Inggris otodidak ini juga baiknya moms dan dads lakukan, lho. Untuk membantu mengajari anak bahasa Inggris, kamu juga bisa memasang poster bergambar di tempat-tempat tertentu, seperti pasang poster anggota tubuh di kamar mandi, poster buah dan sayur di dapur, dan sebagainya.

Sambil melihat poster, Si Kecil bisa mempelajari bahasa Inggris setiap saat tanpa perlu meluangkan waktu khusus. Misalnya saat mandi, ia bisa sambil mempelajari bahasa Inggris dari anggota tubuh dan benda-benda di ruangan tersebut.

 

8. Membacakan Buku Cerita Bahasa Inggris

Meskipun Si Kecil belum bisa membaca, bukan berarti moms dan dads tidak menyediakan buku anak-anak di rumah. Cobalah sediakan buku cerita berbahasa Inggris untuk dibaca bersama. Mengutip situs Kids Health, selain dapat menjalin ikatan batin dengan anak, membaca dongeng juga dapat menambah perbendaharaan kata Si Kecil.

Kegiatan ini akan sangat berguna dalam mengajari anak bahasa Inggris, apalagi bila kegiatan membaca dilakukan sebelum tidur. Di waktu tersebut, anak akan lebih mudah menyerap informasi. Sehingga apa yang kamu sampaikan padanya dapat lebih mudah diingat olehnya.

 

Jadi, itulah tips belajar bahasa Inggris otodidak yang dapat moms dan dads terapkan pada anak. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!