Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat merupakan salah satu manfaat aktivitas fisik yang perlu kamu ketahui. Memang, bukan rahasia umum kalau menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, ya?

Dengan rutin berolahraga, kamu dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, lho. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan, dan melindungi dari berbagai penyakit – dengan menguatkan imunitas tubuh.

Namun, untuk mendapatkan manfaat aktivitas fisik tersebut, olahraga tetap perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti menjaga pola makan hingga istirahat yang cukup.

Kembali pada persoalan olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebenarnya, mengapa hal tersebut saling berkaitan satu sama lain? Berikut ini ulasannya.

 

 

Hubungan Olahraga dan Imunitas Tubuh

Credit Image - womenshealth.de

Berkaitan dengan olahraga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan secara alami, beberapa orang mungkin memiliki pendapat yang tak jauh berbeda. Para ahli menyakini bahwa olahraga dapat berkontribusi pada kesehatan secara umum serta mampu membuat daya tahan semakin baik.

Olahraga dapat berkontribusi langsung dengan meningkatkan sirkulasi yang baik, kemudian memungkinkan sel dan zat dari sistem kekebalan untuk bergerak melalui tubuh dengan bebas, sehingga imunitas pun dapat melakukan tugasnya secara efisien.

Untuk itu, tak heran kalau berbagai pihak, termasuk WHO dan CDC mendorong semua orang untuk olahraga teratur, ya?

Menurut tinjauan ilmiah di tahun 2019 yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Health Science menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Biasanya seseorang hanya memiliki sejumlah kecil sel kekebalan yang beredar di seluruh tubuh. Sel-sel itu lebih suka berkumpul di jaringan dan organ limfoid, seperti limfa, yaitu tempat tubuh membunuh virus, bakteri, dan mikroorganisme lain yang menyebabkan penyakit.

Karena olahraga meningkatkan aliran darah dan getah bening saat otot berkontraksi, aktivitas fisik juga akan meningkatkan sirkulasi sel kekebalan. Alhasil ini membuatnya menjelajah tubuh dengan kecepatan yang lebih tinggi dan jumlah yang lebih tinggi.

Secara khusus, olahraga membantu merekrut sel kekebalan yang sangat terspesialisasi, seperti sel pembunuh alami dan sel T dalam menemukan patogen, seperti virus, dan menghapusnya. Selain itu, mereka yang berjalan cepat selama 45 menit saja mampu mengalami peningkatan sel kekebalan yang bekerja di sekitar tubuh, hingga tiga jam setelah berjalan. 

Meskipun kamu bisa mendapatkan respons langsung dari sistem kekebalan saat berolahraga, tetapi hal itu pada akhirnya bisa hilang. Jadi, pastikan kamu rutin berolahraga, ya!

 

Jenis Olahraga yang Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Credit Image - runnersworld.com

Sebenarnya, setiap jenis olahraga pasti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, asalkan sudah dilakukan secara tepat, ya.

Namun, dilansir dari Halodoc, sebagian besar penelitian mengamati aktivitas aerobik, seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda. Kegiatan fisik tersebut disebut menjadi olahraga yang efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, yang terbaik adalah meningkatkan kecepatan sedikit ketika berjalan. Cara ini mampu menstimulasi sel kekebalan masuk ke dalam sirkulasi. Selain itu, untuk olahraga lainnya, usahakan mencapai sekitar 60 persen dari VQ2max – atau sekitar 70 persen dari detak jantung maksimal.

Kemudian, salah satu jenis olahraga lainnya yang cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, dengan catatan kamu melakukannya dengan baik. Ingat, jangan sampai berlebihan dalam melakukan aktivitas fisik, karena hal ini justru bisa mengganggu kesehatan, lho.

Mendorong diri terlalu keras – atau bahkan terlalu lama saat berolahraga dapat menempatkanmu pada riisko infeksi yang lebih tinggi. Yang terpenting, olahraga secukupnya sesuai dengan kemampuan tubuhmu, ya!

 

Optimalkan Olahraga dengan Gaya Hidup Sehat

Credit Image - heart.org

Agar manfaat baiknya dari olahraga semakin maksimal, kamu juga perlu mengimbanginya dengan hal lain, seperti memerhatikan pola makan. Hal tersebut tentu berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuhmu juga, kan?

Cobalah untuk sarapan yang sehat sebelum beraktivitas, perhatikan porsi makan, konsumsi camilan secukupnya – dan disarankan ngemil yang sehat, serta pastikan kamu menyantap makanan sesuai olahraga untuk membantu otot cepat pulih.

Selain itu, cukupi pula kebutuhan cairan tubuh yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Dilansir dari American College of Sports Medicine, direkomendasikan agar mencukupi kebutuhan cairan dengan rincian berikut:

  • Minum 2-3 cangkir air selama dua hingga tiga jam sebelum olahraga
  • Minum sekitar 1/2 hingga 1 cangkir air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga.
  • Minum 1-3 cangkir air setelah olahraga untuk mengganti cairan yang hilang selama aktivitas fisik.

Dan yang tak kalah pentingnya, agar kegiatan fisik semakin maksimal, kamu juga perlu menjaga energi tubuh dengan rutin mendapat asupan vitamin dan mineral. Keduanya berperan penting dalam proses metabolisme untuk membentuk energi, lho.

Tak hanya dari makanan, vitamin dan mineral bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang kombinasinya dapat menjaga energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

Jangan ditunda lagi. Yuk, segera dapatkan produk multivitamin Enervon Active dengan klik disini!

 

Olahraga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk memaksimalkan kesehatanmu, imbangi pula dengan gaya hidup sehat lainnya, ya.

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – halodoc.com